Home » Inspirasi » Kesulitan Tidur Di Malam Hari? Konsumsi Ini Sebelum Tidur
Kesulitan Tidur Di Malam Hari? Konsumsi Ini Sebelum Tidur

Kesulitan Tidur Di Malam Hari? Konsumsi Ini Sebelum Tidur

Tidur merupakan kebutuhan penting bagi tubuh yang perlu kamu penuhi. Jika jam tidur kamu tidak terpenuhi dengan baik karena sering terbangun di malam hari, efeknya bisa menurunkan kualitas aktivitas kamu. Mulai dari mengantuk di siang hari, produktivitas yang menurun, hingga risiko kecelakaan yang semakin besar. Inilah alasannya, kamu perlu beristirahat yang cukup di malam hari. Namun, tidak semua orang bisa tidur dengan nyenyak di malam hari. Jika kamu mengalami tidur yang sulit di malam hari, tentu ini menjadi masalah yang tidak boleh kamu sepelekan. Karena jam tidur yang kurang akan menimbulkan banyak masalah kesehatan. Tahukah kamu? Untuk mengatasi sulit tidur, tidak harus selalu dengan minum obat tidur. Ada banyak cara alami yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi insomnia. Apa saja? Simak informasinya di bawah ini.

Kamu bisa memperbaiki kualitas tidur yang buruk dengan menerapkan sleep hygiene yaitu kegiatan yang dilakukan untuk membangun kebiasaan tidur yang sehat, seperti mengonsumsi makanan dan minuman yang bisa membantu kamu tidur lebih baik.

  1. Susu hangat

Sebelum tidur kamu memang diwajibkan untuk mengonsumsi air putih, agar kebutuhan cairan tubuh terpenuhi dan mencegah kamu dari masalah pencernaan. Namun, jika kamu mengalami kesulitan tidur, kamu bisa menambahkan susu hangat sebagai daftar minuman yang harus kamu minum sebelum tidur. Minum susu hangat akan membuat kamu terasa kenyang sehingga tidak lapar di tengah malam. Mengutip informasi dari Sleep Foundation, susu mengandung triptofan dan asam amino. Triptofan merupakan bahan penyusun serotonin, yaitu hormon yang membuat perasaan kamu jadi lebih bahagia. Hormon ini kemudian diubah oleh tubuh menjadi melatonin, yaitu hormon yang membantu kamu tidur lebih nyenyak.

2. Teh chamomile

Menjelang waktu tidur, kafein menjadi zat yang harus kamu hindari. Karena sudah menjadi pengetahuan umum, bahwa zat yang satu ini akan memberikan energi sehingga membuat orang yang mengonsumsinya akan terjaga. Biasanya zat ini ada pada kopi, minuman berenergi, minuman bersoda, dan teh. Walaupun teh termasuk ke dalam daftar, tetapi teh tetap bisa menjadi minuman ampuh untuk membantu tidur, lho. Bukan teh yang terbuat dari racikan daun teh ya, melainkan teh rempah. Salah satunya terbuat dari bunga, daun, dan tangkai kering tanaman chamomile. Teh chamomile sudah digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi insomnia sejak lama. Karena tanaman ini memiliki sifat yang hampir sama dengan obat penenang yang bisa memicu tidur. Penelitian tahun 2011 pada Molecular medicine reports menunjukkan bahwa teh chamomile mengandung antioksidan apigenin yang melimpah. Antioksidan ini mampu mengikat reseptor spesifik pada otak yang bisa mengurangi kecemasan. Kecemasan sendiri bisa menjadi pengganggu tidur, karena hati terus merasa waswas dan otak terus aktif memikirkan berbagai hal yang negatif. Ketika kecemasan berkurang, perasaan dan otak menjadi lebih tenang. Efek inilah yang bisa membantu seseorang jadi tidur lebih nyenyak.

3. Jus kiwi

Selain teh chamomile, kamu juga bisa minum jus sebagai minuman untuk membantu tidur kamu lebih nyenyak. Salah satunya jus kiwi. Buah kiwi mengandung banyak vitamin dan mineral, seperti vitamin C, vitamin E, kalium, dan folat. Minum jus kiwi sebelum tidur bisa membuat kamu lebih mudah memejamkan mata dan tidur nyenyak. Tapi ingat, jangan tambahkan gula karena hal ini bisa meningkatkan asupan kalori kamu per hari. Kamu bisa mengganti gula dengan madu agar rasanya tetap enak.

4. Jus ceri

Fresh organic sour cherry, ripe, deep red cherry

Tidak hanya buah kiwi, buah ceri juga bisa menjadi minuman untuk mengatasi sulit tidur. Dalam sebuah penelitian, penderita insomnia yang mengonsumsi dua ons jus ceri selama dua minggu bisa tidur 90 menit lebih lama daripada yang tidak minum jus sebelum tidur. Ceri mempunyai sifat antiradang yang bisa membantu jam biologis agar lebih baik mengatur siklus tidur kamu. Pastikan kamu mengonsumsi jus ceri murni tanpa gula tambahan ya, karena ceri sudah memiliki rasa yang manis.

5. Smoothies kacang almond

Ternyata tidak hanya minuman, makanan berbentuk smoothies yang kamu konsumsi sebelum tidur juga bisa membantu kamu tidur lebih nyenyak lho. Kacang almond mengandung magnesium yang bekerja menenangkan sistem saraf, sehingga otak akan memicu pelepasan produksi serotonin dan melatonin yang membuat kamu cepat merasa ngantuk. Kamu bisa blender susu segar tawar, kacang almond, dan potongan pisang. Pisang juga menjadi sumber makanan tinggi triptofan dan magnesium yang membantu kamu agar tidur nyenyak.

Itulah beberapa minuman dan makanan yang bisa kamu konsumsi untuk membantu masalah sulit tidur yang kamu alami. Selain itu, kamu juga dapat mengonsumsi Herbal Tetes Haseda. Haseda merupakan produk inovasi anak bangsa yang terbuat dari 42 jenis sari buah dan sayur, serta diproses menggunakan bio teknologi terpadu selama 9-12 bulan tanpa zat kimia dan bahan pengawet, sehingga aman dikonsumsi segala usia, ibu hamil dan menyusui. Haseda memiliki kandungan multivitamin, kalsium, antioksidan, pH8+, zink, enzim, EPA/DHA, asam amino, omega 3, 6, dan 9 yang bermanfaat untuk memperbaiki metabolisme tubuh, memperbaiki peredaran darah dan suplai oksigen, mengoptimalkan penyerapan nutrisi, detoksifikasi, regenerasi sel, meningkatkan daya tahan tubuh, memperbaiki fungsi saraf, meningkatkan stamina, kesegaran, dan gairah.

Konsumsi Haseda 3 tetes di ¼ gelas air putih 3x sehari.

Untuk layanan konsultasi dan penjualan, silakan hubungi 0822-7766-1919.

Facebook : https://www.facebook.com/amanahberkah1919

Instagram Haseda : https://www.instagram.com/hasedaindonesiaofficial/

Instagram Herba Kencana : https://www.instagram.com/herbakencanaofficial/

Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCMYd4NTlS0wzwgNaPTRtKZw

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *