Home » Inspirasi » Minum Es Saat Haid Akan Mengakibatkan Haid Tidak Lancar, Mitos Atau Fakta?
Minum Es Saat Haid Akan Mengakibatkan Haid Tidak Lancar, Mitos Atau Fakta?

Minum Es Saat Haid Akan Mengakibatkan Haid Tidak Lancar, Mitos Atau Fakta?

Minum es saat haid seringkali dihindari karena dianggap berbahaya. Karena minum air dingin bisa menyebabkan darah haid membeku sehingga menstruasi menjadi tidak lancar. Lalu benarkah demikian ataukah hanya mitos seputar menstruasi? Mari kita bahas.

Anggapan yang beredar di masyarakat adalah minum air es dapat membuat darah membeku. Oleh karena itu, wanita haid dilarang minum es agar haidnya tidak terhambat. Tapi, teori ini tidaklah benar. Air es memang dapat merangsang penyempitan pembuluh darah sehingga mengurangi perdarahan. Namun, ini hanya berlaku untuk pemakaian luar seperti saat kamu menggunakan kompres air dingin. Kompres dingin dapat dilakukan sebagai pertolongan pertama untuk menghentikan perdarahan dan meredakan bengkak akibat luka. Namun, kondisi ini tidak berlaku untuk perdarahan saat haid.

Kenapa? Karena darah haid bukanlah darah yang terjadi akibat adanya luka di dalam tubuh, melainkan karena luruhnya lapisan dinding rahim. Setiap bulannya wanita memproduksi sel telur dan dinding rahim mempersiapkan diri untuk kehadiran calon janin dengan cara membuat lapisan. Namun, jika sel telur tidak dibuahi, ia bersama lapisan dinding tersebut meluruh dan dibuang melalui lubang vagina. Selain itu, perdarahan menstruasi tidak dipengaruhi oleh suhu air yang diminum. Karena ketika air masuk ke dalam tubuh, suhunya akan berubah menyesuaikan dengan suhu tubuh.

Adapun lancar atau tidaknya darah haid dipengaruhi oleh kondisi hormonal wanita, yaitu hormon estrogen dan progesteron. Jika hormon tersebut terganggu, misalnya karena stres dan penggunaan kontrasepsi, haid biasanya menjadi tidak lancar.

Selain haid yang tidak lancar, anggapan lain yang seringkali didapat adalah minum air es saat haid dapat menyebabkan kista ovarium. Namun, apakah itu benar? Sebelum menjawabnya, mari kita pahami kembali apa itu kista. Kista adalah benjolan di bawah kulit yang berisi cairan, udara, atau zat padat. Kista merupakan kondisi yang umum terjadi pada wanita. Biasanya, seorang wanita akan memiliki setidaknya 1 buah cyst (kista) di sepanjang hidupnya.

Kista yang jinak terjadi karena folikel di indung telur gagal pecah, menyebabkan sel telur tertahan dan membentuk kista. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena kista jenis ini dapat hilang dengan sendirinya dalam beberapa bulan.

Kondisi kista yang lebih parah dapat mengakibatkan PCOS, kondisi ini disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon dan tidak ada hubungannya dengan air es yang kamu minum saat haid.

Minuman apa yang dilarang saat haid?

Daripada menghindari minum air es saat haid, sebaiknya kamu menghindari beberapa minuman berikut karena terbukti secara ilmiah dapat mengganggu kelancaran haid dan kesehatan reproduksi.

  • Kopi

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Clinical Nutrition, minum kopi dapat menyebabkan nyeri haid semakin parah. Untuk itu, batasi atau bahkan hindari agar haid tetap nyaman.

  • Teh

Selain kopi, minuman berkafein tinggi lainnya adalah teh. Minuman ini juga sebaiknya kamu hindari karena juga dapat memperparah nyeri haid.

  • Minuman bersoda

Banyak yang mengira bahwa minum soda dapat memperlancar haid. Padahal sebenarnya soda tidak dianjurkan saat haid. Hal ini karena kandungan kafeinnya yang tinggi. Selain itu, konsumsi soda yang berlebihan juga dapat menyebabkan gangguan kesuburan pada wanita.

  • Alkohol

Selain minuman bersoda, menurut penelitian yang dipublikasikan oleh jurnal Epidemiology, minum alkohol juga dapat mengganggu kesuburan. Oleh karena itu, sebaiknya kamu tidak mengonsumsinya.

Minuman apa yang bagus saat haid?

Minum air es saat haid ternyata tidak berefek buruk lho. Bahkan dianjurkan memperbanyak minum air putih untuk menghindari kekurangan cairan, terutama saat darah haid sedang banyak-banyaknya. Maka dari itu, kamu tidak perlu takut minum air es saat haid ya. Hal itu tidak akan membuat darah kamu membeku kok, malah tubuh kamu akan menjadi lebih segar.

Selain memperbanyak minum air putih, kamu juga bisa meminum ramuan kunyit untuk mengatasi nyeri dan kram perut saat haid. Selain itu kamu juga bisa konsumsi ekstrak majakani dan daun sirih yang telah dikenal khasiatnya secara turun temurun sebagai herbal untuk kesehatan wanita. Kamu tidak perlu repot mengolah tiga bahan alami tersebut, karena Herba Kencana telah menciptakan herbal dengan manfaat dan khasiat untuk kesehatan wanita yang diproses menggunakan teknologi herbal modern.

Konsumsi Virquin 1 kapsul 3x sehari, 30 menit sebelum atau sesudah makan.

Untuk layanan konsultasi dan penjualan, silakan hubungi 0822-7383-1818.

Facebook : https://www.facebook.com/amanahberkah1919

Instagram Haseda : https://www.instagram.com/hasedaindonesiaofficial/

Instagram Herba Kencana : https://www.instagram.com/herbakencanaofficial/

Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCMYd4NTlS0wzwgNaPTRtKZw

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *