Home » Gangguan Penyakit » Kenali Tanda-Tanda Meningkatnya Kadar Asam Urat
Kenali Tanda-Tanda Meningkatnya Kadar Asam Urat

Kenali Tanda-Tanda Meningkatnya Kadar Asam Urat

Di dalam tubuh pada dasarnya terdapat senyawa-senyawa alami yang diproduksi oleh tubuh itu sendiri, salah satunya senyawa asam urat. Nilai kadar asam urat yang normal pada pria dan wanita dewasa sedikit berbeda. Pada wanita: 1,5–6,0 mg/dL, sedangkan pada pria: 2,5–7,0 mg/dL. Asam urat yang kadarnya normal tidak akan menimbulkan masalah, namun akan menjadi masalah jika kadar asam urat terlalu tinggi dan kemudian menumpuk di dalam darah. Sehingga memicu penumpukan kristal asam urat pada persendian dan pembentukan batu ginjal. Penyakit asam urat sudah seperti penyakit yang awam bagi masyarakat Indonesia. Namun penyakit satu ini tidak boleh disepelekan, karena penanganan yang tidak cepat dan tidak tepat bisa menimbulkan komplikasi bahkan berisiko kematian. Makanya setiap orang perlu mengenali tanda-tanda asam urat yang meningkat seperti apa. Sehingga bisa melakukan penanganan yang cepat dan juga tepat.

Berikut ini tanda-tanda meningkatnya kadar asam urat yang perlu kamu ketahui.

  1. Nyeri sendi yang sangat parah

Seperti yang sudah dijelaskan diatas. Tingginya kadar asam urat bisa memicu penumpukan kristal asam urat pada persendian. Kondisi inilah yang menyebabkan  peradangan, dan muncullah nyeri sendi yang sangat parah, bahkan tidak tertahankan.  Bagian sendi yang paling sering terserang nyeri akibat tingginya kadar asam urat adalah jempol kaki. Namun, nyeri ini bisa juga timbul di lutut, pergelangan kaki, siku, dan jari tangan. Penderita kadar asam urat yang tinggi biasanya akan merasakan gejala seperti nyeri sendi yang berkembang cepat dalam beberapa jam pertama. Nyeri ini bisa berlangsung selama 3-10 hari dan paling sering terjadi pada malam hari.

2. Terjadinya pembengkakan

Tidak berhenti pada nyeri sendi, gejala asam urat juga bisa menimbulkan pembengkakan. Pembengkakan ini tidak hanya terjadi di sendi, tapi juga bisa muncul di sekitar sendi. Pembengkakan bisa terjadi akibat jaringan pelapis sendi bernama sinovium membengkak, serta adanya peningkatan volume cairan synovial atau pelumas sendi saat terjadinya peradangan. Pada kondisi ini, penderita asam urat kemungkinan tidak akan mampu bergerak secara leluasa lagi.

3. Rasa panas di sendi

Selain rasa nyeri dan terjadi pembengkakan, gejala lain dari meningkatnya asam urat adalah timbulnya rasa panas pada persendian. Rasa panas di persendian ini tidak lain dan tidak bukan disebabkan karena peradangan yang terjadi akibat menumpuknya kristal asam urat pada sendi. Bahkan rasa panas seperti terbakar bisa dialami, jika peradangan terlalu lama dibiarkan.

4. Warna kulit yang memerah

Karena tingginya kadar asam urat, sendi yang mengalami peradangan tidak hanya terasa sakit, bengkak dan panas, melainkan juga bisa disertai dengan warna kulit yang memerah. Saat terjadi peradangan pada sendi, aliran darah juga akan meningkat di sana. Hal ini yang kemudian membuat warna kulit memerah.

5. Benjolan (tophi)

Berbeda dengan point kedua, benjolan yang dimaksud disini tidak sama dengan pembengkakan. Benjolan yang disebut tophi ini bisa terjadi jika kadar asam urat yang meningkat terlambat atau tidak ditangani. Di dalam tophi terdapat cairan yang berbentuk seperti pasta gigi.  Tophi ini mengeras dan bisa berkembang di persendian dan kulit serta jaringan lunak yang mengelilinginya. Keberadaan tophi secara permanen bisa merusak sendi. Makanya penanganan yang cepat sangat penting untuk mencegah penyakit asam urat menjadi kronis.

Itulah 5 tanda atau gejala yang menunjukkan meningkatnya kadar asam urat yang harus kamu tahu. Mengetahui tanda-tanda ini bisa membantu kamu menentukan waktu yang tepat untuk pergi ke dokter sebelum penyakit ini membahayakan kesehatan tubuh kamu. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi Herbal Tetes Haseda yang mengandung 42 jenis sari buah dan sayur. Haseda diproses secara alami tanpa menggunakan zat kimia maupun bahan pengawet. Di dalam Haseda juga terkandung multivitamin, kalsium, antioksidan, pH8+, zink, enzim, EPA/DHA, asam amino, omega 3, 6, dan 9 yang sangat bermanfaat bagi tubuh dan dapat membantu menetralkan kadar asam urat. Selain itu, kombinasikan juga dengan mengonsumsi Herba Kencana Samprohit yang terbuat dari kunyit, temulawak, sambiloto, serta sereh. Keempat bahan alami ini telah dikenal dapat mengobati masalah persendian.

Konsumsi Haseda 5 tetes di ¼ gelas air putih 3x sehari. Untuk hasil yang maksimal kombinasikan dengan Herba Kencana Samprohit 1 kapsul 3x sehari.

Untuk layanan konsultasi dan penjualan, silakan hubungi 0822-7766-1919.

Saksikan talkshow yang membahas penyakit asam urat di channel youtube Herba Kencana https://www.youtube.com/watch?v=-3xJijIB11A

Facebook : https://www.facebook.com/amanahberkah1919

Instagram Haseda : https://www.instagram.com/hasedaindonesiaofficial/

Instagram Herba Kencana : https://www.instagram.com/herbakencanaofficial/

Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCMYd4NTlS0wzwgNaPTRtKZw

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *