Home » Inspirasi » Berikut Ini Buah Yang Aman Dikonsumsi Bagi Penderita Asam Urat
Berikut Ini Buah Yang Aman Dikonsumsi Bagi Penderita Asam Urat

Berikut Ini Buah Yang Aman Dikonsumsi Bagi Penderita Asam Urat

Kamu sering merasakan tubuh nyeri saat bagun pagi? Kamu sudah harus mulai waspada, karena ini bisa jadi gejala asam urat. Penyakit asam urat di masa sekarang ini tidak hanya menghantui lansia saja, namun sudah membayang-bayangi orang-orang di usia muda. Tentu ini karena faktor lingkungan yang sudah semakin berkembang. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan hanya dengan duduk seharian atau berbaring, situasi inilah yang membuat tubuh tidak banyak bergerak dan akhirnya zat purin dari makanan tertentu yang dikonsumsi terus menumpuk. Memang penyakit ini bersifat kambuhan, yang gejalanya bisa timbul sewaktu-waktu. Memperhatikan asupan makanan merupakan jalan terbaik untuk mencegah asam urat kambuh. Termasuk memilih buah-buahan, kamu yang memiliki riwayat penyakit asam urat harus memperhatikannya. Berikut ini buah-buahan yang aman dikonsumsi bagi penderita asam urat.

  1. Kelompok buah beri

Tidak hanya penderita diabetes yang harus berhati-hati terhadap makanan tinggi gula, penderita asam urat juga perlu membatasi makanan tinggi gula. Karena jenis makanan ini mengandung fruktosa, yaitu jenis karbohidrat sederhana yang ada pada gula meja. Dan ternyata, fruktosa juga ada pada buah-buahan. Namun tidak semua buah tinggi kandungan fruktosa, contohnya kelompok buah beri. Ada banyak jenis buah beri yang bisa kamu pilih, seperti stroberi, rasberi, blueberry, atau cranberry. Selain aman untuk penderita asam urat, kelompok buah beri juga kaya vitamin C dan nutrisi yang bisa menyehatkan tubuh.

2. Kiwi

Tingginya kadar asam urat mengakibatkan peradangan sendi, sehingga akan terasa nyeri, terjadi pembengkakan, dan kemerahan pada sendi. Antioksidan sudah sangat dikenal menjadi asupan yang baik dan berperan melawan peradangan. Nah, salah satu buah yang kaya antioksidan adalah kiwi. Buah kiwi kaya akan vitamin C yang termasuk dalam kelompok antioksidan, dan lengkap dengan senyawa antiradang lain, seperti lutein dan likopen. Buah yang rasanya asam tapi menyegarkan ini juga mengandung vitamin B kompleks, vitamin A, folat, dan berbagai mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika kamu rutin mengonsumsi kiwi, kamu bisa mendapatkan manfaat dari buah ini untuk mencegah gejala asam urat kembali kambuh. Untuk menghindari rasa bosan, kamu bisa menikmati buah kiwi dengan sajian yang berbeda setiap harinya. Dengan cara dimakan langsung, atau dalam bentuk salad buah, jus, dan smoothies. Wah, segernyaaa!

3. Blewah

Tenang, kamu jangan khawatir akan bosan mengonsumsi buah yang itu-itu saja. Karena masih ada beberapa buah yang bisa kamu konsumsi agar penyakit asam urat tidak kambuh. Kamu pernah dengan buah blewah? Ya, buah blewah mempunyai bentuk dan rasa yang mirip dengan melon. Buah blewah juga masuk dalam daftar buah yang kaya vitamin C. Vitamin C bisa menurunkan kadar asam urat yang tinggi di dalam tubuh. Tidak hanya vitamin C, buah blewah juga mengandung vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin K, kolin, dan kalium.

4. Nanas, pepaya, mangga dan semangka

Kamu tidak suka buah blewah? Nah, berikut ini beberapa pilihan buah yang sudah pasti tidak asing bagi kamu dan bisa kamu konsumsi agar kadar asam urat tidak meningkat. Buah mangga, pepaya, semangka, dan nanas merupakan buah-buahan kaya vitamin C yang bisa memberi pelindungan pada tubuh, termasuk sendi kamu dari peradangan.

5. Kelompok buah sitrus

Vitamin C memang identik ada pada buah yang bercita rasa asam. Maka dari itu, tentu kelompok buah sitrus masuk ke dalam kategori buah yang aman dikonsumsi bagi penderita penyakit asam urat. Beberapa jenis buah sitrus yang bisa kamu nikmati adalah jeruk manis, jeruk bali, atau lemon. Kandungan vitamin C pada buah ini bisa mengurangi respons peradangan di tubuh, yang mungkin berpotensi membantu menekan efek peradangan yang dialami penderita asam urat. Jeruk bali atau jeruk manis, bisa kamu konsumsi langsung. Sedangkan lemon bisa kamu konsumsi sebagai minuman dengan cukup mengambil sari buahnya dan mencampurkannya dengan air hangat atau teh, dengan tambahan madu.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan beberpa buah yang aman dikonsumsi agar kadar asam urat tidak meningkat dan tidak menyebabkan peradangan. Tapi walaupun aman dikonsumsi, menyehatkan, tetap saja bukan berarti kamu boleh mengonsumsi buah-buahan ini secara berlebihan ya.

Kamu juga bisa mengonsumsi Herba Kencana Samprohit untuk meredakan nyeri pada persendian dan membantu penyembuhan asam urat. Samprohit merupakan produk herbal yang terbuat dari kunyit, temulawak, sambiloto, dan sereh yang diproses tanpa menggunakan zat kimia maupun bahan pengawet, sehingga aman dikonsumsi tanpa menimbulkan efek samping dan ketergantungan.

Konsumsi Samprohit secara rutin 1 kapsul 3x sehari. Kombinasikan dengan Haseda untuk hasil yang maksimal.

Untuk layanan konsultasi dan penjualan, silakan hubungi 0822-7383-1818.

Facebook : https://www.facebook.com/amanahberkah1919

Instagram Haseda : https://www.instagram.com/hasedaindonesiaofficial/

Instagram Herba Kencana : https://www.instagram.com/herbakencanaofficial/

Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCMYd4NTlS0wzwgNaPTRtKZw

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *