Home » Inspirasi » 5 Gejala Imun Tubuh Menurun Dan Ini Solusinya
5 Gejala Imun Tubuh Menurun Dan Ini Solusinya

5 Gejala Imun Tubuh Menurun Dan Ini Solusinya

Mens Sana In Corpore Sano sudah menjadi pepatah yang seharusnya tertanam di dalam pikiran kita semua. Yang artinya Di dalam Tubuh Yang Sehat Terdapat Jiwa Yang Kuat. Sudah menjadi kewajiban bagi kita semua untuk menjaga kesehatan. Tentu hal ini dilakukan agar tubuh tetap prima dalam kegiatan sehari-hari dan tidak mudah terpapar berbagai gangguan penyaki. Namun sayangnya, masih banyak orang yang tidak peduli akan kesehatan dan tidak menjaga tubuhnya dengan baik. Padahal penting sekali lho menjaga imun tubuh tetap kuat. Lalu bagaimana jika imun tubuh menurun? Apa yang terjadi? Nah, inilah beberapa gejala ketika imun tubuh menurun dan solusinya yang harus kamu tau.

  • Sering pilek atau meriang

Meriang atau pilek memang sering dikaitkan karena imun tubuh yang menurun. Pilek atau meriang bisa terjadi karena adanya infeksi bakteri dan virus. Jadi memang benar, bahwa imun yang menurun bisa menyebabkan tubuh mudah terinfeksi. Nah, salah satu infeksi yang dapat menyerang tubuh adalah infeksi virus common cold yang menyebabkan pilek. Walaupun imun tubuh bertugas membentuk kekebalan tubuh, tetap saja imun tubuh gak akan bisa bekerja secara maksimal jika imun terus menurun. Terus-menerus pilek dan meriang inilah yang menjadi tanda bahwa sistem kekebalan tubuh sedang kewalahan mengatasi gangguan virus yang ada pada tubuh kita.

  • Tingkat stres sangat tinggi

Tidak melulu soal kesehatan fisik, gejala imun tubuh yang menurun juga bisa mempengaruhi kesehatan psikis lho. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh American Psychological Association, stres jangka panjang bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh. Kok bisa sih? Ya, karena stres bisa menurunkan limfosit tubuh atau sel darah putih yang membantu melawan infeksi. Otomatis, semakin rendah tingkat limfosit, semakin tinggi juga risiko kamu terkena infeksi.

  • Sering mengalami masalah pencernaan

Kamu sering diare? Kembung atau sembelit? Nah, ini bisa menjadi tanda lho kalau sistem kekebalan tubuh kamu sedang menurun. Sebuah Penelitian yang dilakukan menunjukkan hampir 70 persen sistem kekebalan tubuh terletak di saluran pencernaan. Kok bisa? Karena di dalam pencernaan terdapat berbagai bakteri dan mikroorganisme baik yang mendukung sistem kekebalan tubuh. Jadi kalau jumlah mikroorganisme atau bakteri di saluran pencernaan kamu berkurang, inilah yang bisa menyebabkan infeksi, peradangan kronis/sampai gangguan autoimun. Wah, serem juga ya.

  • Luka yang lama sembuh

Bukan luka yang itu ya, hihihi. Luka yang dimaksud disini adalah luka pada kulit. Saat kulit mengalami luka, tubuh secara otomatis akan bekerja untuk menyembuhkannya dengan mengirimkan darah yang kaya nutrisi agar terjadi regenerasi kulit baru. Tapi proses ini terjadi bergantung pada kekuatan sistem imun tubuh masing-masing. Jika sistem imun tubuh kamu lemah, ini akan membuat regenerasi kulit berjalan lambat sehingga luka sulit sembuh.

  • Sering merasa lelah

Tidur sudah cukup, aktivitas juga tidak terlalu sibuk, tapi kamu sering merasa lelah? Kamu harus waspada, ini bisa menjadi tanda sistem imun tubuh kamu sedang melemah//Kok bisa? Ya bisalah, karena sistem imun tubuh juga berpengaruh pada tingkat energy. Sehingga tubuh berusaha menghemat energi agar sistem imun ini mampu melawan bakteri atau virus yang menyerang tubuh.

Nah, sekarang kamu sudah tau kan gejala dari imun tubuh yang menurun? Walaupun gejala-gejala ini sering tidak disadari, tapi kamu harus peka atas sinyal yang diberikan tubuh, supaya kamu bisa melakukan penanganan yang cepat dan tepat. Berikut ini beberapa cara sederhana untuk meningkatkan kembali imun tubuh yang menurun.

  1. Makan makanan bergizi. Makan bukan cuma soal kenyang ya. Tapi kamu juga harus memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Jika tubuh terpenuhi kebutuhan nutrisinya, ini akan sangat membantu sistem imun tubuh tetap kuat.
  2. Tidur yang cukup. Siapa yang tadi malam begadang? Jangan jadikan ini sebagai kebiasaan ya. Karena tubuh sudah memiliki waktu biologisnya. Pada saat tidurpun, tubuh tetap bekerja untuk memastikan keoptimalan kerja organ tubuh sepanjang hari. Di saat ini juga energi kamu dialihkan untuk memperbaiki kulit atau melawan infeksi, sehingga imun tubuh tetap kuat.
  3. Kontrol stres. Stres memang ga bisa dihindari, tapi stres bisa diatur dan dikontrol lewat meditasi, olahraga, menulis, atau dengan melakukan hobi yang kamu senangi.
  4. Menjaga kebersihan. Point yang satu ini memang menjadi kunci utama dalam menguatkan imun tubuh. Jaga kebersihan mulai dari tubuh sendiri termasuk dengan cuci tangan, menutup mulut saat batuk atau bersin.
  5. Lakukan aktivitas fisik secara rutin. Kamu udah berapa lama sih ga olahraga? Yuk, lakukan aktivitas fisik minimal 3 kali dalam seminggu. Aktivitas fisik akan memberikan banyak manfaat bagi tubuh kamu, terutama menjaga imun tubuh tetap kuat.

Dan yang terakhir, ga kalah penting. Konsumsi Herbal Tetets Haseda. Haseda terbuat dari 42 jenis sari buah dan sayur yang diproses menggunakan bio teknologi terpadu selama 9-12 bulan tanpa menggunakan zat kimia maupun bahan pengawet. Di dalamnya juga terkandung multivitamin, kalsium, antioksidan, pH8+, zink, enzim, EPA/DHA, asam amino, omega 3, 6, dan 9 yang pastinya sangat bermanfaat bagi tubuh kamu. Haseda juga sudah mendapatkan label halal dari MUI dan mendapatkan izin edar dari BPOM, sehingga Haseda aman dikonsumsi segala usia, ibu hamil dan menyusui.

Konsumsi Haseda 3 tetes di ¼ gelas air putih 3x sehari.

Untuk layanan konsultasi dan penjualan, silakan hubungi 0822-7766-1919.

Facebook : https://www.facebook.com/amanahberkah1919

Instagram Haseda : https://www.instagram.com/hasedaindonesiaofficial/

Instagram Herba Kencana : https://www.instagram.com/herbakencanaofficial/

Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCMYd4NTlS0wzwgNaPTRtKZw

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *