Home » Inspirasi » Waktu Makan Malam Yang Tepat Agar Diet Tidak Gagal

Waktu Makan Malam Yang Tepat Agar Diet Tidak Gagal

Mendapatkan berat badan yang ideal merupakan impian banyak orang. Banyak sekali cara untuk menurunkan atau sekedar menjaga berat badan. Menjaga pola makan bergizi lengkap dan seimbang merupakan salah satu cara menjaga berat badan agar tetap ideal. Selain pola makan sehat, memperhatikan jam makan ternyata juga tidak kalah penting. Seperti tepat waktu sarapan, makan siang, dan makan malam. Hanya saja, orang yang sedang menjalani program diet sering kali takut untuk makan malam karena makan malam sering dianggap membuat gemuk. Kenapa? Karena setelah makan malam kebanyakan orang tidak akan melakukan aktivitas apapun dan cenderung langsung bergegas tidur. Makan malam yang terlalu mendekati waktu tidur dapat menyebabkan kadar gula darah dan insulin dalam tubuh menjadi meningkat, sehingga berpotensi menyebabkan kesulitan tidur. Namun, hal ini bukan berarti makan malam bisa membuat diet menjadi gagal lho. Kamu bisa tetap makan malam, tapi dengan porsi yang lebih sedikit dibandingkan dengan saat sarapan dan makan siang. Selain itu, kamu juga disarankan untuk makan tiga jam sebelum waktu tidur.

Beberapa alasan kenapa tidak disarankan makan malam mendekati waktu tidur:

  • Menurunkan ritme sirkadian yang membuat kamu menjadi mudah lapar di malam hari
  • Makan terlalu malam dapat menyebabkan kamu memilih makanan tidak sehat
  • Makanan tidak sehat, seperti makanan manis, dapat meningkatkan kadar gula darah
  • Melatonin, hormon yang membantu tubuh merasa rileks, akan menurun dan menyebabkan kesulitan tidur
  • Langsung tidur setelah makan malam dapat menyebabkan meningkatnya risiko asam lambung.

Berikut beberapa hal yang harus kamu ketahui jika ingin makan di malam hari:

Lebih baik sebelum pukul 6 sore

Makan malam sebaiknya dilakukan sebelum pukul 6 sore atau maksimal tiga jam sebelum waktu tidur. Irama sirkadian adalah jam alami dalam tubuh yang mengatur berbagai macam keseimbangan hormon, denyut jantung, tekanan darah dan suhu tubuh agar berada dalam kondisi sesuai dengan aktivitas yang dikerjakan. Pada malam hari, tubuh secara alami akan mengistirahatkan organ-organnya karena mempersiapkan diri untuk tidur. Kondisi ini membuat kalori yang masuk ke dalam tubuh tidak akan terbakar. Kalori yang tidak terbakar ini akhirnya diubah menjadi trigliserda yang kemudian meningkatkan kadar lemak hingga membuat seseorang berisiko terkena obesitas, serangan jantung, atau stroke. Saat makan malam, hindari juga konsumsi makanan tinggi lemak dan tinggi karbohidrat demi kesehatan. Menu makan malam lebih disarankan yang mengandung serat, seperti perbanyak sayur dan buah.

Maksimal konsumsi 1.900 kalori

Rata-rata orang dewasa memerlukan asupan sebanyak 1.900 kalori per hari. Dan dianjurkan menghitung asupan kalori per hari jika tidak ingin berat badan terus naik. Jika asupan kalori pada pagi dan siang hari cukup banyak, artinya kamu harus menekan asupan kalori pada saat jam makan malm. Kamu harus ingat, kalori bukan hanya berasal dari nasi tapi juga bisa dari bahan makanan lain, seperti roti dan gula. Jadi konsumsi gula juga perlu diperhatikan dan dianjurkan tidak melebihi 4 sendok makan per hari.

Selain itu, kamu juga dapat mengkonsumsi herbal tetes HASEDA untuk memenuhi gizi dan nutrisi guna menjaga berat badan yang ideal. HASEDA adalah herbal tetes yang terbuat dari 100% bahan alami pilihan yaitu 42 macam buah dan sayur tanpa zat kimia ataupun pengawet.

Konsumsi HASEDA secara rutin 3 tetes di ΒΌ air putih 3x sehari.

Untuk layanan konsultasi dan penjualan, hubungi 0822-7766-1919.

Other Collections of Waktu Makan Malam Yang Tepat Agar Diet Tidak Gagal

diet

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *