Home » Gangguan Penyakit » Keputihan dan Cara Mengatasinya
Keputihan dan Cara Mengatasinya

Keputihan dan Cara Mengatasinya

Keputihan (fluor albus) adalah gejala gangguan alat kelamin yang dialami oleh wanita, berupa keluarnya cairan putih kekuningan atau putih kelabu dari vagina. Keputihan merupakan cara alami tubuh untuk menjaga kebersihan dan kelembapan organ kewanitaan. Ketika seorang wanita mengalami keputihan, cairan yang diproduksi kelenjar vagina dan leher rahim akan keluar membawa sel mati dan bakteri, sehingga vagina tetap terlindung dari infeksi.

Gimana sih cara membedakan keputihan yang normal dan tidak normal?

Keputihan yang normal memiliki beberapa ciri yaitu sangat jelas, berbentuk gumpalan yang sehat seperti awan, dan jika tertinggal dalam pakaian maka akan berubah menjadi kekuningan. Keputihan yang normal juga bisa berbentuk sangat tipis seperti lendir dan serabut putih di dalamnya. Keputihan seperti ini biasanya disebabkan karena penggunaan kontrasepsi, stress, obat, keinginan seksual dan pertanda kehamilan. Sedangkan keputihan yang tidak normal atau tidak sehat memiliki tanda seperti rasa nyeri pada bagian bawah perut, disertai gatal pada bagian sekitar vagina, rasa panas saat buang air kecil, lendir berwarna kuning kecoklatan dan bau yang tidak sedap.

Makanan Penyebab Keputihan

Terdapat berbagai jenis makanan yang harus dihindari oleh wanita karena dapat menyebabkan munculnya keputihan.

1.  Makanan Manis

Bagi kamu yang sering mengalami keputihan, kurangi mengonsumsi makanan dan minuman manis. Terlalu banyak asupan gula dalam tubuh dapat menyebabkan bakteri di Miss V berkembang dengan subur, sehingga menimbulkan gatal dan bau tidak sedap.

2.  Mentimun

Makan terlalu banyak timun juga bisa menyebabkan keputihan. Timun yang sering terdapat dalam acar memang enak dimakan dan memberikan rasa segar. Tapi kandungan gulanya yang sangat tinggi, bisa memicu timbulnya keputihan. Jadi batasi memakan acar dan timun ya.

3.  Nanas

Selain dihindari oleh wanita hamil karena keasamannya yang tinggi, buah nanas juga sebaiknya dihindari oleh wanita pengidap keputihan. Karena nanas dapat meningkatkan produksi lendir dalam Miss V, sehingga menimbulkan rasa becek dan kurang nyaman.

4.  Gorengan

Lapisan tepung pada gorengan mengandung karbohidrat yang dapat meningkatkan gula dalam tubuh, sehingga bisa menyebabkan keputihan. Selain gorengan, hindari juga makanan berminyak, fast food dan junk food.  Tapi terapkanlah hidup sehat, dengan perbanyak minum air putih dan rajin berolahraga. Dijamin keputihan pasti menghilang.

Makanan Pencegah Keputihan

Selain menghindari makanan-makanan yang dapat menyebabkan keputihan, Anda dapat mengkonsumsi berbagai buah dan sayur untuk mencegah dan mengatasi keputihan, antara lain:

  • Pisang

Pisang adalah buah yang bermanfaat bagi wanita. Ini menenangkan nyeri kram periode juga. Ini adalah buah yang terdiri dari banyak mineral. Pisang bermanfaat sebagai pengganti gula yang tidak boleh dikonsumsi wanita yang mengalami keputihan karena gula dapat meningkatkan pertumbuhan jamur penyebab keputihan. Kandungan glikemik yang cukup tinggi dalam buah pisang akan dapat menggantikan kandungan gula yang untuk sementara waktu harus Anda hindari saat keputihan.

  • Anggur

Anggur mengandung zat yang bisa melawan bakteri dan virus penyebab keputihan. Bahkan kandungan warna alami unggu dan merah pada anggur bisa meningkatkan kadar pH alami pada rongga vagina.

  • Alpukat

alpukat adalah makanan sehat yang bisa membantu menjaga keseimbangan jumlah lendir pada vagina. Makanan ini juga bisa merubah pH yang tidak sehat menjadi lebih sehat.

  • Pepaya

Dalam setengah buah pepaya biasanya mengandung sekitar 94 mg vitamin C. Vitamin C ini dapat berperan sebagai penghambat infeksi jamur dan bakteri pada area reproduksi perempuan.

Itulah beberapa buah dan sayur yang dapat mencegah, memperkecil risiko dan mengatasi keputihan. Kombinasi buah dan sayur diatas juga bisa Anda dapatkan dalam komposisi yang terkandung dalam Haseda. Selain mengandung kombinasi buah dan sayur diatas, Haseda juga mengandung bahan alami yang dikombinasikan yaitu sebanyak 42 jenis buah dan sayur. Bagi penderita keputihan, Anda dapat mengkonsumsi Haseda sebanyak 5 tetes di ¼ gelas air serta Anda juga dapat mengoleskan Haseda pada bagian yang sakit. Haseda dapat membantu memperbaiki metabolisme tubuh, memperbaiki peredaran darah dan suplai oksigen, mengoptimalkan penyerapan nutrisi, detoksifikasi dan regenerasi sel, meningkatkan daya tahan tubuh, memperbaiki fungsi syaraf, meningkatkan stamina, kesegaran dan gairah.

Untuk layanan konsultasi dan penjualan, silakan hubungi 0822-7766-1919, 0822-7383-1818 Dan 0813 6210 1818

Add a Comment

Your email address will not be published.