Home » Kebugaran » Olahraga Yang Bisa Kamu Lakukan Di Malam Hari
Olahraga Yang Bisa Kamu Lakukan Di Malam Hari

Olahraga Yang Bisa Kamu Lakukan Di Malam Hari

Olahraga adalah aktivitas fisik yang dapat membantu menjaga dan meningkatkan kebugaran tubuh kamu. Tetapi dengan rutinitas yang padat setiap harinya terkadang membuat beberapa orang melewatkan olahraga. Padahal, olahraga tidak hanya bisa dilakukan pada pagi atau sore hari, namun bisa dilakukan di malam hari. Bukan hanya alasan tidak memiliki waktu luang di pagi sampai sore hari, banyak juga orang memilih olahraga di malam hari untuk menghindari panas terik matahari. Namun, tidak sedikit orang juga yang masih ragu mengenai efek olahraga malam sebelum tidur. Padahal, menurut studi pada Journal Of Sleep Research menunjukkan olahraga malam dengan intensitas sedang hingga tinggi tidak mengganggu kualitas tidur seseorang. Olahraga di malam hari bahkan bisa membantu kamu tidur lebih nyenyak. Lalu, olahraga apa saja yang bisa kamu lakukan pada malam hari? Agar aman, apa saja hal-hal yang perlu kamu perhatikan? Berikut ini informasinya.

1. Jalan santai

Olahraga yang satu ini menjadi olahraga yang banyak dilakukan terutama pada lansia. Jalan santai bisa dilakukan pada pagi, siang, atau bahkan malam hari. Kalau aktivitas kamu seharian hanya duduk dan jarang bergerak, maka berjalan kaki selama 30 menit pada malam hari bisa jadi pilihan olahraga yang cukup memadai. Ada banyak manfaat jalan kaki bagi kesehatan fisik maupun mental kamu, mulai dari membantu menurunkan berat badan, melawan stres dan depresi, hingga sebagai sarana meditasi mengeluarkan pikiran negatif sebelum tidur.

2. Yoga

Yoga adalah salah satu olahraga yang terbilang cukup aman kamu lakukan pada malam hari. Gerakan yoga bisa membantu melepaskan lelah dan membuat tubuh serta pikiran kamu menjadi rileks sebelum kamu tidur. Kamu bisa melakukan pose yoga yang mudah dan sederhana, seperti child’s pose atau forward fold. Tidak perlu repot menyiapkan matras, kamu juga bisa berlatih di atas kasur. Selain bermanfaat untuk menghilangkan penat, jenis olahraga yang satu ini juga bisa melancarkan peredaran darah, dan mengatur pernapasan sehingga tidur pun akan nyenyak.

3. Weight lifting

Weight lifting merupakan olahraga angkat beban yang berfokus pada kekuatan dan ketahanan. Angkat beban bisa dilakukan menggunakan karet olahraga ataupun menggunakan berat badan sendiri,seperti push-up, lunge, dan crunch. Olahraga satu ini bisa kamu jadikan pilihan olahraga di malam hari setelah pulang bekerja. Tidak harus selalu mengangkat beban yang berat, kamu juga bisa lakukan weight lifting dengan intensitas yang ringan.

4. Tai chi

Tai chi merupakan gabungan seni dan olahraga kebugaran yang bertujuan melatih keseimbangan tubuh dan pikiran. Gerakan-gerakan tai chi menyerupai aliran air yang tenang. Itulah mengapa orang yang berlatih tai chi akan perlahan-lahan memasuki kondisi yang sangat rileks seperti sedang bermeditasi. Nah, jika kamu melakukan olahraga ini pada malam hari, tubuh akan merasakan manfaat seperti memperlancar aliran darah ke otak, meningkatkan kualitas tidur yang lebih nyenyak, dan tubuh akan menjadi lebih rileks.

5. Latihan pernapasan

Jika sudah merasa sangat lelah untuk melakukan macam-macam olahraga di malam hari seperti empat olahraga diatas, latihan pernapasan juga bisa memberikan manfaat maksimal sebelum kamu tidur. Latihan pernapasan dalam bisa kamu lakukan sambil berbaring di tempat tidur atau duduk tegak sehingga kondisi tulang punggung lurus. Lakukan pernapasan perut dengan menarik napas dalam, lambat, dan berkelanjutan. Tarik napas perlahan, tahan, dan buang napas secara perlahan juga. Latihan pernapasan membuat pikiran kamu rileks untuk beristirahat dan mempersiapkan aktivitas pada hari berikutnya.

Beberapa hal yang harus kamu ketahui sebelum berolahraga pada malam hari agar aman dan menghindari risiko cedera olahraga adalah:

  • Mengatur waktu.

Sebaiknya kamu melakukan aktivitas olahraga 3 sampai 4 jam sebelum waktu tidur. Olahraga berdekatan dengan waktu tidur justru akan membuat kamu sulit tidur. Hal ini karena tubuh akan memproduksi hormon endorfin yang akan meningkatkan semangat kamu selama berolahraga.

  • Menurunkan durasi dan intensitas.

Kamu perlu melambatkan ritme olahraga dari biasanya. Olahraga di malam hari perlu kamu lakukan dengan kecepatan dan daya yang jauh lebih lambat, agar tubuh mudah mengatur detak jantung, irama pernapasan, dan menjaga kadar hormon tetap normal.

  • Pemanasan dan pendinginan.

Jangan lupakan kedua hal ini sebelum dan setelah berolahraga. Hal ini sangat berguna untuk mengendurkan otot, menjaga sirkulasi darah, dan membantu kamu mempersiapkan tidur lebih nyenyak.

Sempurnakan juga kesehatan kamu dengan mengonsumsi Herbal Tetes Haseda. Haseda merupakan produk herbal inovasi anak bangsa yang diproses menggunakan bio teknologi terpadu selama 9-12 bulan. Haseda memiliki komposisi 42 jenis sari buah dan sayur yang memiliki banyak manfaat, seperti memperbaiki metabolisme tubuh, memperbaiki peredaran darah dan suplai oksigen, mengoptimalkan penyerapan nutrisi, detoksifikasi dan regenerasi sel, meningkatkan daya tahan tubuh, memperbaiki fungsi saraf, serta meningkatkan stamina, kesegaran, dan gairah.

Konsumsi Haseda 3 tetes di ¼ gelas air putih 3x sehari.

Untuk layanan konsultasi dan penjualan, silakan hubungi 0822-7766-1919.

Facebook : https://www.facebook.com/amanahberkah1919

Instagram Haseda : https://www.instagram.com/hasedaindonesiaofficial/

Instagram Herba Kencana : https://www.instagram.com/herbakencanaofficial/

Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCMYd4NTlS0wzwgNaPTRtKZw

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *