Home » Inspirasi » Rutinitas Ini Baik Dilakukan Sebelum Tidur
Rutinitas Ini Baik Dilakukan Sebelum Tidur

Rutinitas Ini Baik Dilakukan Sebelum Tidur

Rutinitas apa yang biasanya kamu lakukan sebelum tidur? Nonton film? Atau bahkan olahraga? Tetapi idak semua orang melakukan rutinitas sebelum tidur. Padahal, adanya rutinitas ini dapat membantu membentuk kebiasaan yang disadari oleh otak. Dan nantinya akan membuat tubuh tahu kapan waktunya tidur. Selain itu, adanya rutinitas sebelum tidur juga membantu mengurangi stres dan kecemasan yang biasanya muncul pada malam hari lho. Namun, kamu harus tahu rutinitas apa yang baik dilakukan sebelum tidur, karena tidak semua rutinitas baik untuk dilakukan sebelum tidur. Lalu, apa saja ya, rutinitas sebelum tidur yang baik dan dapat membantu kamu tidur lebih nyenyak? Yuk, simak informasinya di bawah ini!

Ini adalah beberapa rutinitas sebelum tidur yang bisa kamu lakukan jika ingin tidur lebih nyenyak:

1. Hindari penggunaan gadget

Sangat banyak aktivitas menarik sekaligus menyenangkan yang bisa kamu lakukan dengan gadget. Tidak heran kalau kamu sulit terlepas dari gadget, bahkan sebelum tidur. Mau itu bermain game atau sekedar stalking sosial media sambil rebahan di tempat tidur. Tapi sayangnya, inlah rutinitas yang kurang baik untuk kamu lakukan sebelum tidur. Penggunaan alat elektronik termasuk ponsel, laptop, maupun tablet bisa memancarkan sinar biru yang dapat memengaruhi kerja otak. Sinar biru ini nantinya memasuki otak, kemudian sinar tersebut bisa menipu otak dengan menganggap hari masih siang. Akibatnya otak menekan produksi hormon melatonin dan membuat kamu terjaga sepanjang malam. Agar kamu bisa tidur nyenyak di malam hari, kamu harus menghindari penggunaan gadget sebelum tidur. Jika perlu, matikan gadget kamu sebelum tidur agar tidak ada bunyi atau notifikasi yang akan membuatmu terganggu.

2. Konsumsi camilan sehat

Kamu pasti pernah mendengar kalimat “tidak boleh makan sebelum tidur”. Yap, ini memang benar, namun tidak berlaku untuk makanan ringan yang sehat, seperti sayur dan buah. Benar, kamu tidak boleh mengonsumsi makanan berat. Karena bukan membuat kamu semakin nyenyak saat tidur, bahkan menyebabkan asam lambung meningkat, sehingga kamu kian tidak bisa tidur. Nah, berbeda dengan mengonsumsi camilan sehat, camilan ini bahkan dapat membantu agar tidur kamu lebih nyenyak. Kamu bisa mengonsumsi potongan buah anggur, ceri, stroberi yang dapat menambah asupan melatonin dalam tubuh. Selain itu, kamu juga bisa minum teh sebelum tidur, terutama yang tidak mengandung kafein, seperti teh chamomile atau lavender. Teh jenis ini dapat membantu memberikan efek relaksasi, sehingga kamu lebih tenang dan nyaman untuk tidur.

3. Mendengarkan lagu

Menurut sebuah penelitian, mendengarkan lagu dengan tempo lambat bisa membuat kamu cepat mengantuk. Tentu bukan tanpa alasan, itu karena otak dan denyut jantung akan mengikuti tempo dan alunan lagu. Akibatnya, pikiran dan tubuh menjadi lebih rileks dan kamu akan tertidur lebih cepat. Nah, ini bisa menjadi salah satu rutinitas yang baik bagi kamu sebelum tidur. Tidak harus mendengarkan musik, berbagai jenis audio lain juga baik untuk membantu tidur kamu. Seperti suara white noise, pink noise, atau bahkan suara hujan. Tentu jenis audio seperti apa yang bisa kamu dengarkan juga tergantung dengan kesukaan kamu.

4. Olahraga atau melakukan relaksasi

Olahraga ringan dipercaya bisa melemaskan tubuh sebelum tidur sehingg membuatmu nyaman ketika tidur. Ketika kamu berolahraga sebelum tidur, ini akan meningkatkan metabolisme tubuh sehingga membuat energi kamu lebih banyak terbakar dan akhirnya kamu akan mudah mengantuk. Relaksasi juga merupakan cara yang digunakan untuk membantu meredakan stres dan emosi negatif lainnya, sehingga membuat pikaranmu lebih tenang. Ada banyak teknik relaksasi yang bisa kamu lakukan sebagai rutinitas sebelum tidur, salah satunya adalah relaksasi otot progresif. Teknik yang satu ini dapat membantu melepaskan ketegangan fisik dan mental. Tidak cuma itu, kamu juga bisa melakukan yoga untuk membantu meningkatkan kualitas tidur. Selain itu, latihan peregangan juga bisa mengurangi risiko kram saat sedang tidur. Dengan melakukan teknik relaksasi ini secara rutin sebelum tidur, tidak hanya akan merasa rileks, kamu juga akan lebih mudah mengantuk sehingga bisa menghindari gangguan tidur seperti insomnia.

5. Membaca buku

Tidak semua orang suka membaca buku. Tapi jika kamu tidak termasuk ke dalamnya, kamu bisa menjadikan hal ini sebagai salah satu pilihan rutinitas sebelum tidur yang tepat. Aktivitas ini sebenarnya cukup umum dikenal sebagai salah satu kegiatan yang bisa dilakukan sebelum tidur, apalagi bagi anak-anak. Para orang tua sering membacakan buku untuk anaknya menjelang tidur. Namun, kamu harus memastikan bahwa kamu tidak membaca buku dengan genre atau topik yang terlalu menegangkan yang nantinya akan membuat kamu merasa penasaran. Karena genre buku seperti ini justru membuat kamu semakin terjaga dan sulit untuk tidur.

6. Merapikan kamar tidur

Sebelum kamu tidur, pastikan suasana dan penataan kamar tidur sudah nyaman. Seperti menyesuaikan temperatur atau suhu ruangan sehingga lebih sejuk, memberikan aroma terapi, lalu matikan lampu dan minimalkan sumber cahaya. Karena membuat suasana kamar sunyi dan hening, akan memberikan ketenangan untuk kamu, sehingga kamu lebih mudah tertidur. Suasana kamar seperti ini sangat ideal untuk menstimulasi rasa ngantuk. Tetapi, jika kamu merasa kurang nyaman untuk tidur dalam kamar yang terlalu gelap, gunakan lampu tidur. Pastikan lampu tidur tidak terlalu terang namun cukup pencahayaan untuk membuat kamu merasa rileks dan nyaman.

Itulah beberapa rutinitas yang bisa kamu lakukan sebelum tidur. Kamu juga dapat menyempurnakan kualitas tidur dengan asupan-asupan baik, yang bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi Herba Kencana Probiohit. Probiohit merupakan herbal yang terbuat dari bahan-bahan 100 persen alami yaitu mengkudu, madu, daun kelor, kayu manis, temulawak, dan 21 rempah mix yang diproses menggunakan teknologi fermentasi dingin selama 2-3 bulan tanpa zat kimia maupun bahan pengawet. Cairan Probiohit mengandung vitamin A, B, C, K, biotin, asam folat, kalsium, antioksidan, zat besi, kalium, enzim dan antiseptik alami.

Probiohit memiliki banyak manfaat, yaitu:

  • Memperbaiki metabolisme
  • Memperbaiki sirkulasi darah
  • Membantu memelihara daya tahan tubuh
  • Mengandung prebiotik dan probiotik alami
  • Mengoptimalkan fungsi kinerja organ tubuh
  • Detoksifikasi racun dalam tubuh
  • Membantu memperbaiki sistem saraf yang rusak

Konsumsi Probiohit 1 sdm 3x sehari.

Untuk layanan konsultasi dan penjualan, silakan hubungi 0822-7383-1818.

Facebook : https://www.facebook.com/amanahberkah1919

Instagram Haseda : https://www.instagram.com/hasedaindonesiaofficial/

Instagram Herba Kencana : https://www.instagram.com/herbakencanaofficial/

Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCMYd4NTlS0wzwgNaPTRtKZw

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *