Home » Inspirasi » Jaga Paru-Paru Dengan Hal Sederhana Ini
Jaga Paru-Paru Dengan Hal Sederhana Ini

Jaga Paru-Paru Dengan Hal Sederhana Ini

Setiap organ pada tubuh manusia diciptakan memiliki fungsinya masing-masing. Tidak terkecuali organ paru-paru. Paru-paru adalah organ respirasi atau pernapasan yang berhubungan dengan pernapasan dan sirkulasi darah. Sebagai organ utama dalam sistem pernapasan, kesehatan paru-paru sangat perlu dijaga. Karena kalau tidak, berbagai penyakit pernapasan bisa menyerang dan menurunkan kualitas hidup bahkan bisa memicu kematian. Memang paru-paru dan organ lainnya akan menua seiring waktu. Kemudian hal ini membuat kekuatannya menjadi berkurang dan berbagai penyakit pernapasan bisa dengan mudah timbul. Namun tidak ada salahnya untuk melakukan kebiasaan-kebiasaan baik demi menjaga kesehatan paru-paru. Bahkan, paru-paru bisa bekerja secara optimal meski sudah berusia lanjut, jika kamu melakukan perawatan secara optimal juga. Nah, berikut ini beberapa hal baik yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru.

  1. Hindari paparan polutan

Kampanye udara yang bersih sudah sangat sering kita dengar dimana-mana. Karena sebahaya itulah polusi yang disebabkan polutan. Polutan merupakan zat berbahaya yang bisa merusak kualitas lingkungan di sekitar manusia mencakup udara, air dan tanah. Semakin sering kamu terpapar polusi, maka semakin cepat juga terjadinya penuaan pada paru-paru.

2. Tidak merokok

Bukan rahasia umum lagi jika merokok dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan, terutama sebagian besar penyakit paru, mulai dari asma sampai kanker. Di dalam rokok, terkandung 250 jenis zat beracun dan 70 jenis zat yang diketahui bersifat karsinogenik alias memicu kanker. Setiap kali kamu merokok, kamu menghirup zat-zat beracun tersebut ke dalam paru-paru, termasuk nikotin, karbon monoksida, dan tar. Racun-racun inilah yang merusak paru-paru kamu. Secara bertahap, saluran udara kamu akan menyempit, sehinggalebih sulit untuk bernapas. Sama seperti terpapar polusi, merokok juga menyebabkan paru-paru menua lebih cepat. Ini tidak hanya berlaku bagi perokok aktif, perokok pasif pun akan terkena dampaknya. Seiring waktu, asap rokok bahkan bisa menghancurkan jaringan paru-paru yang memicu perubahan sel dan berkembang menjadi kanker.

3. Latihan pernapasan

Tidak hanya bagi penderita gangguan pernapasan, kamu yang masih hidup dengan normal pun perlu melakukan latihan pernapasan. Melakukan latihan pernapasan juga bisa di lakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru lho. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Indian Journal of Physiology and Pharmacology mengatakan bahwa terjadi peningkatan kapasitas vital pernapasan yang signifikan setelah 2 sampai 5 menit latihan pernapasan dalam. Para peneliti menyimpulkan walaupun hanya beberapa menit bernapas dalam-dalam sangat bermanfaat bagi kesehatan paru-paru.

4. Minum banyak air putih

Di dalam paru-paru kamu terdapat lapisan lendir yang tipis. Saat kamu tidak memenuhi kebutuhan air yang cukup sepanjang hari, lapisan ini akan menebal sehingga menyebabkan paru-paru sulit bekerja dengan baik. Makanya penuhi kebutuhan air dengan cukup setiap harinya. Selain itu, menjaga diri tetap terhidrasi dengan baik bisa membuat kamu lebih mudah mengeluarkan lendir dari paru-paru.

5. Mencegah infeksi

Untuk menghindari infeksi pernapasan kamu perlu menjaga kebersihan. Mematuhi etika bersin dan batuk seperti menyeka dengan siku akan menjaga orang sekitar kamu dari infeksi pernapasan. Selain itu, cucilah tangan dengan sabun selama 20 detik dan jangan menyentuh wajah sesering mungkin. Jika kamu sedang sakit, jagalah jarak dengan orang lain dan gunakan masker agar tidak menularkannya pada orang lain.

6. Berolahraga

Melakukan salah satu gaya hidup sehat ini akan membantu paru-paru kamu jauh lebih sehat. Saat berolahraga, jantung akan berdetak lebih cepat dan paru-paru bekerja lebih keras, sehingga paru-paru bisa terlatih untuk bekerja lebih efisien, termasuk untuk memasukkan oksigen dan membuang karbon dioksida. Melakukan olahraga kardio, seperti aerobik, jalan kaki, berlari, berenang, dan bersepeda adalah olahraga yang tepat untuk menjaga kesehatan paru-paru.

7. Konsumsi Herbal Tetes Haseda

Haseda merupakan produk herbal yang terbuat dari 42 jenis sari buah dan sayur yang diproses secara alami tanpa menggunakan zat kimia maupun bahan pengawet. Di dalam Haseda terkandung multivitamin, kalsium, antioksidan, pH8+, zink, enzim, EPA/DHA, asam amino, omega 3, 6, dan 9. Haseda memberikan banyak manfaat yaitu memperbaiki metabolisme tubuh, memperbaiki peredaran darah dan suplai oksigen, mengoptimalkan penyerapan nutrisi, detoksifikasi dan regenerasi sel, meningkatkan daya tahan tubuh, memperbaiki fungsi saraf, meningkatkan stamina, kesegaran dan juga gairah. Haseda juga mampu menyembuhkan 88 penyakit, termasuk penyakit yang terjadi pada paru-paru. Kamu tidak perlu khawatir, karena Haseda telah memiliki izin edar dari BPOM dan label halal dari MUI, sehingga Haseda aman dikonsumsi segala usia dan jangka panjang.

Konsumsi Haseda 7 tetes di ¼ gelas air putih 3x sehari.

Untuk layanan konsultasi dan penjualan, silakan hubungi 0822-7766-1919.

Saksikan informasi lengkap mengenai penyakit paru-paru di channel youtube kesayangan kita semua https://www.youtube.com/watch?v=0c6osxkbOh8

Facebook : https://www.facebook.com/amanahberkah1919

Instagram Haseda : https://www.instagram.com/hasedaindonesiaofficial/

Instagram Herba Kencana : https://www.instagram.com/herbakencanaofficial/

Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCMYd4NTlS0wzwgNaPTRtKZw

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *