Home » Kebugaran » Hal Penting Yang Tidak Boleh Dilewatkan Setelah Berolahraga
Hal Penting Yang Tidak Boleh Dilewatkan Setelah Berolahraga

Hal Penting Yang Tidak Boleh Dilewatkan Setelah Berolahraga

Persiapan sebelum olahraga memang sangat penting. Tapi ritual setelah olahraga juga gak kalah penting lho. Jangan sampai setelah berolahraga keras kamu langsung buru-buru ganti baju dan pergi ke kantor atau mencari makan ya. Ada beberapa hal penting yang harus dilakukan supaya olahraga kamu membuahkan hasil yang efektif dan tubuh terhindar dari cedera, seperti di bawah ini:

1. Pendinginan (peregangan otot)

Sebelum memulai olahraga kamu sebaiknya tidak lupa melakukan pemanasan. Gak cuma sebelum, setelah berolahraga kamu juga wajib melakukan pendinginan, alias peregangan otot. Pendinginan paling baik dilakukan segera setelah olahraga ketika otot-otot kamu masih cukup panas. Menurut pakar olahraga, kamu butuh waktu sekitar 40 menit sampai akhirnya lebih rileks. Ketika mulai mendingin, otot-otot kamu akan berkontraksi (menegang). Jika pada saat tersebut kamu baru melemaskannya, kamu malah berisiko mengalami cedera otot seperti terkilir. Jadi, pastikan kamu melakukan peregangan sebelum otot-otot mendingin dan berkontraksi. Dan disarankan untuk meregangkan otot setidaknya selama 5-10 menit.

2. Mandi dan ganti baju

Jangan berlama-lama mengenakan pakaian olahraga kamu yang basah karena keringat. Segera ganti baju dan pakaian dalam kamu setelah berolahraga. Kenapa? Karena pakaian yang lembap keringat akan jadi tempat yang ideal bagi jamur, bakteri, dan kuman untuk berkembang biak. Kamu pun lebih rentan terkena infeksi kulit dan jerawat. Makanya langsung ganti baju paling lambat setengah jam sesudah berolahraga untuk mencegah pertumbuhan jamur, bakteri, atau kuman. Akan lebih baik lagi jika kamu mandi setelah berolahraga. Usahakan untuk mandi dengan air yang sejuk, bukan air hangat atau panas. Karena, air dingin bisa membantu meredakan peradangan dan mempercepat pemulihan setelah olahraga.

3. Minum air

Untuk menggantikan cairan yang hilang selama kamu berolahraga, jangan lupa minum air yang cukup. Selama olahraga, jantung kamu juga bekerja jauh lebih keras dan membutuhkan oksigen lebih banyak. Jadi kamu harus segera mengisi asupan oksigen lagi lewat air minum. Tidak perlu langsung menenggak air banyak-banyak setelah olahraga. Kamu boleh minum pelan-pelan secara bertahap. Karena, minum air terlalu banyak dan terlalu cepat juga berisiko. Minumlah segelas air sebelum peregangan otot, segelas setelah peregangan, dan satu gelas terakhir setelah kamu mandi atau ganti baju.

4. Isi perut

Mengisi perut setelah olahraga adalah hal yang sering diabaikan, entah karena sibuk atau karena belum lapar. Padahal, makan setelah berlatih itu penting untuk memperbaiki dan membangun kembali otot-otot yang tadi sudah bekerja keras. Kira-kira setengah jam setelah berolahraga, tubuh kamu membutuhkan asupan karbohidrat dan protein yang cukup untuk memulihkan otot-otot. Saat inilah jadi momen yang baik karena asupan gizi tersebut akan langsung diolah untuk membangun otot, bukan cuma disimpan jadi cadangan lemak. Jadi, pilih menu makanan yang kaya protein seperti daging ayam, telur, bubur gandum, daging ikan, yogurt, susu, dan keju.

Itulah beberapa hal yang harus kamu ingat setelah berolahraga. Karena olahraga juga menjadi bagian penting dalam kehidupan, untuk membuat tubuh kamu tetap bugar dan sehat. Selain berolahraga, jangan lupa konsumsi Probiohit secara rutin untuk menjaga daya tahan tubuh kamu. Karena Probiohit terdiri dari 5 bahan utama herbal dan 21 rempah mix tanpa zat kimia dan pengawet sehingga aman dikonsumsi. Probiohit juga sudah terdaftar di BPOM dan mendapatkan label halal dari MUI.


Konsumsi Probiohit 1sdm 3x sehari untuk menjaga daya tahan tubuh.

Untuk layanan konsultasi dan penjualan, silakan hubungi 0822-7383-1818.

Facebook : https://www.facebook.com/amanahberkah1919

Instagram Haseda : https://www.instagram.com/hasedaindonesiaofficial/

Instagram Herba Kencana : https://www.instagram.com/herbakencanaofficial/

Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCMYd4NTlS0wzwgNaPTRtKZw

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *