Home » Inspirasi » Naikkan Berat Badan Secara Aman Dengan Cara Ini
Naikkan Berat Badan Secara Aman Dengan Cara Ini

Naikkan Berat Badan Secara Aman Dengan Cara Ini

Tidak melulu menurunkan berat badan, ada juga orang-orang yang merasa kesulitan untuk menaikkan berat badan. Bahkan banyak yang beranggapan bahwa menambah berat badan lebih mudah daripada menurunkannya. Tetapi apakah kamu sudah tahu cara menaikkan berat badan yang tepat? Bukan hanya soal makan lebih banyak dari biasanya. Bagi orang yang mengalami berat badan kurang (underweight), menambah berat badan memang bisa menjadi tantangan tersendiri yang tidak jarang membuat frustrasi. Kurus atau berat badan kurang bisa diartikan sebagai indeks massa tubuh (IMT) yang berada di bawah angka 18,5. Ada banyak penyebab underweight pada orang dewasa, dari faktor genetik hingga penyakit tertentu yang berdampak pada asupan makanan. Beberapa orang juga bisa memiliki lebih dari satu faktor sekaligus.

Sama halnya dengan obesitas, berat badan yang kurang juga membuat tubuh rentan terhadap gangguan kesehatan. Berikut ini beberapa risiko gangguan kesehatan bagi orang yang memiliki berat badan kurang.

  • Malnutrisi dan kekurangan vitamin
  • Anemia defisiensi besi
  • Penurunan sistem imun
  • Osteoporosis akibat kekurangan vitamin D atau kalsium
  • Masalah kesuburan
  • Masalah pertumbuhan, terutama pada anak-anak dan remaja.

Maka dari itu, penting bagi orang dewasa yang mengalami underweight mencoba menaikkan berat badan hingga mencapai rentang ideal atau yang dianjurkan dokter. Jika penurunan berat badan kamu tidak disebabkan penyakit tertentu, pola makan dan kebiasaan sehari-hari seharusnya bisa membantu untuk menambah berat badan. Berikut ini beberapa tips menaikkan berat badan yang bisa kamu lakukan.

1. Pilih makanan yang padat kalori

Sama dengan menurunkan berat badan, menaikkan berat badan juga baik dilakukan secara perlahan. Kalau kamu ingin menambah berat badan, lakukanlah secara perlahan-lahan, dengan menambah asupan kalori sebanyak 300-500 kkal per hari. Untuk memenuhi kebutuhan ini, kamu bisa mengonsumsi makanan padat kalori yang kaya lemak dan protein. Walaupun begitu, makanan padat kalori yang kamu pilih tetap harus menyehatkan ya. Seperti kacang-kacangan, daging merah, ayam, ikan berlemak, telur, produk-produk susu full fat, kentang, nasi merah, dan gandum olahan.

2. Tambahkan kalori dengan smoothie

Selama menjalani program untuk menambah berat badan, kamu harus hindari konsumsi soda, kopi, atau minuman lainnya yang tinggi gula dan kalori. Walaupun bisa menyumbang kalori ekstra, minuman-minuman ini biasanya tidak banyak mengandung zat gizi. Kamu bisa membuat minuman sehat sendiri seperti smoothie atau milkshake dengan susu dan buah-buahan kesukaan kamu. Setelah itu, tambahkan potongan kacang almon atau biji rami untuk menambahkan kandungan kalori dan proteinnya. Selain enak dan bergizi, kehigienisannya juga terjamin.

3. Makan lebih sering

Orang-orang yang mengalami underweight biasanya lebih mudah kenyang, padahal menambah porsi makan adalah salah satu kunci penting untuk menaikkan berat badan. Tapi kamu tidak perlu khawatir memaksa diri untuk makan tiga kali sehari dengan porsi besar. Kamu bisa mengganti pola makan menjadi lebih sering sebanyak 5 – 6 kali dengan porsi biasanya. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi kamu untuk menambah asupan kalori tanpa perlu merasa kekenyangan.

4. Pilih jenis makanan yang padat gizi

Konsumsi makanan instan dan junk food memang bisa menaikkan berat badan dengan cepat, tetapi ini bukan cara yang tepat. Karena kandungan lemak trans dan gula di dalamnya bisa meningkatkan kolesterol jahat serta menyebabkan obesitas. Kamu bisa menggantinya dengan makanan padat gizi yang mengandung karbohidrat kompleks, lemak menyehatkan, serta protein. Sepertiroti gandum utuh dengan sayuran, daging rendah lemak, buah-buahan, serta kacang-kacangan.

5. Minum pada saat yang tepat

Tiap orang memiliki cara makan yang berbeda-beda. Bagi orang yang ingin menurunkan berat badan, minum air sebelum makan bisa mengurangi nafsu makan dan membuat mereka cepat kenyang. Namun kebiasaan ini tidak berguna untuk orang yang sedang dalam program menaikkan berat badan. Sebagai pengganti air putih saat kamu makan, kamu bisa minum minuman tinggi kalori, seperti jus buah untuk membantu menaikkan berat badan.

6. Makan camilan sehat

Sama dengan orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan, untuk menaikkan berat badan juga diperlukan makan camilan sehat. Jadikan kacang, keju, buah kering, atau alpukat sebagai camilan sehat kamu untuk menambah kalori ekstra. Ingat, hindari camilan seperti keripik kentang, permen, dan cokelat.

7. Olahraga secara rutin

Jangan berfikir olahraga hanya untuk orang yang ingin menurunkan berat badan, karena bagi orang yang ingin menaikkan berat badan juga memerlukan olahraga. Jenis olahraga yang tepat untuk membantu kamu mencapai berat badan ideal yaitu latihan kekuatan otot seperti angkat beban, push-up, plank, dan lunges. Latihan ini akan membantu menambah massa otot dan mengurangi jaringan lemak. Lakukan olahraga secara rutin untuk meningkatkan nafsu makan sehingga membuat kamu makan lebih banyak.

“Menambah berat badan bukan hanya tentang banyaknya asupan kalori kamu dalam sehari, tapi juga bagaimana efeknya baik bagi tubuh dalam jangka panjang.”

Imbangi juga nutrisi kamu dengan mengonsumsi Herbal Tetes Haseda, karena Haseda merupakan produk inovasi anak bangsa dengan komposisi bahan-bahan alami yaitu 42 jenis sari buah dan sayur. Semua komposisi tersebut di proses menggunakan bio teknologi terpadu selama 9-12 bulan, tanpa menggunakan zat kimia maupun bahan pengawet, sehingga aman dikonsumsi segala usia, ibu hamil dan menyusui.

Konsumsi Haseda 3 tetes di ¼ gelas air putih 3x sehari.

Untuk layanan konsultasi dan penjualan, silakan hubungi 0822-7766-1919.

Facebook : https://www.facebook.com/amanahberkah1919

Instagram Haseda : https://www.instagram.com/hasedaindonesiaofficial/

Instagram Herba Kencana : https://www.instagram.com/herbakencanaofficial/

Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCMYd4NTlS0wzwgNaPTRtKZw

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *