Home » Gangguan Penyakit » Kenali Penyakit Osteoartritis
Kenali Penyakit Osteoartritis

Kenali Penyakit Osteoartritis

Osteoartritis (OA) merupakan penyakit sendi degeneratif yang berkaitan dengan kerusakan sendi. Penyakit ini terjadi akibat proses pelemahan dan disintegrasi tulang rawan sendi yang disertai dengan pertumbuhan tulang dan tulang rawan baru pada sendi. Kelainan pada sendi ini dapat mengenai satu sendi atau lebih sendi. Osteoartritis biasanya menyerang di usia 40- 50an. Penyakit ini bisa menyerang wanita maupun pria. Namun osteoartritis yang menyerang di usia muda lebih banyak terjadi pada pria dibandingkan wanita. Biasanya disebabkan karena faktor trauma akibat cedera. Sedangkan pada kalangan usia lanjut, wanita lebih banyak yang terserang ostoartritis.

Osteoartritis merupakan penyakit yang sering dikaitkan dengan nyeri pada mereka yang berusia lanjut. Penyakit ini dapat menyerang semua sendi, namun bagian yang tersering adalah sendi-sendi yang menanggung beban berat badan seperti panggul, lutut, dan sendi tulang belakang.

Gejala utama dari osteoartritis yang paling mudah dikenali adalah nyeri. Ini adalah keluhan yang paling sering diungkapkan oleh penderita osteoartritis. Rasa nyeri timbul akibat adanya gangguan pada tulang, lapisan sendi atau membran sinovial, dan spasme otot-otot di sekeliling sendi. Nyeri awalnya cukup ringan yang kemudian akan semakin berat. Keluhan ini berlangsung hilang timbul dan diperberat oleh aktivitas gerak sendi. Nyeri biasanya menghilang setelah istirahat.

Kekakuan pada sendi dapat menyebabkan tertariknya sendi serta terbatasnya gerakan. Penderita akan merasakan gerakan sendi yang kasar dan disertai bunyi gemeretak.

Sendi akan terlihat membengkak karena adanya penumpukan cairan di dalam sendi. Pembengkakan ini terlihat lebih menonjol karena pengecilan otot sekitarnya akibat semakin jarang digunakan.

Terapi obat-obatan berupa antiinflamsi non-steroid merupakan pengobatan utama pada osteoartritis. Pengobatan ini selain membantu menghilangkan gejala nyeri juga dapat mencegah perburukan yang dapat terjadi. Namun kamu tetap harus menghindari aktivitas yang memberatkan sendi.

Penderita osteoartritis dengan berat badan berlebih (obesitas) juga sebaiknya menurunkan berat badan. Latihan secara teratur dapat menurunkan berat badan dan pada akhirnya membantu perbaikan sendi.

Ada beberapa faktor risiko osteoarthritis terjadi, yaitu:

  • Usia 60 tahun
  • Menopouse (pada penderita wanita)
  • Kegemukan/ obesitas
  • Pekerja berat yang menggunakan suatu sendi secara berulang

Osteoartritis yang tidak mendapatkan penanganan dapat menyebabkan nyeri dan rasa tidak nyaman. Kondisi ini dapat menyebabkan pendeitanya mengalami beberapa komplikasi, seperti gangguan tidur, gangguan kecemasan, depresi, kematian jaringan tulang, infeksi pada sendi dan saraf terjepit di tulang belakang.

Osteoartritis tidak dapat dicegah. Namun, kamu dapat menurunkan risiko penyakit ini dengan beberapa langkah di bawah ini:

  • Menjaga berat badan ideal
  • Selalu aktif, rajin bergerak, dan berolahraga
  • Menjaga postur tubuh saat duduk atau berdiri
  • Melakukan peregangan otot secara rutin
  • Beristirahat dengan cukup dan teratur

Selain itu kamu bisa konsumsi Herba Kencana Samprohit. Samprohit merupakan herbal alami yang dibuat khusus untuk mengatasi masalah persendian. Samprohit dapat membantu meredakan pegal linu, penyembuhan asam urat dan rematik, menjaga kesehatan tulang dan sendi, serta meredakan nyeri pada persendian atau osteoarthritis.

Konsumsi Samprohit secara rutin 1 kapsul 3x sehari.

Untuk layanan konsultasi dan penjualan, silakan hubungi 0822-7383-1818.

Facebook : https://www.facebook.com/amanahberkah1919

Instagram Haseda : https://www.instagram.com/hasedaindonesiaofficial/

Instagram Herba Kencana : https://www.instagram.com/herbakencanaofficial/

Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCMYd4NTlS0wzwgNaPTRtKZw

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *