Home » Gangguan Penyakit » Waspada Hepatitis Akut Menyerang Anak
<strong>Waspada Hepatitis Akut Menyerang Anak</strong><strong></strong>

Waspada Hepatitis Akut Menyerang Anak

WHO mendeteksi 170 kasus hepatitis pada anak di 12 negara dunia, hampir seluruh penderita hepatitis baru ini adalah anak-anak dibawah usia 10 tahun. Sedangkan di Indonesia, Kementerian Kesehatan hingga hari senin, 9 Mei 2022 melaporkan terdapat 15 kasus hepatitis pada anak, 11 kasus berada di DKI Jakarta, serta 1 kasus di Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Barat dan Bangka Belitung, hepatits akut saat ini mejadi momok menakutkan bagi masyarakat khususnya anak-anak, untuk itu orangtua diminta untuk lebih waspada terhadap gejala hepatitis akut ini. Oleh karena itu alaherba.com telah merangkum informasi seputar hepatitis akut yang menyerang anak.

Pengertian dan Penyebab Hepatitis Akut

Hepatitis akut ialah kondisi peradangan pada liver, hepatitis sangat berbahaya karena menyerang hati yang merupakan organ dengan fungsi yang cukup penting bagi tubuh manusia. Liver berfungsi untuk menghilangkan racun dalam darah, mengatur pembekuan darah, serta membantu proses metabolism. Hepatitis aku dapat menyebabkan masalah kesehatan serius seperti kanker dan gagal hati. Pada kasus terbaru serangan hepatitis datang tiba-tiba dan memiliki gejala yang parah. Hepatitis ini bahkan disebutkan masih misterius karena gejala dan karakteristik yang berbeda dengan hepatitis lainnya. Hepatitis misterius ini sering menyerang anak usia 11 bulan sampai 5 tahun. Hepatitis dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari infeksi virus, keracunan alkohol hingga obesitas. Meskipun hepatitis jenis ini masih belum dapat dijelaskan secara spesifik, namun banyak ilmuwan virologi menduga ada keterkaitan dengan adenovirus. Sebagian anak yang terdiagnosa, ketika dites menunjukkan reaksi positif terhadap Adenovirus 41. Virus ini merupakan pemicu yang umum menyebabkan infeksi pada anak dibawah 10 tahun

Gejala Hepatitis Akut

Hepatitis akut dapat dikenali melalui beberapa gejala, seperti:

  • Urin menjadi lebih gelap
  • Feses berwarna pucat
  • Nyeri sendi dan pegal-pegal
  • Nafsu makan berkurang
  • Diare
  • Mual dan muntah

Apakah Hepatitis Akut Berkaitan dengan COVID-19?

Karena hepatitis akut yang menyerang anak belum diketahui penyebabnya secara pasti, maka timbul pertanyaan apakah ada hubungannya dengan COVID-19 yang menyebabkan pandemi di seluruh dunia, karena COVID-19 maupun hepatitis akut disebabkan oleh varian virus yang baru atau belum pernah merebak sebelumnya. Berdasarkan data yang dihimpun, sebagian anak yang menderita infeksi hepatitis saat dilakukan uji juga positif COVID-19 dan sebagian lagi pernah terinfeksi COVID-19. Infeksi COVID-19 menyebabkan berbagai masalah kesehatan, gejala paling umum adalah gejala pernapasan, gangguang pencernaan dan gangguan ginjal. Gejala lain yang sering dilaporkan dari infeksi COVID-19 adalah peningkatan kadar enzim hati yang abnormal, gejala ini diamati terjadi pada 76% pasien COVID-19.

Pencegahan Hepatitis Akut

Meskipun penyebabnya belum dapat dipastikan, namun tentunya orangtua harus meningkatkan kewaspadaan untuk mencegah anak terinfeksi hepatitis jenis ini. Langkah pencegahan yang dapat dilakukan diantaranya:

  • Rajin mencuci tangan
  • Meminum air yang bersih
  • Makan makanan yang dimasak hingga matang
  • Gunakan alat makan masing-masing
  • Gunakan masker dan menjaga jarak
  • Konsumsi sayuran dan buah-buahan yang sudah dicuci.

Nah, selain beberapa langkah pencegahan diatas. Anda juga dapat memberikan anak Anda pencegahan berupa konsumsi HASEDA untuk meningkatkan system imun tubuhnya. HASEDA merupakan herbal tetes yang diproduksi dengan 1100% bahan alami yaitu 42 jenis buah dan sayuran sehingga aman dikonsumsi oleh siapa saja. Mulai dari anak-anak hngga lanjut usia. HASEDa kaya akan  kandungna nutrisi mulai dari multivitamin, EPA/DHA, kandungan enzim dan serat serta antioksidan yang dapat mencukupi kebutuhan nutrisi keluarga Anda. Konsumsi HASEDA untuk anak Anda dengan dosis 2 tetes 3 x sehari untuk meningkatkan sistem imun tubuh agar tidak mudah terinfeksi virus.

Untuk informasi tentang produk herbal kesehatan kunjungi https://hasedaindonesia.com/ dan https://herbakencana.com/

Untuk layanan konsultasi dan penjualan, silakan hubungi 0822-7766-1919, 0822-7383-1818 Dan 0813 6210 1818

Add a Comment

Your email address will not be published.