Home » Gangguan Penyakit » Waspadai Gejala Penurunan Fungsi Ginjal
Waspadai Gejala Penurunan Fungsi Ginjal

Waspadai Gejala Penurunan Fungsi Ginjal

Ginjal merupakan organ yang memiliki 2 bagian berbentuk seperti kacang yang letaknya di bagian bawah tulang rusuk, di sisi kanan dan kiri tulang punggung. Ginjal menjadi organ yang penting di dalam tubuh. Karena tanpa adanya ginjal, maka limbah di dalam darah akan meningkat, mempengaruhi produksi sel darah merah dan metabolisme vitamin D yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang.

Penelitian pada tahun 2010 yang dilakukan oleh Global Burden of Disease, mengungkapkan penyakit ginjal kronis merupakan penyebab kematian peringkat ke 27 di dunia tahun 1990 dan meningkat menjadi urutan ke-18 pada tahun 2010. Ini membuktikan bahwa penyakit ginjal semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Tanpa penanganan yang tepat, kerusakan ginjal bisa semakin parah, bahkan berhenti bekerja dan mengakibatkan kematian. Maka dari itu, penting bagi setiap orang untuk mengetahui seperti apa gejala pada penyakit ginjal. Inilah beberapa kondisinya.

  1. Mudah merasa lelah sepanjang waktu

Bagaimana hubungan antara rasa lelah dan ginjal? Seperti yang sudah dijelaskan diatas, ginjal berperan dalam menyaring limbah, bahkan berpengaruh dalam proses produksi sel darah merah. Oleh karena itu, jika fungsi ginjal mengalami penurunan, maka secara perlahan menyebabkan penumpukan racun dan kotoran dalam darah. Sehingga produksi sel darah merah berkurang, yang kemudian darah tidak bisa optimal mengirimkan oksigen ke otak. Hal inilah yang membuat tubuh menjadi mudah lelah, lemah, dan mengalami kesulitan berkonsentrasi.

2. Urine yang berbusa

Gejala yang satu ini memang persis sama dengan gejala diabetes. Berdasarkan informasi dari National Kidney Foundation, urine yang berbusa bisa menandakan fungsi ginjal yang terganggu. Salah satu fungsi organ ginjal yaitu menyaring protein dari dalam darah. Jika fungsi ini terganggu, maka protein tidak tersaring dengan baik dan keluar bersama urine.

3. Terdapat darah dalam urine

Urine yang normal seharusnya tidak mengandung darah sedikitpun, kecuali pada wanita yang sedang menstruasi. Namun jika urine yang keluar bersamaan dengan darah dan kamu tidak menstruasi, kamu harus waspada. Saat ginjal menyaring racun dan limbah dalam tubuh dan membuangnya melalui urine, ginjal yang sehat juga akan bekerja untuk menjaga sel-sel darah. Namun saat fungsi ginjal menurun, sel-sel darah akan bocor ke dalam urine dan menyebabkan urine yang keluar bersamaan dengan darah.

4. Sering buang air kecil

Sering buang air kecil ketika kamu sedang dalam kondisi banyak mengonsumsi air putih, ini tidak menjadi hal yang berbahaya. Namun jika frekuensi buang air kecil kamu meningkat, khususnya di malam hari, kamu harus waspada. Kondisi ini bisa menjadi tanda adanya gangguan pada ginjal. Karena pada ginjal yang mengalami penurunan fungsi, ginjal tidak dapat menyaring dengan baik, hal inilah yang menyebabkan peningkatan keinginan untuk buang air kecil terus meningkat.

5. Terjadinya pembengkakan

Fungsi ginjal yang menurun bisa menyebabkan natrium dan cairan dalam tubuh meningkat, sehingga terjadi pembengkakan. Kondisi ini bisa terjadi di beberapa bagian tubuh seperti kaki, tangan, hingga wajah.

6. Kulit gatal dan kering

Jangan sepelekan gejala yang satu ini. Karena kulit yang gatal dan kering bisa menjadi gejala gagal ginjal stadium lanjut. Munculnya gejala kulit gatal dan kering menandakan bahwa ginjal tidak lagi mampu menjaga keseimbangan mineral dan nutrisi dalam darah.

7. Otot sering terasa kram

Fungsi ginjal yang menurun, akan sangat berpengaruh terhadap keseimbangan di dalam tubuh, terutama keseimbangan elektrolit. Seperti ketidakseimbangan kadar kalsium dan fosfor, inilah yang bisa menyebabkan kram otot.

Itulah beberapa gejala yang menunjukan penurunan fungsi ginjal. Kesehatan ginjal sangat penting untuk dijaga karena peran ginjal yang begitu besar pada tubuh. Jika ginjal rusak, organ dan sistemnya yang lain juga bisa terpengaruh. Hal ini bisa memicu perkembangan berbagai penyakit lain dan bisa memengaruhi kondisi tubuh secara keseluruhan. Untuk itu, pentingnya menjaga dan merawat organ ginjal dengan makanan-makanan yang sehat, seperti buah dan sayur. Saat ini telah hadir Herbal Tetes Haseda. Haseda merupakan produk herbal yang terbuat dari 42 jenis sari buah dan sayur yang diproses secara alami tanpa menggunakan zat kimia maupun bahan pengawet. Di dalam Haseda terkandung multivitamin, kalsium, antioksidan, pH8+, zink, enzim, EPA/DHA, asam amino, omega 3, 6, dan 9. Haseda memberikan banyak manfaat yaitu memperbaiki metabolisme tubuh, memperbaiki peredaran darah dan suplai oksigen, mengoptimalkan penyerapan nutrisi, detoksifikasi dan regenerasi sel, meningkatkan daya tahan tubuh, memperbaiki fungsi saraf, meningkatkan stamina, kesegaran dan juga gairah. Haseda juga mampu menyembuhkan 88 penyakit, termasuk penyakit ginjal. Kamu tidak perlu khawatir, karena Haseda telah memiliki izin edar dari BPOM dan label halal dari MUI, sehingga Haseda aman dikonsumsi segala usia, bahkan ibu hamil dan menyusui.

Konsumsi Haseda 7 tetes di ¼ gelas air putih 3x sehari.

Untuk layanan konsultasi dan penjualan, silakan hubungi 0822-7766-1919.

Lihat informasi lengkap mengenai ginjal pada channel youtube Herba Kencana https://www.youtube.com/watch?v=JVXyegeKwsY

Facebook : https://www.facebook.com/amanahberkah1919

Instagram Haseda : https://www.instagram.com/hasedaindonesiaofficial/

Instagram Herba Kencana : https://www.instagram.com/herbakencanaofficial/

Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCMYd4NTlS0wzwgNaPTRtKZw

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *