Home » Inspirasi » Camilan Yang Tepat Untuk Penderita Diabetes
Camilan Yang Tepat Untuk Penderita Diabetes

Camilan Yang Tepat Untuk Penderita Diabetes

Kamu memiliki riwayat penyakit diabetes? atau salah satu anggota keluarga kamu menderita penyakit ini? Memiliki riwayat penyakit diabetes bukan berarti tidak bisa ngemil. Justru penderita diabetes dianjurkan memiliki waktu ngemil disela-sela waktu makan agar menjaga kadar gula darah tetap stabil. Lalu camilan seperti apa yang aman dikonsumsi penderita diabetes? Simak informasinya berikut ini.

Memilih camilan yang tepat bagi seseorang yang memiliki kadar gula darah tinggi, memang menjadi tantangan tersendiri. Agar kamu tidak salah pilih, kamu harus tahu kunci memilih camilan untuk penderita diabetes yaitu tinggi serat, protein, dan lemak sehat, serta rendah karbohidrat. Berikut ini adalah daftar camilan untuk penderita diabetes:

  1. Telur rebus

Telur merupakan bahan makanan yang pasti sudah tidak asing lagi. Salah satu makanan untuk penderita diabetes yang sehat dan dapat dijadikan snack adalah telur rebus. Satu buah telur rebus berukuran besar mengandung 6 gram protein. Protein tidak akan membuat kadar gula di dalam darah melonjak dengan cepat setelah makan. Manfaat telur untuk diabetes juga dibuktikan melalui sebuah studi. Sebuah penelitian yang dimuat dalam The British Journal of Nutrition melibatkan 65 orang diabetes tipe 2 yang makan dua buah telur selama 12 minggu. Hasilnya, mereka mengalami penurunan kadar gula darah secara signifikan. Tak hanya itu, kadar lemak dan tekanan darah juga tercatat baik. Kondisi kadar lemak dan tekanan darah merupakan kondisi yang berhubungan erat dengan diabetes. Melihat manfaat di atas, maka tentu boleh jika orang diabetes mengonsumsi telur, baik sebagai kudapan atau lauk pendamping. Namun, pastikan kamu tidak memakannya secara berlebihan.

2. Yogurt

Yogurt adalah camilan yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes karena kandungan probiotiknya yang tinggi. Kandungan probiotik dalam yogurt bisa meningkatkan kemampuan tubuh kamu dalam proses pemecahan makanan yang mengandung gula. Saat gula dimetabolisme dengan baik oleh tubuh, kadarnya di dalam darah akan berkurang. Sebagai catatan, pastikan kamu memilih yogurt dengan rasa tawar atau plain. Hindari memilih yogurt dengan perasa atau pemanis tambahan. Kalau kamu merasa terlalu asam, kamu bisa menambahkan buah beri, atau buah yang aman untuk diabetes lainnya.

3. Kacang almond

Jenis kacang yang satu ini tidak hanya enak, namun juga menyehatkan. Dalam 28 gram almond, terkandung lebih dari 15 vitamin dan mineral. Manfaat almond untuk penderita diabetes terdapat di dalam jurnal Metabolic Syndrome and Related Disorders. Hasil penelitian menyebutkan bahwa orang yang mengonsumsi almond selama 24 minggu mempunyai kadar gula darah yang lebih stabil dalam jangka panjang. Selain itu, kacang almond juga mampu menurunkan risiko penyakit jantung. Berdasarkan informasi dari World Heart Federation, penderita diabetes berisiko lebih besar untuk mengalami serangan jantung, dibandingkan orang-orang yang sehat. Tentu kamu tidak bisa memakan kacang almond berlebihan, karena kalorinya yang tinggi. Kamu harus membatasi konsumsi kacang almond 28 gram per harinya. Dalam 28 gram, kurang lebih terdapat sekitar 23 buah kacang almond yang bisa kamu nikmati sebagai snack.

4. Kacang kedelai (edamame)

Tidak hanya kacang almond, kacang kedelai juga salah satu jenis kacang-kacangan yang baik untuk penderita diabetes. Di dalam 150 gram edamame terdapat sekitar 17 gram protein dan 8 gram serat. Kedua nutrisi tersebut yang membuat kacang kedelai sangat baik untuk dikonsumsi sebagai camilan penderita diabetes. Edamame juga bisa membantu memperbaiki kondisi resistensi insulin yang menjadi penyebab diabetes. Selain almond dan kedelai, beberapa jenis kacang-kacangan lain juga direkomendasikan sebagai snack untuk diabetes. Dikutip dari halaman diabetes.co.uk, kacang-kacangan memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga cenderung aman untuk penderita diabetes. Berikut adalah beberapa kacang-kacangan yang baik untuk diabetes:

  • Kacang tanah
  • Walnut
  • Hazelnut
  • Pistachio

5. Chia seed pudding

Chia seed cukup populer karena khasiatnya yang banyak. Di dalam chia seed terkandung banyak nutrisi yang baik untuk penderita diabetes, sehingga mampu mengendalikan gula darah, seperti protein, serat, dan asam lemak omega-3. Serat yang tinggi dalam biji chia juga dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan. Karena serat yang tinggi ini membuat tubuh tidak mudah lapar dan gula darah yang diproses dapat dilepaskan ke dalam darah secara perlahan, sehingga gula darah menjadi lebih stabil dan tidak melonjak. Chia seed pudding merupakan snack untuk diabetes yang sangat mudah dibuat dan enak tentunya. Untuk membuatnya, kamu hanya perlu merendam biji chia dengan susu favorit kamu. Agar lebih sehat, pastikan kamu memilih susu untuk diabetes yang tepat sebagai campuran dari chia seed pudding. Kamu bisa memilih susu rendah lemak atau bahkan susu skimmed.

6. Popcorn

Siapa sangka popcorn merupakan camilan rendah kalori yang juga baik untuk penderita diabetes? Dalam satu cangkir popcorn (sekitar 8 gram) hanya terdapat sekitar 31 kalori. Jangan salah, popcorn yang dimaksud kali ini bukanlah popcorn yang biasa kamu temui di bioskop, ya, melainkan yang kamu buat sendiri di rumah tanpa gula atau garam tambahan. Camilan rendah kalori ini sangat baik untuk menjaga berat badan ideal, karena bisa mengontrol kadar gula darah. Daripada menambahkan gula, garam, atau penyedap lainnya, kamu bisa menambahkan rempah-rempah ke dalam popcorn kamu, seperti kayu manis atau bubuk pala. Dengan begitu, popcorn kamu bisa tetap sehat dan aman untuk kamu jadikan snack.

7. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah untuk penderita diabetes yang baik kamu jadikan camilan. Ini berkat serat dan lemak baik yang terkandung di dalamnya. Alpukat mengandung asam lemak tak jenuh tunggal. Kandungan inilah yang baik bagi penderita  diabetes. Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Diabetes Care menunjukkan bahwa penderita diabetes yang secara rutin mengonsumsi asam lemak tak jenuh tunggal memiliki gula darah yang terkontrol dengan baik. Mengingat alpukat juga tinggi kalori, tentu sangat bijak untuk membatasi konsumsinya. Sebagai camilan, kamu sebaiknya membatasi konsumsi alpukat sebanyak 1-1,5 buah per harinya.

Nah, itu dia beberapa makanan yang bisa kamu jadikan camilan. Tidak terpatok dengan penderita diabetes saja, jika kadar gula darah kamu masih normal, kamu juga bisa mengonsumsi makanan-makanan diatas. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati?

Selain itu, kamu juga dapat menyempurnakannya dengan mengonsumsi Herba Kencana Probiohit. Probiohit merupakan herbal alami dengan komposisi mengkudu, daun kelor, temulawak, madu, kayu manis, dan 21 rempah mix yang diproses menggunakan teknologi fermentasi dingin selama 2-3 bulan tanpa zat kimia maupun bahan pengawet. Cairan Probiohit mengandung vitamin A, B, C, K, biotin, asam folat, kalsium, antioksidan, zat besi, kalium, enzim dan antiseptik alami.

Untuk penyakit diabetes dibawah 300, konsumsi Probiohti 1 sdm.

Untuk penyakit diabetes diatas 300 diserati gangren, konsumsi Probiohit 2 sdm.

Untuk layanan konsultasi dan penjualan, hubungi 0822-7383-1818.

Facebook : https://www.facebook.com/amanahberkah1919

Instagram Haseda : https://www.instagram.com/hasedaindonesiaofficial/

Instagram Herba Kencana : https://www.instagram.com/herbakencanaofficial/

Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCMYd4NTlS0wzwgNaPTRtKZw

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *