Home » Inspirasi » Ngantuk Saat Puasa, Ketahui Penyebab dan Tips Mengatasinya
<strong>Ngantuk Saat Puasa, Ketahui Penyebab dan Tips Mengatasinya</strong>

Ngantuk Saat Puasa, Ketahui Penyebab dan Tips Mengatasinya

Ketika berpuasa, setiap orang diwajibkan untuk menahan diri dari hal-hal yang membatalkannya terutama makan dan minum. Namun selain makan dan minum terdapat tantangan lain yang dialami banyak orang saat berpuasa, yakni rasa kantuk yang sering muncul saat beraktivitas sehingga sering menyebabkan aktivitas sehari-hari terganggu. Nah, kira-kira apa saja sih yang menyebabkan rasa kantuk saat berpuasa dan apakah ada cara untuk mengatasinya? Yuk kita simak informasi dari alaherba.com berikut ini.

Penyebab Mengantuk Saat Puasa

  • Penurunan Kadar Gula dalam Darah

Saat berpuasa kita hanya diperbolehkan mengkonsumsi makanan atau minuman selepas maghrib hingga menjelang shubuh. Sehingga saat siang hingga sore hari tubuh akan mengalami penurunan kadar glukosa atau gula dalam darah sehingga menyebabkan seseorang lebih rentan merasa ngantuk dan dapat mepengaruhi produktivitas. Ketika gula darah berada dalam kadar yang rendah, tubuh tidak memiliki “bahan bakar” yang cukup sehingga tubuh menjadi lemas dan otak sulit berkonsentrasi.

  • Perubahan Ritme Sirkadian

Ritme sirkadian atau jam biologis tubuh tentunya akan mengalami perubahan saat berpuasa karena pola makan dan aktivitas yang dilakukan selama berpuasa berubah dengan kebiasaan sehari-hari. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa terdapat hubungan antara aktivitas puasa dengan rasa kantuk yang dialami saat siang hari, selain itu pengurangan jumlah waktu saat tidur juga mempengaruhi rasa kantuk saat berpuasa.

Tips Mengatasi Rasa Kantuk Saat Puasa

  • Cukupi kebutuhan tidur saat malam

Saat berpuasa tentu pola tidur akan mengalami sedikit perubahan, karena kita harus bangun lebih awal untuk sahur. Namun Anda juga perlu memperhatikan kuantitas dan kualitas tidur Anda. Jika tidak memiliki kebutuhan yang mendesak, baiknya hindari kebiasaan tidur larut malam dan sebaiknya tidur lebih awal.

  • Perhatikan menu sahur

Saat sahur penting bagi kita untuk mengkonsumsi makanan kaya gizi agar membantu tubuh kita beraktivitas pada siang hari. Makanan yang banyak mengandung gula atau glukosa baiknya Anda hindari untuk dikonsumsi berlebihan karena dapat menimbulkan rasa kantuk di siang hari. Selain itu usahakan jangan langsung tidur setelah makan sahur, karena akan memperlambat penyerapan zat makanan oleh tubuh.

  • Sempatkan waktu untuk tidur siang

Jika rasa kantuk sudah tidak tertahan, Anda boleh mencoba tidur sebentar di siang hari. Perlu diingat, jangan tidur siang terlalu lama karena bila berlebihan tubuh malah akan semakin lemas akibat jam biologis yang semakin terganggu. Tidur siang selama 5 – 25 menit dapat membantu menghilangkan rasa kantuk Anda.

  • Lakukan peregangan

Biasanya seseorang akan lebih mudah mengantuk bila hanya duduk diam dalam jangka waktu yang lama, Anda dapat mengatasi rasa kantuk yang melanda dengan melakukan peregangan singkat seperti memutar kepala Anda beberapa kali, atau tekuk leher ke arah kiri dan kanan bergantian serta coba keluar dari ruangan dan berjalan-jalan di sekitar kantor. Peregangan dapat membantu kelancaran aliran darah sehingga meningkatkan kadar oksigen menuju otak. Perlahan rasa kantuk Anda akan berkurang dan Anda dapat beraktivitas lebih fokus.

  • Basuh wajah dengan air

Bangkitlah dari tempat duduk dan menuju kamar mandi atau toilet untuk membasuh wajah Anda dengan air, sensasi dingin selepas membasuh wajah akan membuat anda rileks dan segar serta mata akan kembali fokus dan konsentrasi meningkat.

Untuk menjaga kondisi tubuh dan mencukupi kebutuhan tubuh akan nutrisi dan berbagai vitamin, Anda juga dapat mengkonsumsi haseda. Haseda merupakan produk yang diolah dari 100% bahan herbal alami berupa 42 jenis buah dan sayur pilihan yang ditanam tanpa pestisida. Haseda dihasilkan dari proses bioteknologi terpadu yang membutuhkan waktu selama 9- 12 bulan. Haseda mengandung antioksidan tinggi, multivitamin, EPA/DHA, kalsium, omega 3,6 dan 9, asam amino, zink dan enzim yang baik bagi kesehatan tubuh. Untuk menjaga daya tahan tubuh, Anda dapat mengkonsumsi haseda dengan dosis 3 tetes 3 x sehari. Selain menjaga daya tahan tubuh, bila diminum secara rutin dan dengan dosis pemakaian yang dianjurkan, haseda dapat membantu mengatasi 88 jenis penyakit.

Untuk informasi tentang produk herbal kesehatan kunjungi https://hasedaindonesia.com/ dan https://herbakencana.com/

Untuk layanan konsultasi dan penjualan, silakan hubungi 0822-7766-1919, 0822-7383-1818 dan 0813 6210 1818

Add a Comment

Your email address will not be published.