Home » Serba Serbi Herba » Redakan Gejala Bronkitis Dengan Bahan Alami Berikut Ini
Redakan Gejala Bronkitis Dengan Bahan Alami Berikut Ini

Redakan Gejala Bronkitis Dengan Bahan Alami Berikut Ini

Penyakit saluran pernapasan menjadi salah satu penyebab kematian yang paling sering terjadi bukan hanya pada orang dewasa tetapi juga bayi dan anak-anak. Salah satu penyakit pada saluran pernapasan yang bisa terjadi yaitu bronkitis. Bronkitis merupakan penyakit pernapasan yang terjadi pada saluran udara atau bronkus. Jika penyakit ini berlangsung dalam waktu yang lama, bronkitis bisa dikategorikan sebagai penyakit kronis. Penyakit ini ditandai dengan batuk berulang yang tidak sembuh setidaknya dalam 3 bulan. Selain itu, kamu mungkin akan mengalami gejala-gejala lain seperti produksi dahak bertambah, sesak napas, dan tubuh kelelahan. Sehingga kondisi ini dapat mengganggu aktivitas dan kenyamanan sehari-hari. Jika kamu mengidap penyakit yang ini, selain dengan obat-obatan resep dokter, kamu juga bisa mencoba beberapa cara alami untuk membantu mengobati bronkitis kronis. Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa kamu konsumsi untuk meredakan gejala bronkitis kronis.

  1. Madu

Madu sudah dikenal sejak lama sebagai bahan alami yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Rutin mengonsumsi madu dapat membantu mengobati bronkitis kronis, karena madu dipercaya sejak lama sebagai obat alami untuk mengurangi batuk. Kebanyakan pasien bronkitis kronis mengeluhkan gejala sulit tidur akibat terlalu sering batuk di malam hari. Konsumsi madu sebanyak 10 ml atau sekitar 2 sendok teh sehari dapat membantu mengurangi batuk, terutama batuk yang sering muncul di malam hari, sehingga membantu meredakan gejala batuk serta membantu pasien tidur lebih nyenyak di malam hari.

2. Bawang putih

Tidak hanya digunakan sebagai bumbu dapur, ternyata bawang putih juga memiliki peran sebagai pengobatan alami bronkitis kronis. Bawang putih diperkaya dengan berbagai senyawa yang berkhasiat untuk mengatasi berbagai kondisi kesehatan, termasuk bronkitis kronis. Dari sebuah hasil penelitan Avicenna Journal of Phytomedicine, mengungkapkan bahwa ekstrak bawang putih berpotensi menghambat penularan virus penyebab bronkitis. Tidak hanya itu, bawang putih juga dinilai efektif meredakan gejala batuk serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Jahe

Jahe adalah tanaman yang sudah lama dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk berbagai penyakit, salah satunya bronkitis kronis. Tidak hanya memberikan efek hangat pada tubuh, jahe juga mengandung berbagai senyawa aktif yang membantu melegakan pernapasan, seperti gingerol dan shogaol. Selain itu, jahe juga memiliki senyawa anti-inflamasi yang baik untuk melawan infeksi pernapasan. Yang harus kamu ingat, penderita bronkitis kronis lebih rentan terkena infeksi dibanding orang sehat. Sehingga mengonsumsi jahe bisa menurunkan risiko terkena infeksi pernapasan yang dapat memperparah bronkitis kronis.

4. Kunyit

Selain jahe, kunyit juga dapat membantu mengobati gejala bronkitis kronis secara alami. Rempah yang satu ini diyakini mengandung efek anti-inflamasi yang baik untuk mengatasi peradangan saluran bronkus akibat bronkitis kronis. Selain itu, asupan kunyit yang cukup juga berpotensi mengembalikan stamina tubuh, terutama bagi pasien bronkitis yang sering kali mengalami rasa lelah. Tidak hanya itu, kunyit juga memiliki senyawa antioksidan yang bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh pengidap bronkitis kronis.

5. Air garam

Garam menjadi bumbu dapur yang wajib ada di setiap dapur. Namun, tidak hanya menjadi penambah cita rasa, garam juga memiliki peran untuk kesehatan. Kamu bisa memanfaatkan air garam sebagai cara mengobati bronkitis kronis secara alami. Air garam bermanfaat untuk membantu meredakan gejala batuk berulang, serta mengencerkan dahak yang menumpuk di saluran pernapasan. Dengan cara yang cukup mudah, kamu hanya perlu mencampurkan 1 sendok teh garam dengan segelas air hangat, kemudian kumur-kumur dengan larutan tersebut.

Selain dengan 5 bahan alami diatas, kamu juga perlu menerapkan beberapa pola hidup yang baik untuk membantu mengurangi gejala bronkitis kronis secara alami.

  • Menghirup uap panas

Uap yang dihasilkan air panas bisa membantu mengencerkan dahak di saluran pernapasan. Sehingga dahak bisa dikeluarkan dengan mudah melalui hidung atau mulut. Cara paling mudah untuk menghirup uap panas dengan mandi air hangat. Selain itu, kamu bisa menggunakan wadah yang diisi air hangat, kemudian hirup uap yang keluar dari air tersebut. Untuk hasil terbaik, kamu bisa mencoba mencampurkan minyak esensial untuk batuk ke dalam air hangat, seperti minyak peppermint atau thyme.

  • Tidur yang cukup

Cara selanjutnya agar membantu mengobati bronkitis kronis secara alami adalah tidur yang cukup, walaupun sering kali dianggap sepele. Mendapatkan istirahat yang berkualitas membantu memaksimalkan kinerja pengobatan bronkitis, meningkatkan kekebalan tubuh, serta mengembalikan energi.

  • Menghindari pemicu bronkitis

Yang paling penting juga adalah pastikan kamu menghindari berbagai faktor pemicu bronkitis kronis, seperti asap rokok dan polusi, baik di dalam maupun luar ruangan. Jika kamu memang harus berada di tempat dengan risiko tinggi terpapar pemicu, sebaiknya gunakan masker untuk melindungi diri.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membantu mengobati bronkitis kronis secara alami. Selain itu, kamu dapat mengonsumsi Herbal Tetes Haseda. Haseda merupakan produk inovasi anak bangsa yang terbuat dari 42 jenis sari buah dan sayur, serta diproses menggunakan bio teknologi terpadu selama 9-12 bulan tanpa zat kimia dan bahan pengawet, sehingga aman dikonsumsi segala usia, ibu hamil dan menyusui. Haseda memiliki kandungan multivitamin, kalsium, antioksidan, pH8+, zink, enzim, EPA/DHA, asam amino, omega 3, 6, dan 9 yang bermanfaat untuk memperbaiki metabolisme tubuh, memperbaiki peredaran darah dan suplai oksigen, mengoptimalkan penyerapan nutrisi, detoksifikasi, regenerasi sel, meningkatkan daya tahan tubuh, memperbaiki fungsi saraf, meningkatkan stamina, kesegaran, dan gairah. Haseda juga dapat mengobati 88 penyakit, termasuk penyakit jantung.

Konsumsi Haseda 7 tetes di ¼ gelas air putih 3x sehari.

Untuk layanan konsultasi dan penjualan, silakan hubungi 0822-7766-1919.

Facebook : https://www.facebook.com/amanahberkah1919

Instagram Haseda : https://www.instagram.com/hasedaindonesiaofficial/

Instagram Herba Kencana : https://www.instagram.com/herbakencanaofficial/

Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCMYd4NTlS0wzwgNaPTRtKZw

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *