Home » Gangguan Penyakit » Bahaya Infeksi Saluran Kemih
Bahaya Infeksi Saluran Kemih

Bahaya Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih atau yang disingkat dengan ISK adalah kondisi di mana terjadinya infeksi pada organ yang termasuk di dalam sistem kemih, yaitu ureter, ginjal, kandung kemih, dan juga uretra. Umumnya, infeksi tersebut menyerang dua area, yaitu uretra dan juga kandung kemih. Saluran kemih atau kencing dapat dibagi menjadi dua, yakni saluran kemih atas dan bawah. Saluran kemih bagian atas terdiri dari ginjal dan ureter (saluran dari ginjal ke kandung kemih). Sementara itu, saluran kemih bagian bawah terdiri dari kandung kemih dan uretra (saluran dari kandung kemih untuk mengalirkan urine keluar tubuh).

Infeksi saluran kemih ini bisa terjadi pada semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Namun, wanita lebih sering terkena infeksi saluran kemih karena memiliki uretra yang lebih pendek sehingga lebih rentan infeksi. Menurut data Kementerian Kesehatan pada 2014, terdapat sebanyak 90 – 100 pasien infeksi saluran kemih per 100.000 penduduk di Indonesia setiap tahunnya. Pada umumnya seseorang yang terkena infeksi saluran kemih akan mengalami berbagai gejala yaitu:

  • Keinginan untuk buang air kecil yang terus terasa.
  • Rasa nyeri atau sensasi panas ketika buang air kecil (kumpulan kondisi ini disebut anyang-anyangan).
  • Urine keruh dan berbau tajam.
  • Sering buang air kecil.
  • Urine yang berdarah atau bernanah.
  • Pada wanita, umumnya pasien akan merasakan nyeri panggul, terutama di pusat panggul dan area tulang di sekitar kelamin.
  • Jika infeksi terdapat pada ginjal, pasien dapat mengalami demam, mual dan muntah, menggigil, atau nyeri punggung.
  • Jika infeksi terdapat pada kandung kemih, pasien akan merasakan tekanan pada pelvis depan (perut bawah), sering buang air kecil, dan kencing berdarah.
  • Jika infeksi terdapat pada uretra, pasien akan merasakan nyeri saat kencing dan keluarnya cairan dari uretra.

Penyebab infeksi saluran kemih yaitu bakteri Escherichia coli (E. coli) yang ditemukan pada usus. Namun, penyakit ini juga bisa disebabkan oleh bakteri jenis lain. Saat bakteri E. coli terdapat pada kulit atau dekat anus, bakteri ini dapat masuk ke saluran kencing dan berpindah ke tempat lain. Pada wanita, karena saluran kencing dan anus terletak berdekatan, risiko infeksi menjadi lebih tinggi. Bakteri juga mampu memasuki saluran kencing melalui kateter urine yang digunakan pada terapi medis. Selain itu, hubungan seksual juga dapat menyebabkan infeksi saluran kemih. Namun, bukan berarti kamu yang tidak aktif berhubungan seksual tidak bisa kena penyakit ini. Infeksi saluran kemih juga bisa terjadi akibat adanya infeksi dari area lain ke ginjal. Infeksi saluran kencing umumnya tidak menular. Meski begitu, berhubungan seksual saat ISK dapat menyebabkan nyeri. Untuk itu, kamu harus menghindarinya.

Beberapa faktor risiko terjadinya infeksi saluran kemih adalah:

  • Jenis kelamin wanita
  • Melakukan hubungan seksual yang tidak aman
  • Penggunaan kontrasepsi
  • Saluran kencing yang tidak normal
  • Penyumbatan saluran kencing
  • Sistem imun lemah
  • Pemakaian kateter
  • Arah membersihkan saluran kencing yang kurang tepat

Untuk penanganan dari medis, pasien akan diresepkan obat antibiotik selama 3 – 10 hari sebagai obat infeksi saluran kencing. Selain itu, minum banyak air putih juga diperlukan untuk membantu mengeluarkan urine. Dianjurkan untuk mengonsumsi jus buah dan vitamin C untuk meningkatkan keasaman urine yang akan akan membantu proses penyembuhan. Kamu juga dapat mengonsumsi Herba Kencana Probiohit yang mengandung vitamin A, B, C, K, biotin, asam folat, kalsium, kalium, zat besi, antioksidan, enzim, dan antiseptik alami. Probiohit merupakan produk herbal dengan komposisi bahan 100% alami yaitu mengkudu, madu, daun kelor, temulawak, kayu manis, serta 21 rempah mix tanpa zat kimia maupun bahan pengawet. Probiohit sangat bermanfaat untuk membantu proses penyembuhan 41 macam penyakit, termasuk infeksi saluran kemih.

Konsumsi Probiohit 1 sdm 3x sehari.

Untuk layanan konsultasi dan penjualan, silakan hubungi 0822-7383-1818.

Facebook : https://www.facebook.com/amanahberkah1919

Instagram Haseda : https://www.instagram.com/hasedaindonesiaofficial/

Instagram Herba Kencana : https://www.instagram.com/herbakencanaofficial/

Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCMYd4NTlS0wzwgNaPTRtKZw

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *