Home » Kebugaran » Atasi Perut Kembung Dengan Olahraga
Atasi Perut Kembung Dengan Olahraga

Atasi Perut Kembung Dengan Olahraga

Kondisi tubuh yang sehat tentu akan membuat tubuh juga bisa berkativitas dengan nyaman. Namun jika ada gangguan yang terjadi, tentu akan menyebabkan ketidaknyamanan untuk bergerak maupun beraktivitas. Salah satu gangguan yang paling sering terjadi yaitu perut kembung atau begah. Tahukah kamu salah satu cara terbaik untuk mengatasi perut kembung ini bisa dengan berolahraga lho. Olahraga memang sudah terbukti memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, salah satunya untuk mengatasi perut kembung. Dan faktanya, orang yang kurang olahraga justru lebih rentan mengalami sembelit dan perut kembung lho. Kurangnya aktivitas fisik bisa memperlambat gerakan usus sehingga memicu gas tertimbun di perut. Sebaliknya, gerakan-gerakan tubuh saat berolahraga dapat memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk ke organ-organ cerna sehingga sistem pencernaan berjalan lebih lancar.

Tetapi kamu terlalu sibuk dan tidak punya banyak waktu luang untuk berolahraga? Kamu tidak perlu khawatir, berikut ini beberapa olahraga yang bisa membantu mengatasi masalah perut kembung kamu. Hanya lima menit! Penasarankan gerakan olahraga seperti apa yang dilakukan 5 menit? Simak informasinya berikut ini.

1. Kardio

Melakukan olahraga kardio selama 5 menit setiap hari bisa membantu kamu mengatasi perut kembung yang ga ada akhirnya lho. Kardio bisa meningkatkan pernapasan, detak jantung, serta merangsang otot dan saraf agar bekerja secara optimal. Kondisi ini akan merangsang kontraksi alamiah usus. Otot usus yang berkontraksi secara efisien akan memperlancar pengeluaran makanan di usus dan membantu mengeluarkan gas yang menyebabkan rasa sakit. Ada banyak jenis olahraga kardio yang bisa kamu lakukan, misalnya jalan cepat, berenang, bersepeda, dan jogging. Sebagai permulaan, lakukan kardio minimal 5-10 menit setiap hari agar tubuh bisa beradaptasi terlebih dahulu. Kalau sudah terbiasa, tingkatkan waktu latihan kardio kamu selama 25 sampai 30 menit sebanyak 3 sampai 5 kali per minggu.

2. Yoga

Setelah rutin olahraga kardio, kamu bisa melanjutkan dengan yoga untuk membantu mengatasi perut kembung. Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Research and Management tahun 2006, remaja yang sering sakit perut karena kembung cenderung sembuh secara bertahap setelah rutin beryoga selama satu jam dalam empat minggu. Nah, berikut ini adalah gerakan-gerakan yoga ringan yang bisa kamu lakukan selama lima menit setiap harinya.

  • Cat-cow

Cat-cow merupakan salah satu pose yoga yang bisa membantu melancarkan pencernaan dan perut kembung. Gerakan ini membantu mendorong gerakan usus sehingga mengurangi timbunan gas di perut. Posisikan tubuh merangkak di atas matras, lalu dorong tulang belakang ke arah atas sambil membuang napas. Tundukkan kepala kamu dan tahan selama 10 detik. Setelah itu, gerakkan bagian tubuh ke arah yang berlawanan. Lengkungkan punggung ke arah bawah dan angkat kepala kamu menghadap atas. Tahan selama 10 detik dan ulangi gerakan ini sebanyak 3 kali.

  • Torso twist

Pose yoga torso-twist berperan meningkatkan aliran dan sirkulasi darah. Hanya lima menit saja, gerakan ini bisa membantu mengatasi masalah perut kembung kamu lho! Ambil posisi nyaman dengan duduk di atas matras sambil menekuk lutut. Kemudian, angkat kaki ke arah dada sambil menyeimbangkan tulang ekor. Pada bagian tangan, tekuk siku dan letakkan tangan di depan dada, telapak tangan saling bersentuhan. Mulailah dengan merotasi tubuh bagian atas ke arah kiri, lalu berhentilah saat siku kanan bersentuhan dengan lutut kiri. Putar tubuh kembali ke tengah dan ulangi gerakan yang sama ke arah kanan. Lakukan gerakan ini sebanyak 2 sampai 3 set.

  • Extended triangle pose

Pose yoga yang satu ini dilakukan dengan posisi berdiri tegak. Taruh kaki kanan di depan kaki kiri dengan jarak 3 sampai 4 langkah. Ketika kaki kanan menghadap depan, arahkan kaki kiri menghadap ke samping atau membentuk sudut 90 derajat. Berikan tumpuan pada pinggang, lalu turunkan tangan kanan ke lantai dan angkat tangan ke arah atas hingga lurus. Tahan pose ini selama 15 detik sambil mengatur napas dengan sebaik mungkin. Ulangi gerakan yang sama pada sisi lainnya.

  • Sphinx pose

Tidak hanya meregangkan tubuh, sphinx pose juga bermanfaat untuk meregangkan organ pencernaan yang bermasalah. Ini tentu bisa mengatasi perut kembung dan masalah pencernaan lain yang kamu alami. Mulailah dengan tengkurap di atas matras dengan menekuk siku di sebelah dada. Lalu, berikan tekanan pada matras hingga mengangkat bagian tulang belakang kamu. Pertahankan posisi ini selama beberapa detik dan turunkan kembali ke posisi awal. Ulangi sebanyak 5 kali agar pencernaan semakin lancar.

  • Extended puppy pose

Ketika kamu baru saja makan porsi besar, gerakan yoga yang satu ini cocok untuk kamu lakukan. Karena gerakan ini bisa membantu merilekskan otot-otot perut sehingga membantu mengatasi perut kembung dan begah. Mulailah dengan pose merangkak, lalu arahkan tangan ke depan sehingga tulang punggung sedikit miring ke depan. Pertama-tama, tarik tubuh ke arah belakang atas hingga kepala menyentuh lantai. Tahan selama 30 sampai 60 detik, lalu kembali ke posisi semula sambil menarik napas.

Itulah olahraga yang bisa kamu lakukan, mudah bukan? Tapi kamu harus melakukannya secara rutin ya, dan lebih baik jika intenstitas waktunya ditingkatkan seiring berjalannya waktu. Karena olahrga hanya akan memberikan efek postif untuk tubuh kamu, dan tentu tidak merugikan tubuh kamu. Selain itu, tingkatkan juga daya tahan tubuh kamu dengan mengonsumsi Herbal Tetes Haseda. Haseda merupakan herbal alami yang terbuat dari 42 jenis sari buah dan sayur tanpa zat kimia maupun bahan pengawet. Haseda diproses menggunakan bio teknologi terpadu selama 9-12 bulan dan memiliki banyak manfaat seperti:

·   Memperbaiki metabolisme tubuh

·   Memperbaiki peredaran darah dan suplai oksigen

·   Mengoptimalkan penyerapan nutrisi

·   Detoksifikasi dan regenerasi sel

·   Meningkatkan daya tahan tubuh

·   Memperbaiki fungsi saraf

·   Meningkatkan stamina, kesegaran, dan gairah.

Konsumsi Haseda 3 tetes di ¼ gelas air putih 3x sehari.

Untuk layanan konsultasi dan penjualan, silakan hubungi 0822-7766-1919.

Facebook : https://www.facebook.com/amanahberkah1919

Instagram Haseda : https://www.instagram.com/hasedaindonesiaofficial/

Instagram Herba Kencana : https://www.instagram.com/herbakencanaofficial/

Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCMYd4NTlS0wzwgNaPTRtKZw

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *