Home » Kebugaran » 5 Manfaat Olahraga Rutin Yang Harus Kamu Tahu
5 Manfaat Olahraga Rutin Yang Harus Kamu Tahu

5 Manfaat Olahraga Rutin Yang Harus Kamu Tahu

Olahraga merupakan aktivitas fisik yang bisa dilakukan siapa saja, tidak mengenal usia atau jenis kelamin. Banyak orang sudah mengenal manfaat olahraga sebagai pencegahan berbagai penyakit kronis. Olahraga bisa membantu tubuh menyeimbangkan kembali berbagai fungsi organ dan metabolisme. Baik karena alasan kesehatan atau menurunkan berat badan, rutinitas aktivitas fisik dapat mengubah cara kerja berbagai organ tubuh. Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, olahraga secara rutin juga baik untuk mental lho. Nah, jika kamu melakukan olahraga secara teratur, tubuh akan beradaptasi dan meningkatkan tingkat kebugaran fisik. Berikut beberapa manfaat olahraga teratur yang bisa kamu rasakan.

  1. Meningkatkan kekuatan jantung

Peningkatan kekuatan jantung ditandai dengan meningkatnya ukuran dan kekuatan otot ventrikel jantung sebelah kiri, yang berperan dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Pada orang dewasa normal yang tidak beraktivitas fisik rutin, jantung memompa sekitar 60 ml darah. Namun, orang yang memiliki aktivitas fisik rutin dapat memompa darah hingga 100 ml dalam keadaan istirahat. Selain itu, manfaat berolahraga rutin juga bisa menyebabkan detak jantung jadi lebih rendah. Hal ini karena jantung dapat bekerja lebih efisien dalam memompa darah. Kapasitas jantung juga hal penting untuk menjaga elastisitas pembuluh darah, pertumbuhan otot, dan kapasitas asupan oksigen.

2. Membentuk massa otot

Sebagai organ penggerak tubuh, otot memerlukan banyak energi yang berasal dari oksigen dan simpanan bahan makanan. Peningkatan ukuran dan massa otot disebabkan oleh otot yang telah beradaptasi dan memiliki lebih banyak pembuluh darah kapiler, mitokondria, enzim penghasil energi, serta kapasitas untuk menyimpan bahan makanan, seperti karbohidrat, glikogen, dan lemak yang lebih banyak. Pembuluh darah kapiler otot berguna membantu efisiensi kerja otot dalam menghasilkan energi melalui transportasi oksigen dan bahan makanan. Mitokondria pada sel otot membutuhkan oksigen untuk menghasilkan energi. Proses ini juga dibantu oleh myoglobin yang jumlahnya cenderung meningkat pada otot yang aktif kamu gunakan. Dengan rutin berolahraga, otot juga akan lebih menyesuaikan untuk menggunakan bahan makanan secara efektif.

3. Meningkatkan kapasitas paru-paru

Semakin tinggi intensitas olahraga kamu, maka semakin besar kebutuhan oksigen tubuh. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, paru-paru harus bisa menyimpan lebih banyak oksigen meskipun ukurannya tidak bisa bertambah besar. Salah satu manfaat olahraga adalah meningkatkan kapasitas paru-paru sehingga organ ini bisa menyimpan, menggunakan, dan mendistribusikan oksigen lebih efisien. Olahraga juga menjadikan paru-paru bekerja dengan baik tanpa terlalu sering mengambil napas. Kondisi ini akan mencegah kamu kehabisan napas lebih cepat saat berlari atau melakukan olahraga intensitas tinggi. Pada umumnya, kapasitas paru-paru jauh lebih rendah jika kamu tidak aktif beraktivitas fisik. Paru-paru yang telah mampu menghirup oksigen lebih banyak, namun cenderung memiliki tingkat asupan oksigen rendah saat dalam keadaan istirahat. Hal ini karena tubuh kamu telah terlatih untuk memenuhi dan mendistribusikan oksigen secara efisien.

4. Mempercepat regenerasi tulang

Kontraksi otot terhadap tulang selama berolahraga bermanfaat dalam membantu terjadinya proses regenerasi tulang oleh sel tulang yang baru. Proses ini terjadi secara perlahan dan bertahap. Proses regenerasi tulang dapat kamu rasakan melalui semua jenis olahraga, khususnya latihan ketahanan yang dapat melatih kekuatan otot. Regenerasi bermula pada lapisan tulang bagian luar hingga ke bagian dalam. Regenerasi tulang pada umumnya terjadi pada kelompok tulang aksial (tulang belakang, rusuk, tengkorak dan sternum) dan tulang anggota gerak (tulang panjang pada lengan atas dan paha, tulang pundak, tulang pinggang dan pelvis).

5. Memperbaiki suasana hati

Beraktivitas fisik melalui olahraga bisa membantu kamu untuk menstimulasi otak melepaskan senyawa kimia tertentu yang bisa memperbaiki mood, membuat kondisi tubuh lebih rileks, dan mengurangi gejala stres, gangguan kecemasan, dan depresi. Olahraga secara rutin mampu meningkatkan sensitivitas otak terhadap hormon serotonin dan norepinefrin yang mampu meredakan depresi. Selain itu, manfaat olahraga juga terbukti meningkatkan produksi hormon endorfin untuk menghasilkan perasaan positif. Penampilan diri yang mengalami peningkatan setelah berolahraga rutin, misalnya berhasil mengurangi berat badan berlebih, bisa meningkatkan rasa percaya diri terhadap pandangan orang lain.

Dapatkan manfaat maksimal dari berolahraga secara rutin dengan mengonsumsi Herba Kencana Probiohit. Probiohit merupakan produk herbal yang menggunakan bahan 100% alami yaitu mengkudu, daun kelor, kayu manis, madu, temulawak dan 21 rempah mix tanpa zat kimia maupun bahan pengawet. Probiohit juga dapat menyembuhkan 41 macam penyakit tanpa efek samping dan ketergantungan.

Konsumsi secara rutin Probiohit 1 sdm 3x sehari setiap hari.

Untuk layanan konsultasi dan penjualan, silakan hubungi 0822-7383-1818.

Facebook : https://www.facebook.com/amanahberkah1919

Instagram Haseda : https://www.instagram.com/hasedaindonesiaofficial/

Instagram Herba Kencana : https://www.instagram.com/herbakencanaofficial/

Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCMYd4NTlS0wzwgNaPTRtKZw

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *