Home » Serba Serbi Herba » Manfaat Kayu Manis Yang Tidak Boleh Dilewatkan
Manfaat Kayu Manis Yang Tidak Boleh Dilewatkan

Manfaat Kayu Manis Yang Tidak Boleh Dilewatkan

Indonesia sendiri dikenal dengan banyaknya rempah-rrmpah alami. Rempah-rempah ini tidak hanya digunakan untuk menambah cita rasa masakan, tetapi juga dimanfaatkan untuk kesehatan. Salah satunya adalah kayu manis. Aromanya yang khas membuat kayu manis banyak digunakan untuk campuran kue atau taburan minuman. Tidak hanya itu, rempah dari pohon Cinnamomum verum ini juga memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Beberapa kandungan yang ada pada kulit batang kayu manis bahkan mampu mengobati berbagai penyakit. Mulai dari penyakit ringan hingga kronis. Salah satu kandungan yang sangat berperan adalah kandungan antioksidan. Kandungan ini sangat tinggi dalam kayu manis sehingga berperan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh terhindar dari serangan berbagai bakteri, kuman dan virus penyebab penyakit. Berikut ini beberapa manfaat kayu manis yang harus kamu tahu.

  1. Melindungi tubuh dari radikal bebas

Seperti informasi diatas, kayu manis mengandung antioksidan yang tinggi. Hal inilah yang membuat tubuh terlindungi dari bahaya radikal bebas. Jenis kandungan ini sangat berguna untuk melawan oksidasi dalam tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas. Jika radikal bebas dibiarkan saja masuk ke dalam tubuh, maka tubuh menjadi rentan terkena berbagai macam penyakit. Mulai dari diabetes, jantung hingga kanker.

2. Baik untuk kesehatan jantung

Antioksidan polifenol yang terkandung pada kayu ternyata dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Ini karena senyawa yang terdapat dalam kayu manis mampu mengurangi tekanan darah, serta kadar trigliserida dan kolesterol buruk. Kandungan kayu manis juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik yang berfungsi untuk mengoptimalkan kesehatan jantung. Selain itu, kayu manis juga mengandung kumarin yang dapat mencegah penyempitan pembuluh darah dan penggumpalan darah.

3. Menurunkan kadar gula darah

Pada kayu manis terdapat sifat antidiabetik yang sangat efektif untuk menurunkan gula darah dalam tubuh. Kayu manis ini dapat bekerja seperti insulin, yaitu hormon yang bertugas untuk mengeluarkan gula dari aliran darah. Bahkan kayu manis juga bermanfaat untuk membantu memperlambat penguraian karbohidrat di usus, serta mencegah meningkatnya kadar gula darah setelah makan. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan juga menunjukkan bahwa kayu manis bisa membantu menstabilkan kadar glukosa dan lipid pada penderita diabetes tipe 2.

4. Melawan bakteri dan jamur

Kandungan antibakteri dan antijamur pada kayu manis mempunyai banyak manfaat untuk tubuh. Salah satunya dapat mencegah berbagai infeksi penyakit yang disebabkan oleh bakteri maupun jamur. Seperti bakteri E.coli, Salmonella, atau Staphylococcus. Bukan hanya itu, sifat antibakteri dan antijamur juga bermanfaat untuk mengurangi bau mulut, mencegah kerusakan gigi hingga mempercepat proses penyembuhan luka.

5. Baik untuk kesehatan otak

Manfaat kayu manis yang satu ini dapat membantu melindungi neuron, meningkatkan neotransmitter yang dinormalisasi dan meningkatkan fungsi motorik. Manfaat ini juga bisa mencegah penyakit degeneratif seperti Parkinson dan Alzheimer yang ditandai dengan hilangnya struktur dan fungsi sel-sel otak secara bertahap.

6. Meringankan gejala menstruasi

Mungkin bagi sebagian wanita, menjelang dan saat menstruasi adalah periode yang sangat menyakitkan, karena terjadinya peluruhan dinding rahim. Kondisi ini disebut dengan PMS atau Sindrom Pramenstruasi. Gejala yang timbul dari setiap wanita bisa berbeda-beda. Mulai dari nyeri perut bagian bawah, nyeri pinggang, mual, muntah bahkan sebagian wanita bisa pingsan. Namun siapa sangka kayu manis juga bermanfaat untuk meringankan gejala ini. Kayu manis mampu meredakan rasa nyeri saat haid, serta menenangkan perut dari kontraksi.

7. Membantu proses penurunan berat badan

Kabar baik bagi orang-orang yang sedang menjalani program penurunan berat badan, kayu manis juga dapat membantu proses ini. Karena kandungan dari kayu manis dapat membantu dalam penurunan lemak dan pengurangan lingkar pinggang. Bahkan kayu manis juga bisa membantu mengurangi respon negatif terhadap makanan berlemak tinggi yang dapat menyebabkan naiknya berat badan.

8. Mencegah penuaan dini

Tidak hanya sampai penurunan berat badan, fakta menarik lainnya ternyata kayu manis juga berguna untuk mencegah penuaan dini. Kandungan yang terdapat dalam kayu manis bisa meningkatkan kolagen, elastisitas dan hidrasi pada kulit. Hal ini secara tidak langsung bisa mencegah terjadinya kerutan-kerutan halus pada wajah dan penggelapan kantung mata. Tidak hanya itu, sifat antibakteri yang terdapat pada kayu manis juga dapat melindungi kulit dari bakteri atau kuman penyebab jerawat.

9. Anti kanker

Sifat antioksidan memang menjadi peranan penting bagi kesehatan tubuh. Sifat ini juga yang memberikan manfaat anti kanker. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kayu manis dapat membantu tubuh membunuh jenis sel kanker tertentu, termasuk sel kanker kulit.

Nah, itulah beberapa dari banyaknya manfaat kayu manis. Bagi kamu yang sudah terlalu sibuk dengan rutinitas, namun masih ingin menjaga kesehatan, kamu tidak perlu khawatir. Karena saat ini telah hadir produk herbal yang bisa kamu konsumsi dimanapun tanpa harus repot menyiapkan bahan-bahan terlebih dahulu. Herba Kencana Probiohit, merupakan produk yang terbuat dari bahan-bahan alami tanpa menggunakan zat kimia maupun bahan pengawet. Probiohit memiliki komposisi mengkudu, daun kelor, madu, temulawak, kayu manis dan 21 rempah mix lainnya. Smeua komposisi tersebut diproses menggunakan fermentasi dingin selama 2-3 bulan. Sehingga menghasilkan banyak manfaat yaitu:

  • Memperbaiki metabolisme
  • Memperbaiki sirkulasi darah
  • Membantu memelihara daya tahan tubuh
  • Mengandung prebiotik dan probiotik alami
  • Mengoptimalkan fungsi kinerja organ tubuh
  • Detoksifikasi racun dalam tubuh
  • Membantu memperbaiki sistem saraf yang rusak

Konsumsi Probiohit 1 sdt 3x sehari.

Untuk layanan konsultasi dan penjualan, silakan hubungi 0813 6210 1818 .

Facebook : https://www.facebook.com/amanahberkah1919

Instagram Haseda : https://www.instagram.com/hasedaindonesiaofficial/

Instagram Herba Kencana : https://www.instagram.com/herbakencanaofficial/

Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCMYd4NTlS0wzwgNaPTRtKZw

Add a Comment

Your email address will not be published.