Home » Inspirasi » Seperti Apa Mengatur Jam Makan Yang Tepat?
Seperti Apa Mengatur Jam Makan Yang Tepat?

Seperti Apa Mengatur Jam Makan Yang Tepat?

Memilih bahan makanan, mengolah makanan dengan cara yang benar, dan menyesuaikan porsi makan dengan kebutuhan harian merupakan informasi awal demi memulai hidup sehat. Ada satu lagi yang perlu diperhatikan yaitu mengatur jam makan yang baik. Jam makan berpengaruh pada berat badan lho, kamu ga percaya? Simak informasinya dibawah.

Jika kamu ingin hidup sehat, memilih bahan makanan yang tepat saja tidak cukup. Apalagi saat kamu sedang berada dalam sebuah program diet, yang kamu perlukan yaitu mengatur jam makan kamu dalam sehari.

Mengatur jam makan yang baik akan berpengaruh langsung pada berat badan kamu. Hal tersebut bahkan sudah dibuktikan dalam beberapa penelitian yang menyatakan bahwa orang yang memiliki jam makan yang baik cenderung mempunyai berat badan yang terkendali dan terhindar dari risiko obesitas. Lalu, seperti apa jadwal jam makan yang baik? Sebenarnya, tidak ada ketentuan jam makan yang pasti. Masing-masing individu mempunyai kebiasaan dan pola makan tersendiri. Meski begitu, alangkah baiknya jika kamu dapat membuat aturan waktu makan yang baik untuk diri kamu sendiri.

Selain jadwal, kamu perlu mengusahakan agar jam makan yang kamu buat itu sama setiap harinya. Sebab, hal ini membuat tubuh kamu mengerti dan tahu kapan jadwal ia mendapatkan makanan. Dengan begitu, proses metabolisme tubuh akan meningkat dan berat badan kamu akan terjaga. Nah, di bawah ini beberapa hal yang dapat dijadikan panduan untuk membuat jadwal makan yang baik.

  1. Sarapan sebelum jam sembilan

Ya, tubuh membutuhkan makanan setelah hampir tujuh jam kosong selama kamu tidur malam, sehingga kamu harus cepat-cepat mengisinya agar kamu mengembalikan energi untuk beraktivitas. Maka itu, sarapan pada pagi hari merupakan hal penting. Kadar gula dalam darah akan turun sekitar satu sampai dua jam setelah kamu bangun tidur. Jadi, sarapan sebelum pukul 9 pagi merupakan waktu yang ideal untuk memberikan otak dan tubuh kamu makanan.

2. Makan camilan empat jam setelah sarapan

Pada dasarnya, tubuh perlu untuk selalu diisi setiap 4 – 5 jam sekali. Jadi, jangan heran jika kamu sudah merasakan lapar atau perut berbunyi ketika empat jam setelah kamu sarapan. Kamu bisa menyiasatinya dengan ngemil camilan yang sehat, untuk mengganjal perut kamu yang lapar.

3. Makan siang pada waktu istirahat

Sebagian besar orang makan siang saat waktu istirahat tiba, yaitu sekitar pukul 12 siang. Sebenarnya, tidak ada masalah dengan waktu makan siang yang ideal ini. Apabila kamu sudah makan camilan sebelumnya, hal itu akan mencegah kamu untuk tidak makan terlalu banyak pada siang hari. Makan yang terlalu banyak pada siang hari akan membuat kamu cepat mengantuk.

4. Camilan sore hari

Hampir sama dengan jadwal ngemil sebelumnya yang sebaiknya dilakukan sekitar empat jam setelah makan siang. Ketika waktu makan siang sudah lewat, biasanya perut akan kembali keroncongan dalam 3 – 4 jam kemudian. Jika kamu makan siang pada pukul 12 siang, kamu harus mengisi perut kamu pada pukul 3 atau 4 sore. Hal ini membantu kamu tidak mengambil porsi makan yang banyak saat makan malam. Jangan lupa lupa untuk ngemil yang sehat, ya!

5. Makan malam sebelum pukul delapan malam

Sebaiknya, makan malam sebelum pukul 8 malam. Karena kamu harus memberikan waktu untuk tubuh mencerna makanan yang masuk sebelum kamu pergi tidur. Tidur dalam keadaan perut penuh tentu tidak baik untuk kesehatan. Jadi, biasakanlah untuk tidak makan makanan yang berat setelah pukul 8 malam. Apabila merasa lapar, kamu masih bisa mengemil camilan sehat yang tidak mengandung banyak kalori, lemak, dan gula.

Kamu bisa menerapkan itu mulai sekarang ya, tentu akan banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan, tidak hanya untuk kesehatan tapi dapat membantumu menurunkan berat badan. Selain itu, kamu juga dapat menyempurnakan pola makan yang sehat ini dengan mengonsumsi Herbal Tetes Haseda. Haseda merupakan herbal berbahan alami yaitu 42 jenis sari buah dan sayur yang diproses menggunakan bio teknologi terpadu selama 9-12 bulan tanpa menggunakan zat kimia maupun bahan pengawet, sehingga sangat aman dikonsumsi untuk segala usia termasuk balita, lansia, ibu hamil dan menyusui. Kandungan Haseda terdiri dari multivitamin, kalsium, antioksidan, pH8+, zink, enzim, EPA/DHA, asam amino, omega 3, 6, dan 9. Kandungan tersebut membuat Haseda memiliki banyak manfaat, seperti memperbaiki metabolisme tubuh, memperbaiki peredaran darah dan suplai oksigen, mengoptimalkan penyerapan nutrisi, detoksifikasi dan regenerasi sel, meningkatkan daya tahan tubuh, memperbaiki fungsi saraf, meningkatkan stamina, kesegaran, dan gairah.

Konsumsi Haseda 7 tetes di ΒΌ gelas air putih 3x sehari.

Untuk layanan konsultasi dan penjualan, silakan hubungi 0822-7766-1919.

Facebook : https://www.facebook.com/amanahberkah1919

Instagram Haseda : https://www.instagram.com/hasedaindonesiaofficial/

Instagram Herba Kencana : https://www.instagram.com/herbakencanaofficial/

Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCMYd4NTlS0wzwgNaPTRtKZw

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *