Home » Gangguan Penyakit » Ketahui Bahaya Bronkitis
Ketahui Bahaya Bronkitis

Ketahui Bahaya Bronkitis

Bronkitis adalah penyakit yang terjadi karena adanya infeksi pada bronkus, yaitu saluran pernapasan utama dari paru-paru. Akibatnya, terjadi peradangan atau inflamasi yang kemudian memicu gejala gangguan pernapasan. Bronkitis dibagi menjadi 2 jenis, yaitu:

  • Bronkitis akut

Bronkitis akut merupakan jenis bronkitis yang bisa menyebabkan pengidapnya mengalami gejala hingga dua atau tiga minggu. Bronkitis jenis ini adalah gangguan infeksi sistem pernapasan yang cukup umum terjadi. Yang paling sering terserang penyakit ini adalah anak-anak dengan usia di bawah 5 tahun.

  • Bronkitis kronis

Bronkitis kronis merupakan jenis bronkitis yang disebabkan oleh infeksi bronkus dan bertahan setidaknya tiga bulan dalam satu tahun dan bisa berulang pada tahun berikutnya. Berbeda dengan bronkitis akut, bronkitis kronis lebih sering menyerang orang dewasa di atas usia 40 tahun.

Beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami bronkitis seperti:

  • Kebiasaan merokok atau terpapar asap rokok
  • Tidak mendapat vaksin influenza atau pneumonia
  • Terpapar zat-zat berbahaya, seperti debu, ammonia atau klorin ketika bekerja atau melakukan aktivitas harian
  • Anak dengan usia di bawah usia 5 tahun atau ornag dewasa yang lebih dari 40 tahun
  • Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah
  • Riwayat penyakit lain, misalnya penyakit refluks asam lambung (GERD).

Bronkitis akut disebabkan oleh infeksi paru-paru yang pada banyak kasus penyebabnya adalah virus. Iritasi dan peradangan menyebabkan bronkus menghasilkan lendir lebih banyak. Sementara itu, penyebab bronkitis kronis yang paling umum adalah merokok, baik pasif maupun aktif. Dalam setiap isapan rokok, terdapat zat yang bisa berpotensi merusak bulu-bulu kecil di dalam paru-paru yang disebut rambut silia. Pada dasarnya, silia berfungsi untuk menghambat dan menyapu keluar debu, iritasi dan lender yang berlebihan. Paparan asap rokok dalam waktu lama bisa menyebabkan kerusakan permanen pada silia dan lapisan dinding bronkus. Saat hal ini terjadi, kotoran tidak bisa dikeluarkan dan dibuang dengan normal sehingga lendir serta kotoran menumpuk di dalam paru-paru. Semakin lama, kondisi ini bisa membuat sistem pernapasan menjadi rentan mengalami infkesi.

Gejala bronkitis seperti:

  • Batuk disertai lendir berwarna kuning keabu-abuan atau hijau
  • Sakit tenggorokan
  • Sesak napas
  • Hidung beringus atau tersumbat
  • Sakit atau rasa tidak nyaman pada dada
  • Kelelahan
  • Demam ringan

Komplikasi dari bronkitis yang paling mungkin terjadi adalah pneumonia. Komplikasi bronkitis ini bisa muncul saat infeksi menyebar lebih jauh ke paru-paru. Infeksi ini kemudian menyebabkan kantung udara dalam paru-paru terisi dengan cairan. Faktanya, sekitar 5 persen kasus bronkitis berujung pada pneumonia. Bagi pengidap bronkitis yang sudah lanjut usia, perokok dan orang yang dalam kondisi sakit, perlu dirawat di rumah sakit karena rentan terkena pneumonia.

Umumnya bronkitis bisa diatasi dengan mudah di rumah. Namun, kondisi bisa semakin parah dan perlu perawatan di rumah sakit. Selain itu, kamu juga bisa mengkonsumsi herba kencana Probiohit. Karena Probiohit merupakan produk inovasi yang menggunakan bahan 100% alami yaitu mengkudu, kayu manis, temulawak, daun kelor, madu dan 21 rempah mix. Probiohit memiliki manfaat untuk membantu menyembuhkan 41 macam penyakit, termasuk bronkitis.

Konsumsi Probiohit secara rutin 1 sendok takar 3 x sehari

Untuk layanan konsultasi dan penjualan, hubungi 0822-7383-1818.

Facebook : https://www.facebook.com/amanahberkah1919

Instagram Haseda : https://www.instagram.com/hasedaindonesiaofficial/

Instagram Herba Kencana : https://www.instagram.com/herbakencanaofficial/

Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCMYd4NTlS0wzwgNaPTRtKZw

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *