Home » Kebugaran » Ketahui Fakta Mengenai Senam Kegel
Ketahui Fakta Mengenai Senam Kegel

Ketahui Fakta Mengenai Senam Kegel

Pernahkah kamu mendengar senam kegel? Ya, senam kegel sering kali identik dengan para ibu pasca hamil. Tetapi, tahukah kamu bahwa senam kegel juga baik dilakukan untuk pria? Untuk kamu yang belum tahu apa itu senam kegel, simak informasinya berikut ini ya.

Senam kegel merupakan latihan fisik sederhana yang berfungsi untuk menguatkan otot panggul bawah. Kekuatan otot panggul ini sanngat penting, karena tidak hanya untuk mencegah urine bocor, tapi juga berperan untuk mengencangkan vagina. Selain itu masih banyak lagi manfaat kesehatan lainnya dari melakukan senam kegel.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, senam kegel sering dikaitkan dengan senam bagi ibu yang baru melahirkan untuk menguatkan kembali otot-otot panggul bawah setelah proses melahirkan. Selain itu, wanita paruh baya yang sedang memasuki fase menopause juga biasanya melakukan latihan sederhana ini. Wanita menopause yang melakukan senam kegel umumnya memiliki tujuan untuk meremajakan area sekitar panggul. Karena seiring bertambahnya usia, aktivitas otot panggul mulai melemah, sehingga menyebabkan organ dalam, seperti rahim, usus, dan kandung kemih menjadi kendur dan jatuh ke area vagina.

Berikut ini beberapa fakta dan hal-hal penting yang harus kamu ketahui terlebih dahulu sebelum melakukan senam kegel.

  1. Gerakan senam kegel tidak hanya teknik genggam-lepas

Banyak orang yang masih salah paham mengenai teknik dasar senam kegel. Kesalahan umum yang paling sering terjadi adalah melakukan latihan ini dengan otot paha, pantat, atau perut. Padahal, yang harus kamu targetkan saat melakukan senam kegel adalah otot panggul bawah. Untuk menemukan otot yang tepat, cobalah untuk menahan aliran urine kamu ketika buang air kecil, lalu lepaskanlah kembali. Otot-otot yang kamu gunakan saat menahan buang air kecil inilah yang merupakan otot-otot yang harus kamu latih saat melakukan senam kegel. Intinya, gerakan kegel bukan sekadar meremas otot untuk kemudian melepaskannya kembali.

2. Berperan untuk mengencangkan dan memperbaiki kekuatan vagina

Membantu merapatkan dan mengencangkan vagina merupakan salah satu manfaat utama senam kegel. Latihan ini bisa membangun kekuatan otot sekitar vagina, semakin kuat vagina kamu, maka semakin kencang juga otot-otot tersebut dapat mencengkram. Kamu bisa melakukan kegel dalam posisi duduk atau berbaring sebagai permulaan, meskipun posisi ini kurang optimal manfaatnya. Ketika kamu sudah menguasai teknik senam kegel, lakukan rutinitas ini kapan dan di mana saja. Lakukan saat kamu melakukan gerakan squat, lunges, atau bridges di gym, bahkan saat kamu berhubungan seks. Senam kegel berperan untuk membangun pondasi yang kuat untuk tulang panggul kamu. sehingga membantu kamu mengatasi sakit punggung bawah yang mungkin selama ini mengganggu aktivitas keseharian. Kamu tidak perlu khawatir jika merasa nyeri pada sekitar otot-otot panggul dan vagina setelah melakukan kegel. Rasa sakit ini normal sebagai reaksi tubuh yang terkejut akan kontraksi baru dan akan berangsur hilang seiring berjalannya waktu. Tetapi jika rasa nyeri tidak reda atau mengalami gejala lainnya, segera hubungi dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

3. Mengatasi gangguan pada ibu hamil dan pasca melahirkan

Ibu melahirkan yang melakukan prosedur episiotomi, yang merupakan metode pengguntingan vagina bisa merasakan manfaat senam kegel untuk merapatkan vagina kembali. Latihan ini bisa membuat sirkulasi darah ke vagina meningkat, sehingga kandungan oksigen dan nutrisi di dalamnya bisa meregenerasi sel dan jaringan yang rusak. Selain itu, sebuah studi dalam Journal of Korean Academy of Nursing juga menjelaskan bahwa program latihan kegel secara rutin pada ibu sebelum dan sesudah melahirkan bisa membantu pencegahan beser dan inkontinensia urine, yaitu gangguan fungsi kandung kemih yang bisa menyebabkan keluarnya urine secara tiba-tiba. Wasir atau ambeien juga rentan terjadi pada ibu melahirkan, terlebih lagi jika proses kelahiran yang normal. Sama seperti sebelumnya, senam kegel mampu melancarkan peredaran darah yang bisa meredakan peradangan pembuluh darah vena pada area sekitar anus.

4. Senam kegel juga bermanfaat bagi pria

Tidak hanya bagi wanita, kabar baiknya pria juga bisa merasakan manfaat senam kegel lho. Latihan sederhana ini bisa membantu menangani gangguan kesehatan, seperti buang air kecil tidak tuntas (post-micturition dribble) serta kebocoran urine (inkontinensia urine) saat batuk, tertawa, atau bersin yang bisa menjadi kondisi yang memalukan bagi sebagian pria. Senam kegel juga bisa mencegah dan membantu mengatasi ejakulasi dini. Sebuah studi dalam Therapeutic Advances in Urology melakukan terapi rehabilitasi otot dasar panggul pada pasien yang terkena ejakulasi dini seumur hidup. Hasilnya, terapi ini bisa membantu penanganan kondisi bersamaan dengan pengobatan ejakulasi dini secara medis. Jika dikaitkan dengan stamina seks pria, latihan otot panggul ini juga bisa membantu untuk mencapai orgasme yang lebih memuaskan dan ereksi yang lebih intens dari sebelumnya.

5. Awas bahaya senam kegel berlebihan

Yang terakhir, jika kamu sering mengeluhkan rasa nyeri atau sesak dalam vagina saat melakukan hubungan seksual ataupun pada waktu lain, senam kegel mungkin bukan latihan yang baik untuk kamu. Pengidap kondisi medis tertentu, seperti vaginismus, yaitu gangguan otot sekitar vagina yang menegang sendirinya saat penetrasi seksual, sebaiknya menghindari senam kegel. MedlinePlus juga memberikan peringatan bagi wanita yang melakukan latihan kegel secara tidak benar atau berlebihan, karena bisa menyebabkan otot-otot vagina menjadi terlalu kencang. Akibatnya, kondisi ini bisa menyebabkan rasa sakit saat berhubungan seksual.

“Supaya tidak terlalu berlebihan, lakukan senam kegel setidaknya lima menit dalam sehari. Lalu, mulai perhatikan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan kamu menahan kencing dan mengontrol kinerja kandung kemih dalam beberapa minggu atau bulan.”

Tetap jaga keharmonisan rumah tangga kamu dengan produk-produk Herba Kencana. Bagi para suami dapat mengonsumsi Hitpromen, yang merupakan herbal khusus pria dan terbuat dari cabe jawa, jahe merah, purwacengm pasak bumi, dan epimedium. Hitpromen bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi ejakulasi dini serta disfungsi ereksi, meningkatkan vitalitas, stamina, libido, meningkatkan kualitas dan hubungan suami istri. Selain itu, bagi para istri bisa mengonsumsi Virquin, yang merupakan herbal khusus wanita dan terbuat dari daun sirih, ekstrak majakani dan kunyit. Virquin bermanfaat untuk mengatasi keputihan berlebihan dan bau tidak sedap pada area kewanitaan, mempercepat pemulihan luka pasca melahirkan, mengencangkan dan merapatkan area kewanitaan, serta membantu proses penyembuhan kista dan miom. Produk Herba Kencana aman dikonsumsi tanpa menimbulkan efek samping dan ketergantungan karena terbuat dari bahan-bahan alami tanpa menggunakan zat kimia maupun bahan pengawet.

Untuk pria konsumsi Hitpromen 1 kapsul stelah makan dan 2 jam sebelum berhubungan suami istri.

Untuk wanita konsumsi Virquin 1 kapsul 3x sehari.

Untuk layanan konsultasi dan penjualan, silakan hubungi 0822-7383-1818.

Facebook : https://www.facebook.com/amanahberkah1919

Instagram Haseda : https://www.instagram.com/hasedaindonesiaofficial/

Instagram Herba Kencana : https://www.instagram.com/herbakencanaofficial/

Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCMYd4NTlS0wzwgNaPTRtKZw

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *