Home » Serba Serbi Herba » Kamu Harus Tahu Manfaat Sereh Ini
Kamu Harus Tahu Manfaat Sereh Ini

Kamu Harus Tahu Manfaat Sereh Ini

Bicara mengenai rempah atau bahan herbal alami, Indonesia sudah seperti tuannya. Karena benar, Indonesia kaya akan tanaman herbal yang tentu memiliki banyak manfaat. Salah satunya yaitu serai. Serai atau yang juga disebut dengan sereh merupakan tumbuhan anggota suku rumput-rumputan yang sering dimanfaatkan sebagai bumbu dapur untuk mengharumkan makanan dan menambah cita rasa sebuah makanan. Namun, tidak hanya digunakan sebagai bumbu dapur, sereh juga dikenal sebagai bahan alami untuk pengobatan beberapa penyakit. Mari kita bahas manfaat apa saja yang terdapat pada sereh. Tapi sebelum itu, kamu harus tahu apa saja kandungan yang terdapat di dalam sereh. Sereh mengandung beragam zat gizi seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B9 (folat), mineral magnesium, zat besi, kalium, fosfor, dan kalsium. Tidak hanya vitamin dan mineral, sereh juga memiliki sifat antibakterial yang menguntungkan antara lain analgesik, anti-inflamasi, antidepresan, antipiretik, antiseptik, antibakteri, antijamur, zat karminatif, diuretik, dan insektisida.

Kaya akan minyak atsiri, seluruh bagian sereh yang terdiri dari daun, batang, dan akar bermanfaat untuk kesehatan seperti berikut ini.

1. Sebagai aromaterapi pengusir nyamuk

Karena harumnya yang khas, sereh dimanfaatkan sebagai aromaterapi oleh bangsa India dan Timur Tengah. Tidak hanya sebagai aromaterapi, sereh juga dapat digunakan untuk membantu mengusir nyamuk yang menyebabkan gatal dan demam berdarah.

2. Melawan penyakit

Aktivitas senyawa antioksidan di dalam sereh dapat memberikan manfaat yaitu perlindungan dari radikal bebas, membantu dalam menjaga kadar kolesterol tetap seimbang, serta meningkatkan kekebalan tubuh. Karena senyawa ini juga akan bantu menjauhkan kamu dari risiko penyakit kronis seperti diabetes tipe 2, kanker, dan obesitas.

3. Mencegah naiknya kolesterol

Daun dan akar sereh mempunyai sifat anti-hiperlipidemia dan sifat anti-hiperkolesterolemia yang membantu menghasilkan kadar kolesterol yang sehat. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi rutin air sereh, memberikan hasil yang signifikan dalam mempertahankan tingkat trigliserida dan mengurangi kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

4. Membuang racun

Manfaat sereh lainnya yaitu dapat membantu membersihkan zat-zat beracun berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. Detoksifikasi dengan tanaman sereh membantu membantu melancarkan fungsi berbagai organ tubuh, termasuk fungsi hati dan ginjal. Mengonsumsi teh sereh juga dapat berkhasiat melancarkan buang air kecil.

5. Mengobati insomnia

Manfaat selanjutnya, sereh dipercaya berkhasiat membantu untuk menenangkan otot-otot dan saraf yang membantu kamu lebih nyenyak saat tidur dan bantu mengobati insomnia. Selain itu, aromanya yang khas akan membuat kamu merasa rileks.

6. Mengobati ISK dan penyakit kulit

Sereh dapat bekerja sebagai antiseptik dan efektif dalam mengobati penyakit kulit karena infeksi seperti kurap, luka, kudis, dan juga infeksi saluran kencing (ISK) karena mengandung sifat anti-mikrobanya yang mampu membasmi jamur pada tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak sereh menimbulkan efek baik pada infeksi kulit.

7. Bantu mengatasi sindrom prahaid

Konsumsi sereh bisa menimbulkan efek diuretik, artinya rempah satu ini dapat merangsang organ ginjal untuk mengeluarkan lebih banyak urine dari biasanya. Khasiatnya bahkan pernah dibuktikan dalam sebuah studi pada Journal of Renal Nutrition. Penelitian itu menunjukkan bahwa minum air sereh dapat meningkatkan produksi urine lebih banyak dari minuman lain. Efek ini tentunya sangat bermanfaat, terutama bagi kamu yang sedang mengalami sindrom prahaid. Karena pada saat-saat tersebut tubuh biasanya mengalami retensi (penyimpanan) air.

8. Meredakan rematik dan membantu menjaga kesehatan tulang

Rematik salah satu penyakit yang cukup banyak diderita masyarakat. Salah satu gejala rematik adalah nyeri di daerah persendian.  Sereh mengandung minyak atsiri dan bersifat analgesik alias pereda nyeri. Hal inilah yang membuat sereh efektif meredakan rematik. Selain itu, kandungan kalsium pada sereh bermanfaat untuk menjaga kepadatan tulang sehingga mencegah terjadinya osteoporisis.  Tidak hanya itu, magnesium dalam serai juga membantu penyerapan kalsium dalam tubuh. Nah, kamu dapat merasakan manfaat ini dari mengonsumsi Herba Kencana Samprohit secara rutin. Samprohit tidak hanya mengandung sereh, namun juga mengandung kunyit, temulawak, dan sambiloto. Samprohit memiliki banyak manfaat seperti membantu meredakan pegal linu, penyembuhan asam urat dan reamtik, menjaga kesehatan tulang dan sendi, serta meredakan nyeri pada persendian/osteoarthritis. Samprohit sudah memiliki izin edar dari BPOM dan label halal dari MUI, selain itu juga Samprohit dibuat tanpa menggunakan zat kimia maupun bahan pengawet, sehingga aman dikonsumsi dalam jangka panjang dan tidak menimbulkan efek samping.

Konsumsi Samprohit 1 kapsul 3x sehari.

Untuk layanan konsultasi dan penjualan, silakan hubungi 0822-7383-1818.

Facebook : https://www.facebook.com/amanahberkah1919

Instagram Haseda : https://www.instagram.com/hasedaindonesiaofficial/

Instagram Herba Kencana : https://www.instagram.com/herbakencanaofficial/

Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCMYd4NTlS0wzwgNaPTRtKZw

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *