Home » Kebugaran » Obati Cedera Otot Paha Dengan Melakukan Hal Ini
Obati Cedera Otot Paha Dengan Melakukan Hal Ini

Obati Cedera Otot Paha Dengan Melakukan Hal Ini

Cedera otot merupakan salah satu risiko yang paling umum dan harus kamu hadapi saat berolahraga. Salah satu cedera yang mungkin kamu hadapi adalah cedera otot paha, sebab bagian tubuh ini cenderung paling banyak digunakan saat beraktivitas fisik sehingga rentan mengalami cedera. Lalu, bagaimana cara mengobati cedera otot paha dengan metode yang benar dan aman? Kamu harus baca selengkapnya di bawah ini.

Dikutip dari American Academy of Orthopaedic Surgeons, paha terdiri dari tiga bagian otot yang kuat, yakni hamstring, quadriceps, dan adductor. Kelompok otot hamstring dan quadriceps lebih berisiko mengalami ketegangan atau cedera, karena keduanya akan bergerak aktif saat kamu berolahraga, misalnya sepak bola, basket, atau berlari.

Apabila otot paha mengalami cedera, kamu mungkin akan mengalami beberapa tanda dan gejala, seperti rasa nyeri tiba-tiba, memar, bengkak, hingga kesulitan menggerakkan kaki secara normal. Sebagai penanganan darurat, yang harus pertama kali kamu lakukan adalah mengurangi nyeri dan bengkak dengan prinsip RICE (Rest, Ice, Compress, dan Elevation).

  1. Rest

Setelah mengalami cedera, segera istirahat dari segala aktivitas yang bisa memicu ketegangan pada otot paha kamu. Beristirahat juga bisa mengurangi tekanan dan nyeri, serta hindari keadaan yang bisa memperparah atau menghambat proses pemulihan cedera. Kamu bisa berhenti melakukan aktivitas fisik selama 24 hingga 48 jam, tergantung dari kondisi cedera otot paha yang dialami. Pada beberapa kondisi, dokter juga akan menyarankan penggunaan alat bantu tongkat kruk untuk menghindari beban pada kaki kamu.

2. Ice

Suhu dingin dari kompres es bisa membantu kamu mengatasi cedera otot paha dengan cara mengurangi rasa sakit dan bengkak yang ditimbulkan. Gunakan kompres es selama 10 hingga 20 menit, sebanyak 3 kali atau lebih dalam sehari. Hindari mengoleskan es secara langsung ke kulit kamu, hal ini untuk menghindari radang dingin yang bisa memicu kerusakan jaringan akibat suhu terlalu dingin. Kamu bisa menggunakan handuk untuk membungkus bongkahan es atau celupkan pada air dingin. Jika pembengkakan hilang setelah 48 hingga 72 jam, Kamu bisa memakai kompres hangat untuk melancarkan aliran darah kembali di sekitar area cedera setelahnya.

3. Compress

Pemberian perban akan memberikan sedikit tekanan pada sekitar area cedera yang bertujuan untuk mencegah adanya pembengkakan tambahan. Kamu bisa menggunakan perban atau pembalut elastis untuk cedera yang umumnya tersedia di apotek. Saat mengobati cedera otot paha, perhatikan untuk tidak membungkusnya terlalu erat. Hal ini malah bisa memperparah pembengkakan. Jika kamu merasakan tanda-tanda perban terlalu kencang, seperti mati rasa, kesemutan, atau rasa sakit yang meningkat, lebih baik segera longgarkan. Perban hanya efektif maksimal hingga 72 jam. Apabila lebih dari itu, konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan dan mencegah masalah yang lebih serius.

4. Elevation

Menjaga kaki kamu tetap terangkat atau ditopang di atas bantal selama 48 jam setelah cedera bisa membantu mengurangi pembengkakan. Selama istirahat dan berbaring, kamu sekaligus bisa menggunakan kompres es secara berkala untuk mengurangi rasa nyeri. Usahakan agar area yang mengalami cedera sejajar atau lebih tinggi dari jantung kamu. Hal ini sebagai salah satu cara mengobati cedera otot paha yang bertujuan untuk mengurangi pembengkakan pada area cedera.

Minum obat-obatan pereda nyeri juga bisa membantu menangani rasa sakit yang kamu alami.

Jangan lupa juga mengonsumsi Probiohit untuk menjaga daya tahan tubuh. Herba Kencana Probiohit terbuat dari bahan 100% alami yaitu mengkudu, daun kelor, temulawak, kayu manis, madu, serta 21 rempah mix. Probiohit diproses tanpa menggunakan zat kimia dan bahan pengawet, sehingga aman dikonsumsi tanpa efek samping dan ketergantungan.

Konsumsi Probiohit 1 sdm 3x sehari.

Untuk layanan konsultasi dan penjualan, silakan hubungi 0822-7383-1818.

Facebook : https://www.facebook.com/amanahberkah1919

Instagram Haseda : https://www.instagram.com/hasedaindonesiaofficial/

Instagram Herba Kencana : https://www.instagram.com/herbakencanaofficial/

Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCMYd4NTlS0wzwgNaPTRtKZw

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *