Home » Gangguan Penyakit » Kenali Gejala Tumor Payudara
Kenali Gejala Tumor Payudara

Kenali Gejala Tumor Payudara

Banyak yang beranggapan bahwa kanker payudara dan tumor payudara merupakan dua hal yang sama. Padahal, tumor tak selalu mengarah ke penyakit kanker lho! Tumor payudara tergolong atas dua kategori yaitu tumor ganas dan tumor jinak. Untuk tumor payudara yang tergolong jinak, biasanya dapat ditangani tanpa melakukan operasi atau bahkan dapat menghilang dengan sendirinya. Dan untuk tumor payudara ganas, biasanya hal tersebut merupakan awal terjadinya kanker payudara dan biasanya harus dilakukan penanganan langsung oleh dokter spesialis. Tumor payudara jinak adalah benjolan tumor yang tumbuh di payudara, tidak terbentuk dari sel-sel yang ganas, dan tidak menyebar ke bagian tubuh lain. Tumor ini juga umumnya tidak membahayakan nyawa penderitanya.

Tumor jinak di payudara dapat dibedakan dengan tumor yang ganas atau kanker berdasarkan ciri-ciri fisiknya, yaitu:

  • Batasan tumor yang jelas

Benjolan yang disebabkan oleh tumor payudara jinak memiliki batas yang jelas dengan jaringan di sekitarnya, tidak seperti tumor ganas, di mana batasan tepi benjolannya tidak jelas.

  • Teraba kenyal dan lunak

Benjolan akibat tumor payudara jinak memiliki konsistensi yang kenyal dan lunak. Berbeda halnya dengan tumor yang ganas pada kanker payudara. Tumor ganas biasanya teraba keras dan padat.

  • Mudah digerakkan

Benjolan akibat tumor payudara jinak biasanya mudah digerakkan. Sebaliknya, jika tumor bersifat ganas, benjolannya tidak bisa digerakkan sama sekali, seperti menyatu dengan jaringan di sekitarnya.

Berikut ini adalah beberapa jenis tumor payudara jinak yang umum ditemui, beserta penyebabnya:

  1. Fibroadenoma

Fibroadenoma merupakan jenis tumor payudara jinak yang paling sering dialami oleh wanita muda usia 15-35 tahun. Fibroadenoma terjadi ketika sel-sel di kelenjar dan jaringan ikat di payudara tumbuh secara berlebihan. Penyebabnya diduga adalah pengaruh hormon di dalam tubuh wanita. Benjolan akibat fibroadenoma umumnya dapat hilang dengan sendirinya, tapi terkadang ada juga yang menetap dan membesar.

  • Fibrokistik

Jika benjolan di payudara kamu hilang-timbul sesuai siklus menstruasi, kemungkinan penyebabnya adalah fibrokistik. Munculnya benjolan akibat fibrokistik ini disebabkan oleh perubahan hormonal yang terjadi selama siklus menstruasi. Kondisi ini umumnya dialami oleh wanita berusia 20-50 tahun.

  • Kista payudara

Kista payudara merupakan benjolan berisi cairan yang bisa terbentuk pada salah satu atau kedua payudara. Benjolan ini tidak bersifat kanker, sehingga tak perlu terlalu dikhawatirkan. Wanita dari segala usia rentan untuk mengalami kista payudara, tapi paling sering dialami oleh wanita usia 35-50 tahun.

Dalam banyak kasus, tumor payudara jinak tidak memerlukan perawatan khusus karena dapat mengecil dan hilang dengan sendirinya. Prosedur medis atau operasi baru akan dilakukan jika tumor payudara jinak semakin membesar dan menimbulkan nyeri.

Berikut ini penyebab tumor payudara yang wajib kamu ketahui, terutama oleh seluruh perempuan agar lebih mudah untuk melakukan pencegahan.

  1. Genetik

Beberapa penelitian mengatakan bahwa penyebab tumor payudara yang paling sering ditemui ialah karena faktor genetik. Penyebab yang satu ini memang tidak dapat dihindari karena tentu saja sel tumor tetap bisa muncul jika salah satu dari orang tua juga mengalaminya.

2. Hormon

Selain genetik, penyebab tumor payudara yang masih sering ditemui ialah karena ketidakstabilan hormon pada tubuh. Beberapa orang yang mengalami peningkatan pada hormon estrogen dapat memicu tumbuhnya tumor di payudara. Selain itu, seseorang yang melakukan terapi hormon juga dapat menjadi salah satu pemicunya.

3. Mengonsumsi pil KB berlebihan

Pil KB memang memiliki manfaat yang sangat diperlukan untuk sebagian kaum perempuan yang ingin menunda masa kehamilan. Namun penting sekali untuk diketahui bahwa jika pil KB dikonsumsi secara berlebihan, dapat menimbulkan beberapa efek samping yang dapat merugikan para perempuan, salah satunya sebagai penyebab tumor payudara. Eits, bukan berarti kamu tidak boleh mengonsumsinya, hanya saja perlu mengontrol dosisnya.

4. Terlalu sering begadang

Buat kamu yang sering begadang karena beberapa hal seperti dikejar banyak kerjaan, sulit untuk tidur, atau akibat banyak mengonsumsi minuman berkafein, maka kamu perlu berhati-hati. Karena ketika waktu tidur yang kamu miliki tidaklah cukup untuk tubuhmu, maka hal tersebut dapat menjadi penyebab tumor payudara. Begadang jugalah yang menyebabkan hormon menjadi tak stabil dan memicu tumbuhnya tumor di area payudara.

5. Jenis makanan yang dikonsumsi

Makan memang sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok setiap manusia, namun bukan berarti semua jenis makanan bisa dikonsumsi. Perhatikan juga makanan yang mau kamu konsumsi. Hindarilah jenis makanan yang mengandung lemak trans seperti makanan yang berlemak, makanan manis, jenis makanan bersantan, dan berminyak yang dianggap sebagai salah satu penyebab tumor payudara.

6. Kelebihan berat badan

Umumnya, perempuan yang memiliki berat badan yang berlebihan cenderung mudah terserang tumor payudara. Hal tersebut dikarenakan lemak tubuh yang berlebihan dapat membuat hormon pada tubuh menjadi kurang stabil dan memicu tumbuhnya kanker pada bagian payudara. Untuk itu, penting sekali menjaga berat badan dengan memperbanyak konsumsi makanan sehat dan rutin melakukan olahraga untuk menghindari penyebab tumor payudara.

7. Menopause

Penyebab tumor payudara juga bisa disebabkan oleh faktor menopause lho! Banyak sekali dokter yang mengatakan bahwa seorang perempuan yang sedang menuju masa menopause, maka akan terjadi juga peningkatan tumor pada area payudaranya karena lagi-lagi hormon yang tidak stabil.

Maka dari itu, sangat penting bagi wanita untuk menjaga kesehatan diri dengan mengonsumsi bahan-bahan herbal seperti ekstrak majakani, daun sirih, dan kunyit. Ketiga kandungan ini telah hadir di dalam Herba Kencana Virquin. Virquin merupakan herbal khusus wanita yang diproses dengan bahan-bahan alami tanpa zat kimia maupun bahan pengawet sehingga aman dikonsumsi, bahkan untuk ibu menyusui.

Konsumsi virquin 2 kapsul 3x sehari. Untuk hasil yang lebih maksimal, kombinasikan dengan Herbal Tetes Haseda.

Untuk layanan konsultasi dan penjualan, silakan hubungi 0822-7383-1818.

Facebook : https://www.facebook.com/amanahberkah1919

Instagram Haseda : https://www.instagram.com/hasedaindonesiaofficial/

Instagram Herba Kencana : https://www.instagram.com/herbakencanaofficial/

Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCMYd4NTlS0wzwgNaPTRtKZw

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *