Home » Inspirasi » Ketahui Fakta Mengenai Sperma
Ketahui Fakta Mengenai Sperma

Ketahui Fakta Mengenai Sperma

Sperma menjadi bagian penting dalam proses reproduksi manusia. Sperma merupakan sel reproduksi pria yang mengandung kromosom. Saat melakukan hubungan seksual dan terjadi proses ejakulasi, sel sperma akan melakukan pembuahan pada sel telur untuk menghasilkan embrio manusia. Bukan hanya berperan untuk pembuahan, ada banyak fakta tentang sperma yang harus kamu ketahui agar tidak mengabaikan kesehatan sel sperma. Berikut ini beberapa faktanya.

  1. Perbedaan sperma dan air mani

Seperti menjadi pengetahuan dasar, namun tidak sedikit pria yang belum bisa membedakan sperma dan air mani. Banyak juga yang menggunakan kedua istilah ini dengan maksud yang sama. Padahal, sebenarnya sperma dan air mani adalah dua hal yang berbeda. Sperma merupakan bagian dari air mani dan hanya bisa kamu lihat dengan menggunakan mikroskop. Sedangkan, air mani adalah cairan berwarna putih, kental, dan lengket yang penis kamu keluarkan saat ejakulasi, air mani juga disebut dengan semen. Air mani mengandung fruktosa dan proteolitik untuk membantu sperma menuju sel telur. Sekarang kamu sudah bisa kan membedakan antara sperma dan air mani?

2. Temperatur testis memengaruhi kualitas sperma

Untuk mendapatkan kualitas sperma yang sehat, sangat penting bagi kamu untuk menjaga temperatur testis. Temperatur testis harus lebih rendah daripada temperatur tubuh. Kenaikan suhu testis hingga 37°C saja bisa mengganggu produksi sperma lho. Sehingga penting untuk menghindari kebiasaan yang menyebabkan peningkatan temperatur di sekitar testis, seperti memakai celana terlalu ketat, sering menyilangkan kaki, duduk terlalu lama, atau menggunakan laptop dengan posisi laptop dipangku. Kualitas sperma juga dipengaruhi oleh kesehatan pria secara umum. Kalangan pria yang menghindari rokok, diet tinggi lemak, dan paparan racun dari lingkungan umumnya memiliki sperma yang lebih baik dengan tingkat kesuburan tinggi.

3. Sperma bisa berbentuk normal dan abnormal

Bentuk sperma terbagi menjadi dua, yaitu normal dan abnormal. Secara umum, menurut Loma Linda University Center for Fertility & IVF bentuk sperma dinilai berdasarkan ukuran kepala, kandungan DNA kepala, tampilan bagian tengah, dan struktur ekor. Sperma normal akan memiliki bentuk kepala oval, bagian tengah utuh, dan ekor tunggal memanjang. Sementara, sperma abnormal bisa memiliki dua kepala, kepala besar atau kecil, ekor lebih banyak, dan ekor yang bengkok. Pria sehat juga memiliki sel sperma abnormal setiap kali ejakulasi. Seorang pria dengan kesuburan baik memiliki 4 hingga 14 persen atau lebih sel sperma normal. Kurang dari itu, bisa dikategorikan sebagai kelainan sperma yang dikenal sebagai teratozoospermia.

4. Usia sperma relatif panjang

Sebuah studi menunjukkan pria membutuhkan waktu 42 hingga 76 hari atau sekitar dua bulan untuk memproduksi sperma, pematangan, hingga ejakulasi. Dan proses ini akan berjalan secara terus-menerus dalam tubuh pria. Selain itu, usia sperma juga relatif panjang dan bahkan bisa hidup berhari-hari setelah ejakulasi. Sel sperma bisa bertahan hidup dalam tubuh wanita setelah berhubungan seksual selama 2 sampai 5 hari, tergantung kondisi lendir serviks dan siklus menstruasi wanita.

5. Sperma berenang dengan cepat

Setiap ejakulasi, lebih dari 200 juta sperma yang keluar dibawa oleh air mani. Mengutip dari Women’s Health, Harry Fisch, MD, ahli urologi dan profesor kedokteran reproduksi dari Weill Medical College of Cornell University mengatakan bahwa ejakulasi pertama mengandung konsentrasi sperma tertinggi daripada yang selanjutnya. Walaupun sperma memiliki zat kimia yang bisa mengarahkan sperma untuk berenang lurus dan cepat mendekati sel telur, seringkali sperma tidak mematuhi zat kimia tersebut. Banyak sperma yang hanya berputar-putar dan tidak mencari sel telur.

6. Sperma mengandung kalori

Kamu mungkin mengira bahwa sperma hanyalah zat yang berfungsi untuk membuahi sel telur dan melakukan reproduksi. Padahal sperma yang dibawa bersama dengan air mani memiliki sejumlah kalori lho. Dengan takaran satu sendok makan, sperma mengandung sekitar 20 kalori. Dimana sperma mengandung sejumlah protein, lemak, bahkan kolesterol di dalamnya.

7. Sperma mengandung nilai nutrisi baik

Cairan sperma dan air mani ternyata memiliki sejumlah kandungan nutrisi yang baik. Kombinasi keduanya nutrisi ini menghasilkan warna keputihan yang keruh berkat tingginya kandungan protein, lemak, dan karbohidrat di dalamnya. Selain itu, sperma dan air mani juga mengandung nutrisi termasuk vitamin dan mineral, seperti asam askorbat, fruktosa, zat besi, kalsium, magnesium, sodium, potasium, vitamin B12, dan air.

Itulah fakta-fakta mengenai sperma yang harus kamu ketahui. Tentu sangat penting menjalani pola hidup sehat agar kualitas sperma yang dihasilkan juga baik. Sempurnakan dengan mengonsumsi Herba Kencana Hitpromen. Hitpromen merupakan herbal alami khusus pria yang memiliki komposisi cabe jawa, purwaceng, pasak bumi, epimedium, serta jahe merah. Kelima bahan alami tersebut diproses menggunakan teknologi modern sehingga bermanfaat untuk meningkatkan stamina pria, meningkatkan kualitas ereksi, meningkatkan kualitas sperma, libido, dan kesuburan pria.

Konsumsi Hitpromen 1 kapsul 2 jam sebelum berhubungan suami istri.

Untuk layanan konsultasi dan penjualan, silakan hubungi 0822-7383-1818.

Facebook : https://www.facebook.com/amanahberkah1919

Instagram Haseda : https://www.instagram.com/hasedaindonesiaofficial/

Instagram Herba Kencana : https://www.instagram.com/herbakencanaofficial/

Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCMYd4NTlS0wzwgNaPTRtKZw

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *