Home » Serba Serbi Herba » Berbagai Macam Manfaat Daun Kelor
Berbagai Macam Manfaat Daun Kelor

Berbagai Macam Manfaat Daun Kelor

Keberagaman tentunya akan membuat kehidupan jadi lebih berwarna bukan? Sama halnya dengan tumbuhan dan tanaman yang ada di Indonesia juga beragam. Mari kita bahas salah satunya, yaitu daun kelor. Daun kelor yang memiliki nama ilmiah Moringa oleifera ini merupakan tanaman tropis yang sudah lama dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional. Tanaman ini bisa dikenali dari bentuk daunnya yang berukuran kecil, pohonnya juga mudah tumbuh dan bisa hidup walaupun di tanah yang tidak terlalu subur.

Daun kelor mengandung banyak nutisi yang sangat penting bagi kesehatan, yaitu semua unsur asam amino essensial seperti argine, histidine, isoleucine, leusine, lysine, methionine, phenylalinine, threonine, tryptophan, dan valine. Selain itu, daun kelor juga mengandung protein, lemak, beta carotene (vitamin A), thiamin (vitamin B1), riboflavin (B2), niacin (B3), vitamin C, kalsium, karbohidrat, tembaga, serat, zat besi, magnesium, dan fosfor. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari daun kelor.

1. Membantu mengatasi peradangan

Peradangan adalah respon alami tubuh terhadap infeksi atau cedera. Dan kamu bisa mengonsumsi daun kelor untuk meredakan peradangan yang kamu alami. Ekstrak daun kelor dipercaya mengandung zat yang dapat mengurangi peradangan.

2. Menurunkan kadar gula darah

Sebuah penelitian yang telah dilakukan menyebutkan bahwa daun kelor bisa menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan efektivitas kerja hormon insulin. Manfaat ini baik untuk mencegah diabetes dan terjadinya resistensi insulin.

3. Memelihara kesehatan dan fungsi otak

Kandungan antioksidan di dalam daun kelor juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan fungsi otak. Beberapa penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa asupan antioksidan yang tercukupi bisa menurunkan risiko penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson. Selain itu, daun kelor juga dipercaya baik untuk mendukung kinerja otak dan meningkatkan memori.

4. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Tidak hanya bagian daun kelor saja, kulit batang pohon kelor ternyata juga terbukti efektif menghambat pertumbuhan sel kanker, seperti kanker payudara, pankreas, dan usus besar. Manfaat daun kelor ini bisa dirasakan karena kandungan antioksidannya yang dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

5. Menjaga tekanan darah tetap stabil

Pada daun kelor terdapat banyak kandungan kalium dan antioksidan. Karena kandungan-kandungan inilah, tanaman kelor bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan menjaganya tetap stabil sehingga dapat mencegah hipertensi.

6. Meningkatkan daya tahan tubuh

Berdasarkan penelitian di laboratorium, ekstrak daun kelor diketahui dapat melindungi tubuh dari berbagai jenis kuman, seperti Salmonella typhi penyebab tifus, Escherichia coli penyebab diare, dan Staphylococcus aureus penyebab infeksi kulit. Daun kelor juga diketahui dapat melawan virus, terutama jenis virus herpes simplex (HSV).

Selain manfaat-manfaat di atas, daun kelor juga dipercaya baik untuk mengurangi kolesterol, mengatasi disfungsi ereksi, dan mencegah kambuhnya gejala asma. Maka dari itu daun kelor menjadi salah satu komposisi dari Herba Kencana Probiohit. Probiohit merupakan produk inovasi anak bangsa yang memanfaatkan bahan-bahan alami seperti madu, kayu manis, mengkudu, temulawak, daun kelor, dan 21 rempah mix. Probiohit diproses menggunakan teknologi fermentasi dingin selama 2-3 bulan sehingga menghasilkan kandungan vitamin A, B, C, K, biotin, asam folat, kalsium, kalium, antioksidan, zat besi, dan antiseptik alami. Probiohit memiliki manfaat untuk memperbaiki metabolisme, memperbaiki sirkulasi darah, membantu memelihara daya tahan tubuh, mengandung prebiotik dan probiotik alami, mengoptimalkan fungsi kinerja organ tubuh, detoksifikasi dan memperbaiki sistem saraf yang rusak.

Konsumsi Probiohit 1 sdm 3x sehari.

Untuk layanan konsultasi dan penjualan, silakan hubungi 0822-7383-1818.

Facebook : https://www.facebook.com/amanahberkah1919

Instagram Haseda : https://www.instagram.com/hasedaindonesiaofficial/

Instagram Herba Kencana : https://www.instagram.com/herbakencanaofficial/

Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCMYd4NTlS0wzwgNaPTRtKZw

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *