Home » Serba Serbi Herba » Ketahui Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan
Ketahui Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan

Ketahui Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan

Daun sirih tentu sudah tidak asing lagi bagi kaum wanita. Herbal asli Indonesia ini biasa digunakan sebagai pembersih area kewanitaan. Namun tidak hanya itu saja, karena masih banyak manfaat daun sirih bagi kesehatan para wanita. Kamu sudah penasaran apa saja manfaatnya? Sebelum itu, mari kita bahas terlebih dahulu kandungan dari daun sirih.

Kandungan senyawa yang aktif pada daun sirih dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Daun yang termasuk keluarga tumbuhan Piperaceae ini mengandung minyak atsiri yang terdiri dari daro betlephenol, kavikol, seskuiterpen, hidroksikavikol, cavibetolm estragol, eugenol, dan karvakrol. Selain itu, daun sirih juga kaya kandungan vitamin, seperti vitamin C, niasin, tiamin, karoten, dan riboflavin untuk menyembuhkan serta merawat kesehatan. Daun sirih tergolong sebagai tanaman yang mengandung banyak air. Sekitar 85-90% daun sirih terdiri dari air. Karena itulah daun sirih juga rendah kalori dan rendah lemak. Per 100 gram daun sirih hanya mengandung 44 kalori dan 0,4-1% lemak.

Berikut ini beberapa manfaat daun sirih.

  1. Bantu Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Pertumbuhan bakteri sangat rentan terjadi pada mulut dan gigi. Sejak zaman dahulu, mengunyah daun sirih adalah sebuah kebiasaan yang dipercaya dapat menjaga kebersihan dan kesehatan mulut dan gigi. Ternyata, kebiasaan tradisional ini sudah terbukti secara ilmiah. Mengunyah daun sirih atau berkumur dengan air rebusan daun sirih dapat menghambat pertumbuhan bakteri mulut. Daun sirih juga membantu mencegah gigi berlubang, karena kandungannya dapat melawan asam yang dihasilkan oleh bakteri mulut. Dengan mengunyah daun sirih, produksi air liur akan meningkat. Air liur mengandung banyak jenis protein dan mineral yang baik untuk menjaga kekuatan gigi dan mencegah penyakit pada gusi. Air liur juga dapat membantu membersihkan sisa-sisa makanan dan kotoran yang masih menempel pada gigi. Daun sirih juga berfungsi mencegah timbunan plak yang nantinya menjadi karies gigi yang disebabkan oleh bakteri semacam Streptococci, Lactobacilli, Staphylococci, Corynebacteria, Porphyromonas gingivalis, dan Treponema denticola.

2. Baik untuk Saluran Pencernaan

Manfaat daun sirih diketahui dapat membantu melindungi kesehatan saluran cerna. Daun sirih membantu meningkatkan produksi lendir yang mencegah luka pada dinding usus dan lambung. Daun sirih juga dikenal efektif untuk meredakan gejala GERD dan mengurangi nyeri lambung. Daun sirih meningkatkan kesehatan saluran cerna dengan menormalkan tingkat Ph lambung yang berfungsi untuk meredakan maag, asam lambung naik, dan nyeri akibat perut kembung. Daun sirih meningkatkan sistem metabolisme saluran pencernaan dan membuatnya bekerja lebih baik dalam membuang semua limbah yang ada pada tubuh. Karena, daun sirih memproduksi air yang mengikat dan melembutkan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga dapat melawan mikroba pada usus, yaitu E.coli yang sering mengakibatkan diare.

3. Bantu Mengobati Mimisan

Manfaat daun sirih yang lain adalah untuk membantu mengobati mimisan atau hidung yang berdarah. Caranya, masukkan gulungan daun sirih yangmasih segar ke dalam hidung yang sedang mimisan. Dalam 30 menit, pendarahan pada hidung akan berhenti. Hal ini karena daun sirih memiliki kandungan antioksidan tannin, yang bantu mempercepat respon tubuh untuk proses penyembuhan luka. Daun sirih dapat membekukan darah dengan cepat dan menutup luka sobekan pada pembuluh darah di dalam hidung. Daun sirih juga diketahui dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yang membantu luka dan peradangan agar cepat sembuh.

4. Bantu Turunkan Kolesterol

Daun sirih memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Penelitian menemukan bahwa salah satu manfaat daun sirih adalah membantu menurunkan kadar kolesterol, trigliserida, kolesterol jahat (LDL) dan membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Kadar kolesterol dan trigliserida yang tinggi dimobilisasi oleh plasma ke hati, yang kemudian dihilangkan dalam bentuk asam empedu. Antioksidan eugenol dalam daun sirih bekerja melawan radikal bebas yang memicu berbagai stress oksidatif penyebab berbagai penyakit kronis pada tubuh. Selain itu, daun sirih juga membantu mengurangi jumlah lemak total dalam darah.

5. Percepat Penyembuhan Luka Bakar

Manfaat daun sirih juga berlaku untuk mempercepat penyembuhan luka luar, seperti luka bakar. Biasanya, orang yang baru saja mengalami luka bakar juga mengalami peningkatan yang cukup tinggi terhadap stress oksidatif dalam tubuhnya. Dan, stress oksidatif ini yang nantinya menghambat proses penyembuhan luka tersebut. Daun sirih adalah antiseptik alami yang ampuh. Dengan kandungan polifenolnya, Terutama chavicol, daun sirih mampu memberikan perlindungan ganda untuk mencegah infeksi kuman terhadap luka sekaligus menyembuhkannya. Daun sirih juga mengandung minyak atsiri yang memiliki sifat antibakteri. Sehingga, dapat membantu mencegah infeksi yang disebabkan oleh bakteri.

6. Bantu Turunkan Diabetes Tipe 2

Manfaat daun sirih yang satu ini datang dari kandungan antioksidannya yang tinggi, yang bisa mengurangi stress oksidatif. Stress oksidatif dapat memicu kerusakan sel-sel tubuh, mengakibatkan ketidakseimbangan pada hormon insulin. Ditambah, daun sirih tidak memiliki efek samping yang perlu dikhawatirkan.

7. Bantu Redakan Asma

Daun sirih ternyata juga bermanfaat untuk redakan penyakit asma. Asma adalah penyakit yang timbul akibat terjadinya peradangan. Sementara daun sirih memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi, yang dapat mencegah dan mengobati kambuhnya asma. Sifat anti-inflamasi daun sirih diketahui terkandung dalam minyak sirih dan polifenolnya. Penelitian juga membuktikan bahwa terdapat aktifitas antihistamin pada daun sirih yang dapat membantu menurunkan asma bronkial.

8. Mengobati Masalah Kulit

Daun sirih juga bermanfaat untuk mengobati berbagai permasalahan kulit seperti jerawat, flek hitam, alergi dan sejenisnya. Khasiat anti-mikroba dalam daun sirih dapat membantu atasi sariawan, alergi, gatal-gatal, dan bahkan bau badan. Manfaat daun sirih ini diperoleh karena sirih mengandung antioksidan chavicol, zat anti-radang, dan antibakteri yang dipercaya dapat mengobati jerawat radang dan gatal di wajah.

9. Menjaga Kesehatan Organ Kewanitaan

Telah banyak produk pembersih area kewanitaan yang memanfaatkan kandungan pada daun sirih. Namun sebenarnya, area kewanitaan tidak perlu dibersihkan menggunakan sabun pembersih. Karena, pada dasarnya vagina telah memiliki sistem pembersih otomatisnya sendiri. Kamu cukup menjaga area kewanitaan agar tetap bersih dan kering, gunakan celana dalam berbahan katun dan tidak ketat. Dan, perhatikan juga cara membasuh vagina yang baik dan benar. Bersihkan area vagina dari arah depan ke belakang untuk menghindari kuman dari anus masuk ke vagina. Jangan lupa juga untuk rutin mengganti pembalut 2-3 kali sehari (atau lebih, setiap habis buang air kecil/besar) pada saat menstruasi.

Selain itu, kamu juga dapat mengonsumsi Herba Kencana Virquin yang merupakan herbal khusus kewanitaan. Virquin terbuat dari bahan 100 persen alami yaitu, daun sirih, kunyit, dan ekstrak majakani. Ketiga bahan ini sudah sangat dikenal sebagai obat tradisional bagi keluhan pada wanita. Virquin memiliki banyak fungsi seperti mengobati keputihan dan bau tidak sedap pada area kewanitaan, mengencangkan dan merapatkan area kewanitaan, membantu menjaga kesehatan pencernaan, serta membantu menjaga kesehatan tulang dan sendi. Virquin juga aman dikonsumsi jangka panjang dan tidak menimbulkan efek samping, sehingga ibu menyusui aman mengonsumsi Virquin.

Konsumsi Virquin 1 kapsul 3x sehari.

Untuk layanan konsultasi dan penjualan, silakan hubungi 0822-7383-1818.

Facebook : https://www.facebook.com/amanahberkah1919

Instagram Haseda : https://www.instagram.com/hasedaindonesiaofficial/

Instagram Herba Kencana : https://www.instagram.com/herbakencanaofficial/

Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCMYd4NTlS0wzwgNaPTRtKZw

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *