Home » Inspirasi » Berikut Ini Tips Perawatan Untuk Bunda Pasca Melahirkan
Berikut Ini Tips Perawatan Untuk Bunda Pasca Melahirkan

Berikut Ini Tips Perawatan Untuk Bunda Pasca Melahirkan

Menjadi seorang ibu bukan berarti kamu tidak bisa merawat diri lho. Memang merawat diri setelah melahirkan bukan menjadi hal yang mudah, belum lagi mental yang sedikit terguncang karena kehadiran bayi dalam kehidupan, ini biasanya dialami oleh ibu-ibu baru. Selain itu, harus mengawasi anak selama 24 jam dan juga suami yang perlu diperhatikan. Tapi apapun alasannya dan sesibuk apapun, para ibu juga memiliki hak untuk memikirkan kesehatan dirinya. Apalagi pasca melahirkan, ibu akan mengalami perubahan pada tubuh. Maka dari itu, kamu perlu melakukan perawatan yang intensif. Karena tidak hanya mengembalikan kondisi tubuh agar pulih dan sehat seperti sedia kala, namun juga perlunya menata mental kembali agar para ibu tidak mengalami stress, yang tentunya nanti bisa mempengaruhi sang bayi. Selain itu, melakukan perawatan juga akan membuat kamu menjadi lebih fresh, dan membuat kamu lebih percaya diri di depan suami. Nah, berikut ini beberapa perawatan pasca melahirkan yang bisa kamu lakukan.

  1. Merawat luka persalinan

Setelah kamu melahirkan, hal utama yang menjadi perhatian adalah luka persalinan. Jika kamu melahirkan secara normal, mungkin terjadi robekan pada jalan lahir yang menyebabkan adanya jahitan. Luka ini perlu kamu jaga kebersihannya agar tidak mudah terinfeksi. Jika kamu melahirkan secara caesar, luka sayatan di perut kamu biasanya sudah tertutup kasa steril yang sifatnya kedap air. Biasanya, kasa akan dibuka sekitar seminggu setelah melahirkan.

2. Istirahat dengan cukup

Salah satu hal yang juga tidak kalah pentingnya dari merawat luka persalinan, kamu juga perlu beristirahat dengan cukup. Persalinan tentu menjadi proses yang sangat melelahkan bagi para perempuan. Maka dari itu, setelah proses persalinan selesai, kamu bisa memenuhi jam istirahat dan waktu tidur kamu yang hilang, agar energi kamu terisi kembali dan bisa pulih lebih cepat.

3. Konsumsi makanan sehat

Setelah proses persalinan para ibu biasanya bisa mengalami nafsu makan yang melonjak atau bahkan nafsu makan yang malah menurun. Meskipun begitu, yang harus kamu ingat adalah konsumsi makanan sehat. Mengonsumsi makanan yang sehat bisa membantu kamu dalam mempercepat proses pemulihan lho. Jadi untuk sementara, hindari makanan yang gak sehat seperti junkfood atau makanan kemasan yang mengandung banyak gula dan garam ya. Lebih baik lagi jika kamu mengonsumsi realfood, seperti biji-bijian, sayur, buah, serta protein. Jangan lupa juga, penuhi asupan cairan dengan banyak mengonsumsi air putih, terutama jika kamu menyusui.

4. Lakukan perawatan fisik

Pada masa kehamilan, tubuh kamu akan mengalami perubahan, seperti timbulnya strechmark, dan bercak hitam pada beberapa bagian kulit. Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena setelah proses persalinan selesai, kondisi ini akan memudar secara perlahan. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan krim khusus untuk membantu menyamarkan stretch mark lebih maksimal. Dan tentunya kamu bisa melakukan olahraga secara teratur, seperti senam, berenang, atau bersepeda untuk membantu mengembalikan elastisitas dan mengencangkan kulit setelah melahirkan.

5. Kelola emosi

Perawatan yang satu ini gak kalah penting dan gak boleh dilewatkan ya. Pasca melahirkan, para ibu biasanya tidak hanya bisa mengalami perubahan fisik tetapi juga perubahan psikis. Apalagi bagi para ibu baru, tentu ini bukan menjadi hal yang mudah ya bun. Pasca melahirkan para ibu bisa merasa cemas, mengalami perubahan suasana hati, atau menangis tanpa sebab. Keadaan ini dikenal dengan istilah baby blues syndrome. Kesehatan mental ibu pasca melahirkan sangat perlu diperhatikan. Jika kamu mulai merasa lelah, jangan ragu untuk meminta bantuan kepada orang sekitar ya, terutama suami. Yakinlah, setiap ibu pasti berusaha semaksimal mungkin untuk merawat anaknya. Meminta bantuan orang lain bukan berarti kamu menelantarkan anak, jadi jangan terbebani ya.

Itu dia beberapa tips perawatan pasca melahirkan yang bisa kamu lakukan sebagai seorang ibu pasca melahirkan. Selain itu, kamu yang baru saja melalui proses persalinan juga bisa mengonsumsi Herbal Tetes Haseda. Karena Haseda mengandung bahan alami yaitu 42 jenis sari buah dan sayur, yang nutrisinya pasti sangat berguna bagi para ibu pasca melahirkan. Di dalam Haseda terdapat kandungan multivitamin, kalsium, antioksidan, zat besi, enzim, EPA/DHA, asam amino, omega 3, 6, dan 9. Serta Haseda juga memiliki kandungan pH8+. Kamu gak perlu khawatir, karena Haseda dibuat tanpa menggunakan zat kimia maupun bahan pengawet. Jadi para ibu yang menyusui juga sangat aman mengonsumsi Haseda. Tidak hanya Haseda, kamu juga bisa mengonsumsi Herba Kencana Virquin. Virquin merupakan produk khusus kewanitaan yang memiliki banyak fungsi seperti mengobati keputihan yang tidak normal dan mengatasi bau tidak sedap para area kewanitaan, Virquin juga dapat mengencangkan dan merapatkan area kewanitaan, membantu menjaga kesehatan pencernaan, dan menjaga kesehatan tulang dan sendi. Virquin diproses menggunakan bahan alami seperti daun sirih, kunyit, serta ekstrak majakani tanpa zat kimia maupun bahan pengawet, sehingga aman dikonsumsi ibu menyusui.

Konsumsi Haseda 3 tetes di ¼ gelas air putih 3x sehari.

Konsumsi Virquin 1 kapsul 3x sehari.

Untuk layanan konsultasi dan penjualan, hubungi 0822-7766-1919.

Facebook : https://www.facebook.com/amanahberkah1919

Instagram Haseda : https://www.instagram.com/hasedaindonesiaofficial/

Instagram Herba Kencana : https://www.instagram.com/herbakencanaofficial/

Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCMYd4NTlS0wzwgNaPTRtKZw

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *