Home » Serba Serbi Herba » Si Buah Bau Tak Sedap Yang Kaya Manfaat
Si Buah Bau Tak Sedap Yang Kaya Manfaat

Si Buah Bau Tak Sedap Yang Kaya Manfaat

Menjaga kesehatan tubuh bisa dilakukan dengan beberapa hal, salah satunya mengonsumsi bahan-bahan alami, seperti mengkudu. Mendengar namanya saja sudah terbayang betapa tidak sedapnya buah ini. Mengkudu atau disebut juga dengan pace telah dikenal sejak lama manfaatnya dalam dunia kesehatan. Walaupun memiliki rasa yang pahit, banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan buah ini untuk mengobati berbagai macam penyakit, mulai dari sakit kepala, flu, sampai diabetes. Mengkudu memiliki nama ilmiah Morinda citrifolia, yang banyak ditemukan di Australia, India, dan Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Dalam buah mengkudu, terdapat berbagai nutrisi, seperti karbohidrat, protein, vitamin C, vitamin E, biotin, folat, magnesium, kalium, dan kalsium. Selain itu, buah mengkudu juga kaya akan antioksidan, seperti flavonoid dan saponin, serta berbagai zat yang bersifat antiradang dan antibakteri. Wajar saja, karena banyaknya kandungan yang terdapat di dalam mengkudu, membuat buah ini masih menjadi primadona di kalangan masyarakat. Berikut ini beberapa manfaat dari buah mengkudu.

1. Menangkal dan memulihkan kerusakan sel tubuh

Sel-sel dan jaringan tubuh bisa saja rusak akibat tubuh sering terpapar radikal bebas yang berasal dari berbagai sumber, seperti asap rokok, polusi, racun, dan paparan radiasi atau sinar matahari yang berlebihan. Jika terpapar radikal bebas terlalu banyak, sel-sel tubuh akan cepat rusak dan ini bisa meningkatkan risiko terjadinya berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, bahkan kanker. Kehadiran buah mengkudu tentu dapat mengurangi kadar radikal bebas dan memperbaiki kerusakan sel-sel tubuh akibat paparan zat-zat tersebut. Namun, untuk memaksimalkan manfaat buah mengkudu ini, kamu juga harus menjalani gaya hidup sehat, seperti dengan tidak merokok, mengurangi stres, rutin berolahraga, dan mencukupi waktu istirahat.

2. Mengontrol kadar kolesterol dalam darah

Pada sebuah riset yang dilakukan, menunjukkan buah mengkudu bisa menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida, yang kemudian baik untuk mencegah penumpukan kolesterol di pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular, seperti stroke dan penyakit jantung. Khasiat ini terjadi dikarenakan kandungan zat antioksidan dan antiradang yang cukup tinggi di dalam buah mengkudu.

3. Meredakan nyeri sendi

Buah mengkudu atau yang dikenal juga dengan buah pace sudah digunakan sejak lama untuk meringankan nyeri dan meredakan peradangan di dalam tubuh. Ekstrak buah mengkudu ini juga diketahui berkhasiat untuk mengurangi nyeri dan pembengkakan pada sendi, misalnya pada penderita osteoarthritis.

4. Meningkatkan sistem imun tubuh

Dari sekian banyak manfaat buah mengkudu, salah satu manfaatnya yang juga tidak kalah penting adalah untuk memperkuat daya tahan atau sistem imunitas tubuh. Dengan sistem imun tubuh yang meningkat, tubuh bisa lebih kuat melawan bakteri dan virus penyebab penyakit sehingga kamu pun tidak mudah sakit.

5. Menjaga kadar gula darah

Kadar gula darah yang tidak terkontrol, lambat laun akan menyebabkan terjadinya diabetes tipe 2. Maka dari itu, agar terhindar dari penyakit tersebut, kamu perlu menjalani gaya hidup sehat dengan membatasi konsumsi gula, berolahraga secara rutin, serta memperbanyak konsumsi buah dan sayuran. Dan dari sebuah riset yang telah dilakukan membuktikan bahwa buah mengkudu bisa menurunkan kadar gula darah yang tinggi dan menjaganya tetap stabil. Efek ini karena kandungan dari mengkudu yang mampu meningkatkan efektivitas hormon insulin dalam mengatur kadar gula darah.

6. Menjaga berat badan ideal

Sebuah penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa buah mengkudu memiliki fungsi dalam menjaga berat badan dan mencegah obesitas. Ini dihasilkan karena kemampuan buah mengkudu dalam mengurangi kolesterol dan lemak, serta meningkatkan metabolisme. Tetapi untuk menurunkan berat badan, kamu tidak bisa hanya mengandalkan buah mengkudu saja. Kamu pun perlu rutin berolahraga dan menjalani diet sehat.

Selain 6 manfaat di atas, masih ada banyak manfaat lain dari buah mengkudu, seperti mengontrol tekanan darah, mengurangi risiko kanker, mengurangi rasa mual, dan meningkatkan stamina tubuh. Dan kamu tidak harus repot-repot mengolah mengkudu untuk dikonsumsi dan mendapatkan manfaatnya. Karena telah hadir Herba Kencana Probiohit yang mengandung bahan-bahan alami, yaitu mengkudu, temulawak, kayu manis, daun kelor, madu, dan 21 rempah mix. Semua bahan-bahan alami tersebut diproses menggunakan fermentasi dingin selama 2-3 bulan tanpa menggunakan zat kimia maupun bahan pengawet. Probiohit memiliki manfaat untuk memperbaiki metabolisme, memperbaiki sirkulasi darah, membantu memelihara daya tahan tubuh, mengandung prebiotik dan probiotik alami, mengoptimalkan fungsi kinerja organ tubuh, detoksifikasi, serta membantu memperbaiki sistem saraf yang rusak.

Konsumsi Probiohit 1 sdm 3x sehari.

Untuk layanan konsultasi dan penjualan, silakan hubungi 0822-7383-1818.

Facebook : https://www.facebook.com/amanahberkah1919

Instagram Haseda : https://www.instagram.com/hasedaindonesiaofficial/

Instagram Herba Kencana : https://www.instagram.com/herbakencanaofficial/

Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCMYd4NTlS0wzwgNaPTRtKZw

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *