Home » Gangguan Penyakit » Ketahui Demam Tifoid Atau Tipes
Ketahui Demam Tifoid Atau Tipes

Ketahui Demam Tifoid Atau Tipes

Tipes atau demam tifoid adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella Typhi. Hampir 100.000 penduduk Indonesia terjangkit penyakit tipes tiap tahunnya. Oleh sebab itu, penyakit tipes dinyatakan sebagai penyakit endemik dan masalah kesehatan serius di dalam negeri. Tipes dapat menular dengan cepat, umumnya melalui konsumsi makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi tinja yang mengandung bakteri Salmonella Typhi. Penyakit yang banyak terjadi di negara-negara berkembang dan dialami oleh anak-anak ini dapat membahayakan nyawa jika tidak ditangani dengan baik dan secepatnya.

Penyebab utama dari penyakit ini adalah bakteri Salmonella Typhi. Jenis bakteri ini juga berkaitan langsung dengan penyakit Salmonelosis yang menyebabkan infeksi pada sistem pencernaan yang lebih buruk dibandingkan tipes. Penyakit ini dapat menular melalui makanan serta minuman yang terkontaminasi. Paparan bakteri pada makanan atau minuman bisa terjadi saat seseorang kurang menjaga kebersihan tangan atau mengonsumsi makanan yang dibersihkan menggunakan air yang tercemar bakteri Salmonella Typhi. Begitu juga dengan minuman, pastikan kamu selalu mengonsumsi minuman dengan tingkat kematangan yang optimal.

Beberapa faktor dapat meningkatkan risiko seseorang terserang tipes, antara lain:

  • Sanitasi buruk.
  • Tidak membersihkan tangan sebelum makan, atau kurang bersih dalam mencuci makanan.
  • Mengonsumsi sayur-sayuran yang menggunakan pupuk dari kotoran manusia yang terinfeksi.
  • Mengonsumsi produk susu atau olahannya yang telah terkontaminasi.
  • Menggunakan toilet yang sudah terkontaminasi bakteri.
  • Melakukan seks oral dengan mereka yang membawa bakteri Salmonella Typhi.

Gejala tipes umumnya mulai muncul pada 1 hingga 3 minggu setelah tubuh terinfeksi dengan ciri-ciri berupa demam tinggi, diare atau konstipasi, sakit kepala, dan sakit perut. Kondisi ini dapat memburuk dalam beberapa minggu. Jika tidak segera ditangani dengan baik, dapat terjadi komplikasi seperti pendarahan internal atau pecahnya sistem pencernaan (usus). Risiko komplikasi juga akan berkembang menjadi membahayakan nyawa jika situasi tersebut tidak segera ditangani dengan baik.

Penyakit tipes dapat menyebabkan komplikasi jika tidak diatasi dengan baik. Perdarahan atau terbentuknya lubang pada usus menjadi komplikasi tipes yang cukup parah. Kemudian, ada radang otot jantung, radang selaput jantung, radang paru-paru, radang pankreas, infeksi ginjal, hingga infeksi kandung kemih.

Cara yang paling efektif dalam menangani tipes adalah dengan segera mungkin memberikan terapi antibiotik. Selain itu, obat penurun demam juga bisa diberikan untuk menurunkan suhu tubuh. Pengobatan tipes dapat dilakukan di rumah sakit, tetapi jika gejala masih ringan dan terdeteksi lebih cepat, maka perawatan bisa dilakukan di rumah.

Penuhi kebutuhan nutrisi tubuh agar tubuh tidak mudah terpapar bakteri maupun virus. Kamu bisa mengonsumsi Herbal Tetes Haseda yang sudah memiliki izin edar dari BPOM dan mendapatkan label halal dari MUI. Haseda terbuat dari 42 jenis sari buah dan sayur yang memiliki kandungan multivitamin, kalsium, antioksidan, pH8+, zink, enzim, EPA/DHA, asam amino, omega 3, 6, dan 9. Haseda juga bermanfaat untuk:

  • Memperbaiki metabolisme tubuh
  • Memperbaiki peredaran darah dan suplai oksigen
  • Mengoptimalkan penyerapan nutrisi
  • Detoksifikasi dan regenerasi sel
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Memperbaiki fungsi saraf
  • Meningkatkan stamina, kesegaran, dan gairah.

Konsumsi Haseda secara rutin 7 tetes di ¼ gelas air putih 3x sehari.

Untuk layanan konsultasi dan penjualan, silakan hubungi 0822-7766-1919.

Facebook : https://www.facebook.com/amanahberkah1919

Instagram Haseda : https://www.instagram.com/hasedaindonesiaofficial/

Instagram Herba Kencana : https://www.instagram.com/herbakencanaofficial/

Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCMYd4NTlS0wzwgNaPTRtKZw

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *