Home » Inspirasi » Berolahraga Saat Puasa
<strong>Berolahraga Saat Puasa</strong>

Berolahraga Saat Puasa

Puasa merupakan kewajiban bagi umat muslim selama bulan ramadhan, selama kurang lebih 13 jam tubuh tidak mengkonsumsi makanan maupun minuman. Namun, puasa tidak seharusnya dijadikan alasan untuk bermalas-malasan, meskipun sedang berpuasa, sudah seharusnya kita tetap harus beraktivitas sepanjang harinya, termasuk rutinitas olahraga juga tentunya tidak boleh terlewatkan. Olahraga tentunya memberi pengaruh baik bagi tubuh, terutama dalam menjaga kondisi tubuh tetap fit dan sehat. Lantas, bagaimana cara melanjutkan rutinitas olahraga selama berpuasa? Berikut tips yang dapat Anda terapkan.

  • Waktu Berolahraga

Saat berpuasa sangat tidak dianjurkan berolahraga saat siang hari karena saat berolahraga tubuh akan mengeluarkan keringat sedangkan kita sendiri sedang berpuasa sehingga kita rentan mengalami dehidrasi. Waktu yang tepat untuk berolahraga adalah setelah isya atau selepas shalat tarawih, karena pada jam-jam tersebut makanan yang kita konsumsi saat berbuka puasa sudah dicerna dengan baik. Selain itu, waktu yang dianjurkan untuk berolahraga adalah 30-120 menit sebelum berbuka karena energi yang digunakan saat olahraga dapat segera diganti setelah berbuka puasa.

  • Pilih Jenis Olahraga yang Tepat

Saat berpuasa jenis olahraga yang dianjurkan ialah olahraga dengan intensitas yang ringan hingga sedang agar tidak terlalu menguras energi serta ditujukan untuk tetap bergerak aktif tanpa melewati kapasitas tubuh. Olahraga seperti bersepeda, berjalan, sit-up dan push up.

  • Jaga Asupan Nutrisi

Saat berpuasa waktu makan sedikit berubah, tubuh diberi waktu dua kali untuk makan yakni sahur dan berbuka. Selain waktu yang sedikit berubah, porsi makan bisa jadi dapat berkurang atau bertambah. Tetapi perlu dipastikan agar konsumsi makanan Anda selama berpuasa sama dengan hari biasanya, tidak kurang dan tidak lebih. Konsumsi makanan dengan nutrisi lengkap mulai dari karbohidrat, protein, lemak serta vitamin dan mineral termasuk konsumsi air untuk menghindari dehidras dan agar kebutuhan tubuh tetap terpenuhi.

  • Durasi Tidur

Orang dewasa dianjurkan untuk tidur selama 7 – 9 jam setiap harinya, durasi tidur yang tidak tepat tentunya akan mempengaruhi kinerja tubuh. Saat berpuasa tidur siang mungkin dibutuhkan untuk mempertahankan kondisi tubuh tetap fit dan sehat.

Untuk menjaga kondisi tubuh dan mencukupi kebutuhan tubuh akan nutrisi dan berbagai vitamin, Anda juga dapat mengkonsumsi haseda. Haseda merupakan produk yang diolah dari 100% bahan herbal alami berupa 42 jenis buah dan sayur pilihan yang ditanam tanpa pestisida. Haseda dihasilkan dari proses bioteknologi modern yang membutuhkan waktu selama 9- 12 bulan. Haseda mengandung antioksidan tinggi, multivitamin, EPA/DHA, kalsium, omega 3,6 dan 9, asam amino, zink dan enzim yang baik bagi kesehatan tubuh. Untuk menjaga daya tahan tubuh, Anda dapat mengkonsumsi haseda dengan dosis 3 tetes 3 x sehari. Selain menjaga daya tahan tubuh, bila diminum secara rutin dan dengan dosis pemakaian yang dianjurkan, haseda dapat membantu mengatasi 88 jenis penyakit.

Untuk layanan konsultasi dan penjualan, silakan hubungi 0822-7766-1919, 0822-7383-1818 dan 0813 6210 1818

Add a Comment

Your email address will not be published.