Home » Inspirasi » Ketahui Takaran Perhari Asupan Gula, Garam dan Lemak
Ketahui Takaran Perhari Asupan Gula, Garam dan Lemak

Ketahui Takaran Perhari Asupan Gula, Garam dan Lemak

Sampai saat ini obesitas masih menjadi permasalahan kesehatan dunia. Bahkan mungkin kamu sudah banyak menjumpai orang-orang yang mengalami kelebihan berat badan dan memiliki penyakit tertentu di usia yang masih tergolong muda. Bahkan penyakit-penyakit ini banyak yang tidak disadari namun sangat berbahaya. Penyakit-penyakit ini banyak diakibatkan oleh pola hidup yang jauh dari kata sehat, seperti kebiasaan makan yang tidak sehat dengan konsumsi asupan gula, garam, dan lemak melebihi anjuran.

Seperti pengetahuan dasar, penting sekali untuk tahu takaran gula, garam, dan lemak yang bisa dikonsumsi perharinya. Asupan gula, garam, dan lemak yang berlebihan bisa menyebabkan sejumlah masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit jantung, dan kanker. Jika kamu mengonsumsi gula secara berlebihan, tubuh akan mengubah kelebihan gula menjadi jaringan lemak. Tentu hal ini perlahan-lahan akan menaikkan berat badan sehingga meningkatkan risiko penyakit diabetes tipe 2. Sama halnya dengan mengonsumsi asupan garam yang berlebihan pun juga akan meningkatkan risiko gangguan kesehatan, seperti tekanan darah tinggi. Begitu juga jika kamu banyak mengonsumsi makanan tinggi lemak. Lemak yang tidak sehat bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat. Kondisi ini bisa memicu pembentukan plak kolesterol pada pembuluh darah yang berujung menyebabkan penyakit jantung.

Dengan adanya masalah-masalah kesehatan ini, kamu berisiko lebih tinggi untuk mengalami stroke dan gagal jantung. Maka dari itu, kamu wajib tahu anjuran konsumsi ketiga asupan ini dalam sehari. Sehingga kamu bisa mengurangi risiko berbagai masalah kesehatan.

Simak informasi di bawah ini mengenai anjuran asupan gula, garam, dan lemak per hari menurut Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2013 Tentang Pencantuman Informasi Kandungan Gula, Garam, dan Lemak.

1. Gula

Gula memang menjadi salah satu bentuk karbohidrat yang secara alami terkandung dalam banyak makanan. Gula juga menjadi hal yang sulit dijauhkan dalam kehidupan sehari-hari, bahkan nasi yang dikonsumsi sehari-hari juga mengandung gula dan menjadi sumber energi utama. Namun sayangnya, banyak orang yang tidak sadar sudah mengonsumsi gula secara berlebihan. Padahal, kamu hanya membutuhkan gula kurang dari 10% dari total asupan energi atau setara dengan 50 gram gula per hari (jika kebutuhan energi kamu 2000 kalori per hari). Angka asupan gula harian ini setara dengan takaran sesuai umur berikut.

  • Anak usia 1-3 tahun: 2-5 sendok teh
  • Anak usia 4-6 tahun: 2,5-6 sendok teh
  • Anak usia 7 – 12 tahun: 4-8 sendok teh
  • Remaja lebih dari 13 tahun dan dewasa: 5-9 sendok teh
  • Lansia (50 tahun ke atas): 4-8 sendok teh

2. Garam

Garam menjadi unsur yang sulit terpisahkan dari makanan sehari-hari. Setiap memasak apapun sudah pasti menambahkan garam untuk memperkaya cita rasa, kecuali masak air ya. Garam menjadi salah satu sumber natrium yang dibutuhkan tubuh, dan berperan menjaga keseimbangan cairan. Tetapi, kelebihan natrium bisa meningkatkan tekanan darah yang berdampak pada jantung. Maka dari itu, kamu perlu membatasi konsumsi garam sebanyak 5 gram per hari (2000 miligram natrium) atau setara dengan 1 sendok teh per hari untuk orang dewasa. Sementara untuk anak-anak, kebutuhan garam per harinya lebih sedikit dari orang dewasa.

3. Lemak

Lemak tidak melulu memberikan efek negative, karena lemak juga memiliki peran di dalam tubuh, yaitu sebagai sumber energi, membentuk hormon, membantu penyerapan vitamin, dan mendukung fungsi otak. Kandungan lemak pada makanan juga memberikan rasa cita rasa yang gurih sehingga menggugah nafsu makan. Namun, sesuai dengan anjuran, asupan lemak harian sebaiknya tidak lebih dari 30% asupan energi total. Ini setara dengan 67 gram lemak per hari (jika kebutuhan kalori 2000 kkal per hari) atau 5-6 sendok makan minyak per hari.

Untuk mempermudah masyarakat Indonesia dalam membatasi konsumsi gula, garam, dan lemak, Kemenkes RI mengeluarkan rekomendasi yang dikenal sebagai G4G1L5.

“G4G1L5 merupakan batasan konsumsi gula sebanyak 4 sendok makan per hari, garam sebanyak 1 sendok teh per hari, dan lemak sebanyak 5 sendok makan per hari.”

Tentu tidak mudah mengurangi asupan gula, garam dan lemak. Namun berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi asupan gula, garam, dan lemak dari makanan sehari-hari.

  • Memilih potongan daging rendah lemak atau menghilangkan lemak dari daging yang akan kamu masak atau konsumsi.
  • Menggunakan pilihan minyak yang lebih sehat untuk memasak.
  • Memasak dengan cara merebus, mengukus, atau menumis.
  • Mengurangi konsumsi makanan mengandung lemak trans dan lemak jenuh.
  • Tidak meletakkan garam atau kecap asin di meja makan.
  • Mengurangi konsumsi makanan dan minuman manis.
  • Menggunakan garam, kecap, kecap asin, dan sejenisnya secukupnya.
  • Memilih makanan kemasan dengan kandungan natrium yang lebih rendah.
  • Memperbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan.

Konsumsi juga Herbal Tetes Haseda untuk mencegah dan membantu mengatasi masalah kesehatan. Haseda merupakan produk inovasi anak bangsa dengan komposisi bahan-bahan alami yaitu 42 jenis sari buah dan sayur. Semua komposisi tersebut di proses menggunakan bio teknologi terpadu selama 9-12 bulan, tanpa menggunakan zat kimia maupun bahan pengawet, sehingga aman dikonsumsi segala usia, ibu hamil dan menyusui.

Konsumsi Haseda 3 tetes di ¼ gelas air putih 3x sehari.

Untuk layanan konsultasi dan penjualan, silakan hubungi 0813 6210 1818 .

Facebook : https://www.facebook.com/amanahberkah1919

Instagram Haseda : https://www.instagram.com/hasedaindonesiaofficial/

Instagram Herba Kencana : https://www.instagram.com/herbakencanaofficial/

Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCMYd4NTlS0wzwgNaPTRtKZw

Add a Comment

Your email address will not be published.