Home » Kebugaran » Sudah Tahukah Kamu Apa Itu Olahraga Kardio?
Sudah Tahukah Kamu Apa Itu Olahraga Kardio?

Sudah Tahukah Kamu Apa Itu Olahraga Kardio?

Salah satu cara meraih kebugaran jasmani adalah dengan berolahraga secara rutin. Dan tidak sedikit orang yang memilih olahraga kardio sebagai opsi, karena olahraga ini bisa meningkatkan daya tahan, membakar lemak tubuh, dan menurunkan berat badan. Seperti pribahasa “sambil menyelam minum air”, banyak manfaat yang bisa didapat. Namun sebelum kamu memulai olahraga kardio, sudah tahukah kamu apa yang dimaksud olahraga kardio? Kalau belum, simak terlebih dahulu artikel dibawah ini yuk.

Olahraga kardio atau kardiovaskular adalah serangkaian aktivitas fisik yang dapat membantu meningkatkan kekuatan jantung dan paru-paru. Sehingga selama berolahraga kardio, organ pernapasan kamu akan dilatih untuk bernapas lebih cepat dan dalam. Kondisi ini kemudian meningkatkan kadar oksigen dalam darah dan membantu kamu memanfaatkan oksigen secara efisien.

Dikutip dari Mayo Clinic, ketika kamu berolahraga kardio maka jantung, paru-paru, dan pembuluh darah secara efisien mengirimkan oksigen dalam jumlah besar ke seluruh bagian tubuh kamu. Hasilnya, kamu akan merasa lebih berenergi dan tidak cepat lelah. Selain itu, peningkatan kadar oksigen dalam sel dan jaringan tubuh juga bisa mempercepat proses pembakaran cadangan lemak sehingga membantu kamu menurunkan berat badan.

Olahraga kardio sangat memengaruhi kesehatan organ jantung, paru-paru, dan pembuluh darah. Selain itu, aktivitas ini juga memiliki manfaat lain bagi kebugaran tubuh seperti berikut ini.

  • Membantu menurunkan berat badan serta mempertahankannya apabila dikombinasikan dengan asupan diet sehat dan seimbang.
  • Meningkatkan stamina dan kebugaran tubuh. Selain itu, aktivitas ini juga meningkatkan kebugaran jantung, paru-paru, otot, dan tulang dari waktu ke waktu.
  • Mengaktifkan sistem kekebalan tubuh sehingga terhindar dari berbagai infeksi virus ringan, seperti batuk dan flu.
  • Mengurangi berbagai risiko penyakit kronis, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, diabetes, dan jenis kanker tertentu.
  • Membantu mengelola sejumlah kondisi kesehatan, seperti menurunkan tekanan darah dan mengontrol kadar gula darah.
  • Berolahraga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL). Selain itu, berolahraga juga bisa meningkatkan sifat antioksidan dan anti-inflamasi dari HDL.
  • Membantu meningkatkan suasana hati dengan mengurangi efek stres dan depresi. Hal ini juga berdampak pada peningkatan kualitas tidur seseorang.

Olahraga kardio memang tidak selamanya harus dilakukan dengan berlari atau jogging. Konsep dasar olahraga kardio atau kardiovaskular adalah serangkaian aktivitas fisik yang akan memacu kinerja organ jantung dan paru-paru, sekaligus meningkatkan kekuatan dan kesehatannya.

Nah, beikut ini beberapa olahraga kardio yang bisa kamu lakukan di dalam rumah maupun diluar rumah, yaitu:

  1. Naik turun tangga

Naik turun tangga merupakan metode latihan yang bagus untuk meningkatkan kesehatan organ jantung dan paru-paru. Kamu bisa dengan mudah menemukan tangga di mana saja, entah itu di taman, kantor, ataupun bangunan apartemen yang kamu tinggali. Saat melakukan olahraga naik turun tangga, kamu bisa mendaki cepat, lari melompati satu anak tangga, atau lompat menyamping (lateral high knee). Lakukan tiga kali repetisi naik turun tangga untuk melengkapi setiap setnya.

2. Berenang

Berenang adalah salah satu olahraga kardio yang melibatkan gerakan seluruh tubuh. Aktivitas ini punya beragam manfaat yang tak terhitung jumlahnya, termasuk sebagai latihan pernapasan untuk mengoptimalkan kapasitas dan kinerja paru-paru, meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas otot, hingga memperbaiki kepadatan tulang pada orang dewasa. Lakukan beberapa putaran renang dengan gaya andalan kamu, misalnya gaya bebas, gaya dada, atau gaya kupu-kupu. Jangan gaya batu ya!

3. Lompat Tali

Lompat tali adalah salah satu metode kardio dan paling ampuh membakar lemak yang bisa dilakukan di rumah, di gym, bahkan saat traveling. Hanya dengan 20 menit, kamu bisa membakar sekitar 220 kalori.

4. Zumba

Zumba merupakan olahraga kardiovaskular paling populer untuk para wanita maupun pria segala usia karena konsepnya yang asik untuk diikuti. Biasanya olahraga ini berlangsung selama 60 sampai 90 menit dan sanggup membakar sekitar 400 kalori. Walaupun lama, dijamin waktu akan terasa sangat cepat dengan olahraga zumba! Bagi kamu yang tidak jago dance, jangan khawatir karena zumba mudah diikuti oleh semua orang. Kamu bisa melakukan olahraga ini di rumah dengan mencari video zumba di youtube atau mengikuti kelas zumba yang juga ditawarkan di beberapa pusat kebugaran.

5. Bersepeda

Bersepeda, baik menggunakan sepeda statis ataupun sepeda biasa, merupakan salah satu jenis olahraga kardio. Hal ini dikarenakan dengan bersepeda, kinerja jantung, paru-paru, dan sistem sirkulasi akan meningkat. Selain itu, bersepeda secara teratur juga mampu menurunkan tingkat kolesterol jahat di dalam darah, menguatkan otot jantung, dan menurunkan tekanan darah. Bersepeda juga sering dijadikan sebagai pemanasan sebelum memulai sesi olahraga selanjutnya.

6. HIIT

HIIT (High Intensity Interval Training) merupakan jenis olahraga kardio terbaru dan paling efektif membakar lemak. Olahraga HIIT menggunakan intensitas yang tinggi sehingga membutuhkan durasi lebih singkat dibandingkan olahraga lainnya. HIIT yang dilakukan dengan benar dapat memaksimalkan pembakaran lemak dan meningkatkan metabolisme tubuh selama 24 jam.

Banyak variasi olahraga HIIT yang bisa kamu coba di rumah maupun di gym:

  • Dengan hanya menggunakan body weight (berat badan tubuh) seperti jumping jacks, jump squats, lunges, plank, atau pushups.
  • Menggunakan beban seperti dumbell, kettlebell, resistance bands dan lainnya.
  • Dengan mengombinasikan body weight and weight training.

Biasanya setiap gerakan dilakukan selama 30 detik dan istirahat selama 10 detik setelah setiap gerakan, lalu diulangi hingga total waktu 20 menit. Tentunya kamu bisa mengubah waktu sesuai dengan batas kemampuan sendiri.

Kamu bisa mencari banyak inspirasi HIIT di media sosial atau YouTube. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan dan pendinginan untuk mencegah cedera ya!

Nah, itu dia beberapa olahraga kardio yang dapat kamu lakukan. Kamu harus ingat, apapun olahraganya, itu semua baik untuk tubuh. Yang tidak baik adalah ketika kamu terus menunda untuk berolahraga.

Sempurnakan juga kesehatan tubuh kamu dengan mengonsumsi Herba Kencana Probiohit. Probiohit merupakan herbal yang memiliki komposisi 100% bahan alami pilihan, yaitu madu, mengkudu, kayu manis, daun kelor, temulawak, dan 21 rempah mix. Semua komposisi tersebut diproses menggunakan teknologi fermentasi dingin selam 2-3 bulan, sehingga menghasilkan kandungan-kandungan yang bermanfaat untuk tubuh. Probiohit merupakan herbal alami tanpa menggunakan zat kimia maupun bahan pengawet, serta aman dikonsumsi jangka panjang.

Konsumsi Probiohit 1 sdm 3x sehari.

Untuk layanan konsultasi dan penjualan, silakan hubungi 0822-7383-1818.

Facebook : https://www.facebook.com/amanahberkah1919

Instagram Haseda : https://www.instagram.com/hasedaindonesiaofficial/

Instagram Herba Kencana : https://www.instagram.com/herbakencanaofficial/

Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCMYd4NTlS0wzwgNaPTRtKZw

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *