Home » Gangguan Penyakit » Kenali Penyakit Diabetes Sebelum Terlambat
Kenali Penyakit Diabetes Sebelum Terlambat

Kenali Penyakit Diabetes Sebelum Terlambat

Tahukah kamu kalau diabetes merupakan salah satu penyebab utama kematian di dunia? 422 juta orang di seluruh dunia menderita diabetes, terutama di negara berpenghasilan rendah dan menengah. Diabetes adalah penyakit kronis atau yang berlangsung jangka panjang yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah (glukosa) hingga di atas nilai normal. Pada umumnya, diabetes memiliki 2 jenis, yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. Selain 2 jenis tersebut, ada 1 jenis diabetes khusus yang terjadi pada masa kehamilan, disebut dengan diabetes gestasional. Diabetes disebabkan karena adanya gangguan dalam tubuh, sehingga tubuh tidak mampu menggunakan glukosa darah ke dalam sel, sehingga glukosa menumpuk dalam darah.

Pada diabetes tipe 1, gangguan ini disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang biasanya menyerang virus atau bakteri berbahaya lainnya, malah menyerang dan menghancurkan sel penghasil insulin. Akibatnya, tubuh kekurangan atau bahkan tidak dapat memproduksi insulin sehingga gula yang seharusnya diubah menjadi energi oleh insulin menyebabkan terjadinya penumpukan gula dalam darah. Sedangkan pada diabetes tipe 2, tubuh bisa menghasilkan insulin secara normal, tetapi insulin tidak digunakan secara normal. Kondisi ini dikenal juga sebagai resistensi insulin. Diabetes gestasional merupakan diabetes pada kehamilan yang disebabkan oleh perubahan hormon, dan gula darah akan kembali normal setelah ibu hamil menjalani persalinan.

Diabetes tipe 1 dapat berkembang dengan cepat dalam beberapa minggu, bahkan beberapa hari saja. Sedangkan pada diabetes tipe 2, banyak penderitanya yang tidak menyadari bahwa mereka telah menderita diabetes selama bertahun-tahun, karena gejalanya cenderung tidak spesifik. Beberapa ciri-ciri diabetes tipe 1 dan tipe 2 pada umumnya, seperti:

  1. Sering merasa haus.
  2. Sering buang air kecil, terutama di malam hari.
  3. Sering merasa sangat lapar.
  4. Turunnya berat badan tanpa sebab yang jelas.
  5. Berkurangnya massa otot.
  6. Pandangan kabur.
  7. Luka yang sulit sembuh.
  8. Sering mengalami infeksi, misalnya pada gusi, kulit, vagina, atau saluran kemih.

Seseorang akan lebih mudah mengalami diabetes tipe 1 jika memiliki faktor-faktor risiko, seperti:

  1. Memiliki keluarga dengan riwayat diabetes tipe 1.
  2. Menderita infeksi virus.
  3. Orang berkulit putih diduga lebih mudah mengalami diabetes tipe 1 dibandingkan ras lain.
  4. Bepergian ke daerah yang jauh dari khatulistiwa (ekuator).
  5. Diabetes tipe 1 banyak terjadi pada usia 4-7 tahun dan 10-14 tahun, walaupun diabetes tipe 1 dapat muncul pada usia berapapun.

Sedangkan pada kasus diabetes tipe 2, seseorang akan lebih mudah mengalami kondisi ini jika memiliki faktor-faktor risiko, seperti:

  1. Kelebihan berat badan.
  2. Memiliki keluarga dengan riwayat diabetes tipe 2.
  3. Kurang aktivitas fisik.
  4. Usia.
  5. Menderita tekanan darah tinggi (hipertensi).
  6. Memiliki kadar kolesterol dan trigliserida abnormal.

Khusus pada wanita, ibu hamil yang menderita diabetes gestasional dapat lebih mudah mengalami diabetes tipe 2. Selain itu, wanita yang memiliki riwayat penyakit polycystic ovarian syndrome (PCOS) juga lebih mudah mengalami diabetes tipe 2.

Penderita diabetes diharuskan untuk mengatur pola makan dan pola hidup yang lebih sehat. Seperti perbanyak konsumsi buah, sayur, protein, menghindari konsumsi makanan siap saji, serta melakukan aktivitas fisik seperti olahraga, untuk membantu mengubah gula darah menjadi energi dan meningkatkan sensitivitas sel terhadap insulin.

Selain itu penderita diabetes juga bisa mengkonsumsi Herbal Tetes Haseda. Haseda merupakan produk inovasi anak bangsa yang diproses menggunakan bio teknologi terpadu selama 9-12 bulan. Terbuat dari 100% bahan alami yaitu 42 macam sari buah dan sayur, sehingga aman dikonsumsi segala usia, termasuk balita, lansia, bahkan ibu hamil.

Konsumsi Haseda secara rutin 3x sehari di ¼ gelas air putih. 5 tetes untuk diabetes dibawah 300, dan 10 tetes untuk diabetes diatas 300.

Untuk layanan konsultasi dan penjualan, silakan hubungi 0822-7766-1919.

Facebook : https://www.facebook.com/amanahberkah1919

Instagram Haseda : https://www.instagram.com/hasedaindonesiaofficial/

Instagram Herba Kencana : https://www.instagram.com/herbakencanaofficial/

Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCMYd4NTlS0wzwgNaPTRtKZw

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *