Home » Gangguan Penyakit » Cegah Diabetes Dengan Melakukan Hal-Hal Berikut Ini
Cegah Diabetes Dengan Melakukan Hal-Hal Berikut Ini

Cegah Diabetes Dengan Melakukan Hal-Hal Berikut Ini

“Penderita diabetes di Indonesia bisa mencapai 30 juta orang pada 2030 mendatang jika gaya hidup termasuk makan berlebihan dan merokok tidak dikurangi.” – Kementerian Kesehatan RI

Penyakit diabetes memang begitu dekat, tidak hanya pada usia lanjut, pada usia mudah bahkan anak-anak pun bisa menderita penyakit ini. Berdasarkan informasi Kemenkes RI, dari sebuah riset yang dilakukan pada tahun 2018, bahwa prevalensi diabetes yang di derita penduduk Indonesia di usia lebih dari 15 tahun mencapai 2%. Angka ini menunjukkan peningkatan dari riset yang dilakukan pada tahun 2013 yaitu dengan prevalensi 1,5%.

Mari kita ulas kembali sedikit proses terjadinya penyakit diabetes.

Saat kamu makan, tubuh kamu akan mengurai karbohidrat menjadi gula (glukosa). Sebuah hormon yang bernama insulin diproduksi di pankreas, kemudian berperan memerintahkan sel tubuh untuk menyerap glukosa tersebut menjadi energi. Namun ketika insulin tidak dihasilkan atau tidak bekerja dengan baik, inilah yang menyebabkan glukosa menumpuk di dalam darah. Bayangkan jika dalam satu hari kamu sudah mengonsumsi karbohidrat dengan banyak, kemudian kamu mengonsumsi lagi makanan-makanan yang tinggi gula, ditambah lagi dengan makanan berlemak. Tidak heran jika penyakit diabetes bersarang pada tubuhmu.

Selain faktor makanan, faktor lainnya yang bisa meningkatkan terjadinya penyakit diabetes adalah faktor genetik dan obesitas. Maka dari itu, menjalani gaya hidup sehat adalah cara terbaik yang bisa kamu lakukan untuk mencegah dan meminimalisir risiko terjadinya penyakit diabetes. Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah terjadinya penyakit diabetes.

  1. Kecilkan perut

Tahukah kamu perut yang membuncit disebabkan karena menumpuknya lemak? Lemak yang menumpuk di perut ini sangat berbahaya. Kamu bisa mengukur lemak di perut kamu dengan mengukur lingkar pinggang dengan alat ukur. Jika hasil ukuran di atas 102 cm pada pria dan 88 cm pada wanita, maka sebaiknya kamu harus waspada dan lakukan tindakan untuk mengecilkan perut.

2. Hindari makanan dan minuman yang mengandung gula tambahan

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa mengonsumsi makanan dan minuman dengan gula tambahan akan memberikan efek buruk bagi kesehatan. Juga bisa menyebabkan kenaikan berat badan jika dikonsumsi berlebihan. Kenaikan berat badan akan rentan terhadap resistensi insulin yaitu kondisi ketika sel-sel tubuh tidak bisa menggunakan gula darah dengan baik karena terganggunya respon sel tubuh terhadap insulin. Yang kemudian hal ini meningkatkan risiko terjadinya penyakit diabetes, khususnya diabetes tipe 2.

3. Banyak minum air putih

Seperti yang sudah dijelaskan pada point kedua, mencegah diabetes bisa kamu lakukan dengan mengurangi konsumsi makanan dan minuman manis dengan gula tambahan. Nah, lebih baik kamu minum air putih daripada minum yang manis-manis. Cara yang satu ini bisa mencegah risiko terjadinya diabetes karena bisa meningkatkan kemampuan sel-sel tubuh merespon insulin dengan baik. Agar kamu terbiasa mengonsumsi air putih untuk mencegah diabetes, mulailah dengan membawa botol minum sendiri ke mana pun kamu pergi. Selain itu, sediakan juga air minum di meja kerja atau di kamar tidur kamu

4. Kontrol porsi makan

Kamu terbiasa makan dengan porsi yang besar? Sekarang waktunya kamu mengontrol porsi makan kamu. Karena menakar porsi makan sehari-hari akan membantu kamu terhindar  dari risiko terjadinya penyakit diabetes. Makan dengan porsi berlebih akan membuat kamu mengonsumsi lebih banyak kalori dan bisa meningkatkan berat badan dan risiko diabetes. Kamu bisa menggunakan piring yang lebih kecil untuk menyiasati porsi makan. Makan dengan piring kecil membuat kamu secara tidak sadar jadi harus mengurangi porsi makan lebih sedikit dari biasanya. Selain itu, idealnya memang lebih baik makan sedikit-sedikit tapi sering ketimbang harus makan dalam jumlah banyak sekaligus.

5. Rutin olahraga

Aktivitas fisik yang rutin memang diperlukan untuk menjaga agar tubuh tetap bugar. Namun tidak sebatas untuk kebugaran, aktivitas fisik seperti olahraga yang dilakukan secara rutin juga bisa menurunkan kadar gula darah. Tidak hanya itu, olahraga juga bisa membantu membakar kalori untuk menghasilkan energi dan menyimpan glukosa ke otot sebagai cadangan energi, yang membuat gula tidak akan menumpuk di dalam darah. Olahraga juga membantu tubuh kamu menjadi lebih sensitif terhadapp insulin. Ini tentu akan menghindarkan kamu dari risiko resistensi insulin, sehingga kamu terhindar dari risiko penyakit diabetes. Luangkanlah waktu minimal 30 menit setiap harinya untuk berolahraga.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan mulai hari ini agar meminimalisir risiko terjadinya penyakit diabetes. Tidak ada kata terlambat, karena kamu hanya perlu niat, usaha dan konsistensi yang tinggi untuk melakukannya. Selain itu, jangan lupa mengimbanginya dengan makanan-makanan bergizi dan memiliki serat tinggi. Saat ini telah hadir Herbal Tetes Haseda yang memiliki komposisi 42 jenis sari buah dan sayur. Haseda diproses secara alami tanpa menggunakan zat kimia maupun bahan pengawet. Di dalam Haseda juga terkandung multivitamin, kalsium, antioksidan, pH8+, zink, enzim, EPA/DHA, asam amino, omega 3, 6, dan 9 yang sangat bermanfaat bagi tubuh dan dapat membantu menyembuhkan 88 penyakit, termasuk diabetes bahkan gangren diabetikum.

Konsumsi Haseda 5 tetes di ¼ gelas air putih 3x sehari.

Untuk layanan konsultasi dan penjualan, silakan hubungi 0822-7766-1919.

Saksikan talkshow mengenai diabetes di channel youtube Herba Kencana https://www.youtube.com/watch?v=HbCQqUxpLRM

Facebook : https://www.facebook.com/amanahberkah1919

Instagram Haseda : https://www.instagram.com/hasedaindonesiaofficial/

Instagram Herba Kencana : https://www.instagram.com/herbakencanaofficial/

Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCMYd4NTlS0wzwgNaPTRtKZw

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *