Home » Gangguan Penyakit » Jangan Sepelekan Ambeien atau Wasir
Jangan Sepelekan Ambeien atau Wasir

Jangan Sepelekan Ambeien atau Wasir

Ambeien atau wasir merupakan kondisi saat seseorang merasa tidak nyaman untuk melakukan sesuatu, terutama yang berhubungan dengan anus, seperti duduk dan buang air besar. Walau terkesan remeh, kenyataannya ambeien tidak bisa dibiarkan karena akan memperparah rasa nyeri yang muncul. Lalu bagaimana pencegahannya?

Ketahui dulu apa itu penyakit ambeien!

Ambeien atau wasir adalah penyakit yang dapat terjadi saat ada pembengkakan pembuluh darah pada rektum bagian bawah yang terdapat di saluran pembuangan manusia, yaitu anus.

Wasir merupakan satu di antara banyak faktor pemicu perdarahan pada dubur. Sebagian besar kasus wasir tidak berbahaya, tapi kamu tetap harus memperhatikannya dan tidak boleh menyepelekan penyakit yang satu ini.

Ambeien bisa sembuh dengan sendirinya karena pembengkakan darah pada rektum di anus bisa mereda dan menghilang, meskipun begitu tetap harus ada penanganan medis dalam kasus-kasus yang sudah parah.

Wasir bisa terjadi karena disebabkan adanya peningkatan tekanan darah di daerah anus. Wasir juga mudah terjadi pada:

  • Orang yang punya masalah dengan susah buang air besar (BAB) atau konstipasi atau sembelit
  • Wanita yang sedang hamil karena adanya tekanan dari pembesaran kandungan waktu hamil
  • Orang dengan penyakit kronik hati. Penyakit ini diketahui dapat menyebabkan peningkatkan tekanan pembuluh darah balik yang pada akhirnya akan menyebabkan wasir
  • Orang dengan umur di atas 50 tahun memiliki satu setengah kali lebih rentan untuk terkena wasir dibanding orang dengan usia di bawah itu
  • Orang yang memiliki riwayat keluarga menderita wasir

Wasir bisa diklasifikasikan ke dalam empat kategori. Masing-masing kategori wasir ini memiliki gejala yang berbeda-beda. Berikut penjelasannya:

  1. Wasir derajat I memiliki gejala adanya pembengkakan kecil di dalam dinding anus dan tidak terlihat di luar anus. Penderita wasir ini terkadang juga mengeluarkan darah segar saat BAB.
  2. Wasir derajat II memiliki gejala pembengkakan lebih besar dari derajat I dan benjolan keluar dari anus saat BAB. Benjolan kemudian akan masuk kembali dengan sendirinya seusai BAB.
  3. Wasir derajat III yakni ditemukan satu atau beberapa benjolan kecil yang menggantung di anus, namun bisa didorong untuk masuk kembali.
  4. Wasir derajat IV memiliki gejala di mana benjolan besar ditemukan menggantung dari anus dan tidak bisa didorong kembali.

Pada prinsipnya, wasir dengan tingkat keparahan I hingga IV dapat ditangani. Selain dengan pengobatan, penanganan wasir ini bisa melalui tindakan pembedahan. Terapi pembedahan biasanya diperlukan apabila penderita mengalami perdarahan secara terus-menerus di anus, sering merasakan nyeri, dan benjolan di anus terus keluar masuk.

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah ambeien atau wasir terjadi seperti:

  • Konsumsi banyak air putih
  • Perbanyak asupan serat di dalam makanan
  • Tidak mengejan berlebihan saat BAB
  • Jangan menunda BAB
  • Jaga berat badan ideal dengan rutin berolahraga

Selain beberapa hal diatas yang dapat dilakukan untuk mencegah maupun mengobati ambeien adalah mengkonsumsi herbal tetes HASEDA. Herbal tetes HASEDA adalah produk inovasi anak bangsa yang diproses menggunakan bio teknologi terpadu selama 9-12 bulan. HASEDA mengandung multivitamin, kalsium, antioksidan, pH8+, zink, enzim, DHA/EPA, asam amino, omega 3, 6, 9 yang memiliki banyak manfaat seperti memperbaiki metabolisme tubuh, memperbaiki peredaran darah dan fungsi saraf, detoksifikasi dan regenerasi sel serta meningkatkan daya tahan tubuh. HASEDA terbuat dari 100% bahan alami pilihan yaitu 42 macam buah dan sayuran tanpa memakai zat kimia ataupun bahan pengawet serta aman dikonsumsi balita sampai lansia, ibu hamil dan menyusui. Minum secara rutin dengan dosis 5 tetes di ¼ air putih 3 x sehari, konsumsi saat pagi setelah bangun tidur, siang 30 menit sebelum makan dan malam 30 menit sebelum tidur.

Untuk layanan konsultasi dan penjualan, silakan hubungi 0822-7766-1919.

Facebook : https://www.facebook.com/amanahberkah1919

Instagram Haseda : https://www.instagram.com/hasedaindonesiaofficial/

Instagram Herba Kencana : https://www.instagram.com/herbakencanaofficial/

Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCMYd4NTlS0wzwgNaPTRtKZw

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *