Home » Serba Serbi Herba » Buah-Buahan Ini Dapat Menjaga Kesehatan Jantung
Buah-Buahan Ini Dapat Menjaga Kesehatan Jantung

Buah-Buahan Ini Dapat Menjaga Kesehatan Jantung

Penyakit jantung masih menjadi ancaman kesehatan yang cukup besar. Penyakit jantung koroner merupakan penyebab kematian di Indonesia yang telah merenggut jutaan nyawa setiap tahunnya. Berdasarkan data dari Kemenkes, penyakit jantung adalah penyebab kematian tertinggi kedua di Indonesia, yaitu sebanyak 12,9%. Maka dari itu setiap orang wajib menjaga kesehatan jantung dengan menerapkan gaya hidup sehat, seperti memperbanyak konsumsi sayur dan buah.

Semakin berkembangnya zaman, penyakit tidak lagi memandang usia. Jika dulu penyakit jantung selalu dikaitkan dengan penyakit orang tua, sekarang itu tidak berlaku lagi. Yang memiliki usia muda juga sama berisiko mengalami masalah pada jantungnya. Karena penyakit ini banyak dipicu oleh gaya hidup yang buruk, seperti kebiasaan merokok, kurang berolahraga, hingga mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Bicara soal makanan, memilih menu yang bergizi seimbang sangatlah penting untuk memelihara kesehatan jantung, salah satunya bisa dari memakan buah-buahan. Berikut ini telah dirangkum beberapa jenis buah yang ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan jantung.

  1. Jeruk

Buah yang satu ini memiliki potensi untuk menyehatkan jantung. Jeruk merupakan sumber kalium yang baik. Dengan asupan kalium yang cukup, tekanan darah kamu bisa menurun sehingga peluang terkena penyakit jantung pun berkurang. Tidak hanya itu, jeruk juga memiliki beragam jenis senyawa antioksidan yang bermanfaat untuk jantung, seperti karotenoid dan fenolik.

2. Apel

Sudah banyak yang mengetahui bahwa buah yang satu ini sangat bermanfaat, apalagi untuk urusan menurunkan berat badan. Karena begitu banyak kandungan nutrisi yang ada di dalam apel. Salah satunya adalah serat larut yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol. Hal ini bisa mengurangi risiko penyakit jantung akibat kolesterol tinggi. Selain itu, apel juga mengandung flavonoid, senyawa dengan efek antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung. Flavonoid ini banyak ditemukan di kulit apel. Sebuah studi yang terbit di jurnal Nature Communications mengatakan bahwa flavonoid dari apel membantu menurunkan risiko penyakit jantung, terutama pada perokok aktif dan peminum alkohol.

3. Buah beri

Kelompok buah ini adalah buah-buahan yang digemari banyak orang, seperti stroberi, rasberi, bluberi, dan juga blackberry. Di samping rasa manis dan asamnya, kelompok buah beri juga menyimpan berbagai khasiat untuk kesehatan, salah satunya menjaga kesehatan jantung. Masing-masing jenis beri mengandung nutrisi yang kadarnya berbeda-beda. Buah-buahan kelompok beri diperkaya dengan antioksidan dan serat yang tinggi sehingga berpotensi mengurangi risiko penyakit jantung.

4. Pisang

Pisang tidak hanya menjadi buah pencuci mulut setelah makan, karena pisang juga termasuk dalam buah-buahan yang direkomendasikan untuk kesehatan jantung. Mirip dengan jeruk, pisang dilengkapi dengan kadar kalium yang cukup tinggi. Rutin makan pisang akan menghindarkan kamu dari risiko tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Selain itu, pisang juga mengandung magnesium, yaitu mineral yang dibutuhkan untuk menjaga fungsi jantung supaya tetap berjalan dengan normal.

5. Pepaya

Buah yang memiliki rasa manis ini wajib kamu masukkan ke dalam daftar buah-buahan yang kamu konsumsi, karena pepaya merupakan salah satu buah penurun risiko penyakit jantung. Warna khas oranye pada pepaya menandakan tingginya kandungan karotenoid di dalamnya. Karotenoid berfungsi membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh. Jika kadar HDL meningkat, kolesterol jahat atau LDL juga akan menurun. Berkurangnya kadar kolesterol jahat akan menjauhkan kamu dari berbagai penyakit jantung dan gangguan pembuluh darah.

6. Alpukat

Buah yang dikenal sebagai sumber lemak sehat ini ternyata juga menyimpan kebaikan untuk jantung, lho. Di dalam alpukat, terdapat berbagai vitamin dan mineral yang diperlukan jantung agar tetap sehat, mulai dari vitamin C, serat, kalium, magnesium, hingga folat. Sebuah penelitian di Nutrition Journal menyebut bahwa konsumsi alpukat secara rutin bisa membantu menurunkan risiko sindrom metabolik, salah satu faktor risiko dari penyakit jantung.

7. Delima

Buah delima telah dikenal sebagai buah yang kaya akan manfaat. Buah delima tidak hanya terkenal dengan warna dan bentuknya yang bagus, namun juga kandungan manfaat di dalamnya yang berlimpah. Delima diperkaya dengan senyawa antioksidan yang membantu menyeimbangkan kadar kolesterol baik dan jahat di dalam tubuh kamu. Buah ini juga diyakini membantu mencegah penumpukan plak akibat kolesterol tinggi di pembuluh darah sehingga risiko terkena penyakit jantung juga akan berkurang.

8. Tomat

Walaupun buah ini lebih sering digunakan untuk bahan masakan, namun tomat termasuk dalam buah-buahan, lho. Tomat memiliki kandungan lycopene, yaitu sejenis senyawa karotenoid yang memberikan warna merah pada buah ini. Kandungan lycopene di dalam tomat dipercaya mampu melawan berbagai penyakit jantung, menurunkan risiko hipertensi, serta mencegah stroke.

9. Mengkudu

Walaupun buah ini tidak disukai banyak orang karena rasa dan baunya yang tidak enak, namun buah ini sudah sangat dikenal dalam menyembuhkan beberapa penyakit, salah satunya penyakit jantung. Mengkudu merupakan buah yang banyak ditemukan di negara-negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Berdasarkan sebuah studi di The Scientific World Journal, mengonsumsi jus mengkudu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat pada perokok aktif. Dengan kadar kolesterol jahat yang berkurang, risiko untuk terserang penyakit jantung juga akan menurun.

10. Manggis

Buah yang satu ini dikenal memiliki manfaat hingga ke kulit-kulitnya. Dan memang benar manggis membawa banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk untuk jantung. Manggis mengandung senyawa antioksidan dan serat tinggi yang dibutuhkan untuk memelihara kesehatan jantung. Tidak hanya berpotensi mengurangi kadar kolesterol, manggis juga ikut berperan dalam mencegah peradangan yang berkaitan dengan penyakit jantung.

11. Anggur

Bukan hanya rasanya yang lezat, anggur juga memiliki manfaat yang banyak, salah satunya untuk mencegah penyakit jantung. Kandungan yang ada di dalam anggur yaitu resveratrol, sejenis polifenol dengan sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Selain itu, anggur juga mengandung kalium dan serat yang akan mendukung fungsi jantung secara maksimal.

Sekarang kamu sudah tahu kan buah-buahan yang baik untuk kesehatan jantung. 11 buah-buahan ini terkandung di dalam Herbal Tetes Haseda. Haseda merupakan produk inovasi anak bangsa yang terdiri dari 42 jenis sari buah dan sayur, yang diproses menggunakan bio teknologi terpadu selama 9-12 bulan tanpa menggunakan zat kimia maupun bahan pengawet, sehingga Haseda aman dikonsumsi segala usia, termasuk balita, lansia, ibu hamil dan menyusui. Haseda secara alami memberikan banyak manfaat dan dapat membantu penyembuhan 88 macam penyakit.

Sebagai catatan, pastikan kamu juga rajin berolahraga dan menghindari gaya hidup yang tidak sehat agar memiliki jantung yang sehat juga!

Konsumsi Haseda 7 tetes di ¼ gelas air putih 3x sehari untuk menyembuhkan penyakit jantung.

Untuk layanan konsultasi dan penjualan, silakan hubungi 0822-7766-1919.

Facebook : https://www.facebook.com/amanahberkah1919

Instagram Haseda : https://www.instagram.com/hasedaindonesiaofficial/

Instagram Herba Kencana : https://www.instagram.com/herbakencanaofficial/

Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCMYd4NTlS0wzwgNaPTRtKZw

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *