Home » Kebugaran » Berenang Bukan Hanya Olahraga Yang Menyenangkan Namun Juga Menyehatkan
Berenang Bukan Hanya Olahraga Yang Menyenangkan Namun Juga Menyehatkan

Berenang Bukan Hanya Olahraga Yang Menyenangkan Namun Juga Menyehatkan

Dari begitu banyak pilihan cabang olahraga, olahraga apa yang kamu suka? Tentu apapun olahraganya semua sangat baik dan bermanfaat. Salah satunya adalah berenang. Tidak bisa dipungkiri, begitu banyak manfaat berenang bagi kesehatan yang bisa didapatkan. Olahraga yang satu ini memang dikenal baik untuk kesehatan jantung.

Berenang adalah salah satu dari sekian banyak jenis olahraga kardio yang bisa melatih otot tubuh dan kekuatan jantung. Selain itu, berenang secara rutin juga dapat meningkatkan metabolisme, sehingga tubuh kamu dapat membakar lebih banyak kalori. Tidak heran kalau berenang menjadi olahraga yang disarankan untuk menurunkan berat badan, terutama bagi kamu yang sedang menjalani program diet. Selain itu, masih banyak manfaat berenang yang bisa kamu dapatkan. Berikut ini adalah manfaat berenang yang dapat kamu peroleh, terutama bila dilakukan secara rutin:

1. Menjaga kesehatan jantung

Menjaga kesehatan jantung dan paru-paru merupakan salah satu manfaat berenang yang paling popular. Dari sebuah penelitian yang dilakukan, menunjukkan bahwa olahraga renang bisa meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh dan meningkatkan kemampuan tubuh dalam mengontrol oksigen. Tidak hanya berdampak untuk kesehatan jantung, berenang secara rutin juga baik untuk memelihara fungsi berbagai organ tubuh serta menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

2. Menurunkan berat badan

Siapa yang tidak ingin memiliki berat badan yang ideal? Tentu semua orang menginginkannya. Berenang selama 1 jam dapat membakar sekitar 500–650 kalori. Ini berarti berenang bisa menjadi olahraga pilihan bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan. Tapi jangan lupa tetap jaga pola makan ya.

3. Membentuk massa otot

Gerakan-gerakan pada olahraga renang membuat hampir seluruh otot tubuh untuk bergerak melawan tekanan di dalam air. Hal inilah yang menyebabkan berenang bisa meningkatkan kelenturan dan massa otot tubuh. Selain itu, berenang juga baik dilakukan untuk mengecilkan betis dan membuatnya terlihat lebih kencang.

4. Mengurangi stres

Stres adalah kondisi yang umum dialami oleh setiap orang, stres karena pekerjaan, keuangan, keluarga atau karena social. Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan olahraga berenang. Sebuah penelitian yang dilakukan mengemukakan bahwa berenang bisa melemaskan otot-otot tubuh, sehingga membuat kamu menjadi lebih rileks.

5. Meningkatkan kualitas tidur

Ketika tidur kamu nyenyak, tentu ini akan mempengaruhi aktivitas kamu keesokan harinya. Sebuah studi yang dilakukan pada penderita insomnia menunjukkan bahwa berenang bisa meningkatkan kualitas tidur mereka. Maka dari itu, jika kamu mengalami gangguan tidur, cobalah untuk melakukan olahraga berenang agar tidur kamu lebih nyenyak di malam hari.

6. Mengatasi kondisi saraf kejepit

Saraf kejepit merupakan kondisi dimana dapat menyebabkan penderitanya sulit beraktivitas dan lebih banyak berbaring di tempat tidur. Jika dibiarkan tanpa penanganan, kondisi ini akan semakin melemahkan otot dan menyebabkan sendi menegang. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan berenang. Gerakan-gerakan dalam renang bisa membuat otot-otot punggung dan tulang belakang menjadi lebih santai dan rileks.

7. Meredakan radang sendi

Salah satu manfaat olahraga berenang yang satu ini membuatnya menjadi pilihan olahraga yang disenangi oleh lansia. Ya, berenang bisa mengurangi rasa nyeri akibat peradangan sendi, sehingga aman dan justru dianjurkan bagi penderita arthritis. Penelitian yang dilakukan juga menyebutkan bahwa penderita osteoporosis yang berenang secara rutin dapat mengalami penurunan nyeri sendi.

Sekarang kamu sudah tahu kan banyak manfaat dari berenang. Berenang memang dapat memberikan beragam manfaat bagi kesehatan. Namun, untuk mencegah terjadinya cedera, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum melakukan olahraga renang, di antaranya:

  • Gunakan pakaian renang yang nyaman dan pas dengan tubuh.
  • Pakailah kacamata renang, bila perlu, untuk mencegah rasa perih pada mata akibat kandungan klorin di dalam air kolam renang.
  • Lakukan pemanasan sebelum memasuki kolam renang.
  • Sediakan dan konsumsi air minum secara teratur di sela-sela waktu renang.
  • Akhiri sesi berenang dengan pendinginan.
  • Bila kamu baru mulai belajar renang, jangan terlalu memaksakan diri dengan terlalu lama berenang. Tingkatkan intensitas renang secara perlahan dan lakukan secara rutin setidaknya 3–5 kali per minggu.

Jika kamu memiliki penyakit tertentu dan ragu apakah kondisi tubuh kamu memungkinkan untuk melakukan olahraga renang, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter. Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari cedera dan manfaat berenang pun dapat kamu peroleh secara maksimal.

Sempurnakan juga kondisi tubuh kamu dengan mengonsumsi Herba Kencana Probiohit. Probiohit merupakan produk herbal yang terbuat dari bahan-bahan alami, yaitu mengkudu, temulawak, kayu manis, daun kelor, madu, dan 21 rempah mix. Semua bahan-bahan alami tersebut diproses menggunakan fermentasi dingin selama 2-3 bulan tanpa menggunakan zat kimia maupun bahan pengawet. Probiohit memiliki manfaat untuk memperbaiki metabolisme, memperbaiki sirkulasi darah, membantu memelihara daya tahan tubuh, mengandung prebiotik dan probiotik alami, mengoptimalkan fungsi kinerja organ tubuh, detoksifikasi, serta membantu memperbaiki sistem saraf yang rusak.

Konsumsi Probiohit 1 sdm 3x sehari.

Untuk layanan konsultasi dan penjualan, silakan hubungi 0822-7383-1818.

Facebook : https://www.facebook.com/amanahberkah1919

Instagram Haseda : https://www.instagram.com/hasedaindonesiaofficial/

Instagram Herba Kencana : https://www.instagram.com/herbakencanaofficial/

Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCMYd4NTlS0wzwgNaPTRtKZw

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *