Home » Inspirasi » Hindari Makanan Ini Agar Terhindar Dari Ambeien
Hindari Makanan Ini Agar Terhindar Dari Ambeien

Hindari Makanan Ini Agar Terhindar Dari Ambeien

Wasir atau ambeien adalah kondisi yang sama, yaitu terjadinya pelebaran pembuluh darah vena disekitar anus. Ambeien bisa terjadi disebabkan karena sembelit kronis, kehamilan, kebiasaan duduk yang terlalu lama, serta mengangkat beban berat. Ambeien terbagi menjadi dua jenis yaitu ambeien dalam dan ambeien luar.

Ambeien Dalam

Ambeien dalam merupakan pelebaran yang terjadi pada pembuluh darah vena di bagian dalam rektum atau liang rektum. Jenis ambeien ini perlu dilihat dengan menggunakan alat khusus karena gejalanya yang berupa benjolan tidak akan terlihat dari luar. Biasanya, ambeien jenis ini tidak menyebabkan rasa sakit karena tidak banyaknya saraf di liang rektum. Jenis ambeien ini tergolong ringan dan biasanya akan terdeteksi ketika ada darah yang keluar dari anus saat BAB. Selain benjolan, gejala ambeien dalam adalah rasa gatal dan nyeri pada anus, yang biasanya baru muncul ketika ambeien menjadi semakin besar. Ambeien dalam juga bisa sembuh dengan sendirinya.

Ambeien Luar

Berbeda dengan ambeien dalam, ambeien luar yaitu terjadinya pelebaran pembuluh darah vena di bagian luar rectum atau disekitar lubang anus. Gejala ambeien luar hampir sama dengan gejala ambeien dalam. Hanya saja yang membedakannya adalah lokasi benjolan yang timbul, berada di bawah kulit sekitar anus, di mana ada lebih banyak saraf di area tersebut. Sehingga terasa lebih nyeri dan sering kali membuat penderitanya merasa tidak nyaman.

Walaupun bukan kondisi medis yang berat, tetapi ambeien bisa mengganggu kenyamanan penderitanya. Ambeien juga bisa semakin parah akibat mengonsumsi beberapa makanan yang memiliki risiko. Walaupun faktanya, makanan tidak menyebabkan ambeien secara langsung. Tetapi ada makanan tertentu yang bisa memperparah gejala ambeien atau memicu risiko kambuhnya ambeien. Inilah beberapa daftar makanannya.

1. Makanan rendah serat

Serat menjadi asupan penting yang harus dikonsumsi setiap harinya. Asupan yang satu ini sudah dikenal manfaatnya bagi pencernaan, karena dapat menambah massa dan melembutkan feses sehingga BAB menjadi lancar. Nah, sudah terbayangkan jika kamu mengonsumsi makanan rendah serat? Kamu akan mengalami sembelit, sehingga membuat kamu harus mengejan lebih keras saat buang air besar. Tekanan inilah yang akhirnya memicu pembengkakan pembuluh darah di anus yang berisiko menimbulkan ambeien.

2. Makanan pedas

Jangan khawatir, bukan karena makan makanan pedas, kamu langsung mengalami ambeien. Walaupun makanan pedas tidak secara langsung menyebabkan ambeien, namun bagi penderita ambeien, ini akan memperparah gejalanya. Tidak menutup kemungkinan bagi kamu yang bukan penderita ambeien. Jika berlebihan makan makanan pedas, kamu akan mengalami diare. Diare yang berlangsung dalam waktu yang lama inilah yang bisa menimbulkan ambeien.

3. Makanan olahan

Makanan olahan sekarang sudah menjamur dimana-mana. Bahkan menyimpan stoknya di kulkas menjadi kebiasaan baru-baru ini. Namun, tahukah kamu makanan olahan bisa berpengaruh terhadap ambeien? Makanan olahan biasanya mengandung garam yang cukup tinggi dan rendah serat. Hal inilah yang bisa meningkatkan risiko sembelit, sehingga memperparah gejala ambeien. Lebih baik kamu mengonsumsi realfood yang memang sudah pasti bergizi, bernutrisi, dan juga aman.

4. Makanan berlemak

Lemak sudah pasti dibutuhkan oleh tubuh, namun konsumsilah lemak sesuai takaran dan jangan berlebihan. Berdasarkan Permenkes No 30 Tahun 2013, seseorang dianjurkan mengonsumsi lemak 5 sendok makan perharinya. Karena jika berlebihan, tentu akan memiliki efek buruk bagi kesehatan, tidak terkecuali timbulnya gangguan ambeien. Hal ini bisa terjadi karena makanan berlemak memiliki proses pencernaan yang lebih lama dibandingkan makanan lainnya. Jadi bukan hal yang mengejutkan lagi jika konsumsi terlalu banyak makanan berminyak dan berlemak akan berisiko lebih tinggi memiliki masalah pencernaan, termasuk ambeien.

Sekarang kamu sudah tahu kan makanan seperti apa yang sebaiknya kamu hindari demi terhindar dan meminimalisir gejala dari ambeien. Konsumsilah makanan-makanan bergizi dan kaya akan serat, seperti buah dan sayur. Saat ini telah hadir Herbal Tetes Haseda yang merupakan produk herbal inovasi dengan komposisi 42 jenis sari buah dan sayur. Haseda memiliki kandungan multivitamin, antioksidan, serta bersifat pH8+. Diproses secara alami tanpa menggunakan zat kimia dan bahan pengawet, Haseda aman dikonsumsi segala usia, ibu hamil dan menyusui.

Konsumsi Haseda 5 tetes di ¼ gelas air putih 3x sehari.

Untuk layanan konsultasi dan penjualan, silakan hubungi 0822-7766-1919.

Tonton talkshow yang membahas ambeien di channel youtube Herba Kencana https://www.youtube.com/watch?v=bYlWMk1OdiM

Facebook : https://www.facebook.com/amanahberkah1919

Instagram Haseda : https://www.instagram.com/hasedaindonesiaofficial/

Instagram Herba Kencana : https://www.instagram.com/herbakencanaofficial/

Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCMYd4NTlS0wzwgNaPTRtKZw

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *