Home » Kebugaran » Kamu Dapat Melakukan Peregangan Ini Meski Di Kantor
Kamu Dapat Melakukan Peregangan Ini Meski Di Kantor

Kamu Dapat Melakukan Peregangan Ini Meski Di Kantor

Apakah kamu salah satu orang yang kerja kantoran? Yang kerjanya hanya duduk hampir satu harian. Padahal duduk terlau lama tidak baik untuk kesehatan lho. Apalagi ditambah dengan melihat layar komputer selama seharian. Tidak heran, banyak orang yang mengeluhkan sakit punggung dan nyeri otot leher. Jarang bergerak sudah menjadi kebiasaan yang tidak hanya merusak fisik tubuh, namun juga akan mempengaruhi mental dan psikologis. Duduk membungkuk dan terus menunduk membuat kamu merasa lemas, yang nantinya bisa menurunkan kepercayaan diri, energi, dan mood. Tentu produktivitas akan menurun dan menghasilkan pekerjaan yang kurang maksimal.

Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan beberapa peregangan berikut ini di sela-sela pekerjaan. Bukan hanya meregangkan tubuh dari ketegangan, pikiran juga akan kembali segar sehingga kamu kembali semangat dan fokus melakukan pekerjaan.

1. Neck Stretch

Gerakan peregangan ini merupakan cara yang paling efisien untuk meringankan ketegangan di leher. Gerakan ini juga bisa kamu lakukan dengan berdiri atau duduk. Kamu hanya perlu memiringkan kepala ke salah satu sisi bahu, kemudian putar secara perlahan mengikuti arah jarum jam sebanyak 8 kali. Ulangi gerakan ini dengan arah yang berlawanan. Gerakan neck stretch ini akan menargetkan otot-otot tegang yang menahan kepala selama seharian menatap layar komputer

2. Side Stretch

Gerakan ini bisa kamu lakukan dengan memposisikan badan berdiri dengan kedua kaki merapat dan kedua tangan berada di samping tubuh. Seimbangkan berat badan di kedua kaki. Ambil napas, regangkan punggung kamu dan angkat kedua tangan lurus di atas kepala. Genggam pergelangan tangan kanan dengan tangan kiri. Jaga bahu dan pinggul tetap sejajar ketika kamu memiringkan tubuh ke kiri. Perlahan tarik dengan tangan kiri untuk meregangkan sisi kanan tubuh kamu. Tahan posisi ini selama tiga kali tarik-buang napas, kemudian lakukan hal yang sama di sisi kanan. Gerakan ini membantu menciptakan daya pengungkit dari panggul sampai ke bahu dan leher kamu, sehingga meregangkan tulang belakang dan memperpanjang jangkauan gerak kedua sisi tubuh.

3. Shoulder Stretch

Kamu bisa melakukan gerakan ini sambil tetap duduk di kursi kerja kamu. Dengan melebarkan kaki lurus dengan pinggul kamu, dan posisikan jari-jari kaki lurus ke depan. Kaitkan jari-jemari kamu di belakang punggung. Sementara kamu mengambil napas, luruskan kaki, regangkan tubuh bagian atas, dan tarik kedua bahu kamu ke belakang. Genggam tangan kamu dan jaga agar tetap lurus di belakang punggung. Buang napas dan perlahan bungkukkan tubuh ke depan. Tetap regangkan punggung kamu. Angkat bahu dan tarik punggung bagian atas. Posisi peregangan ini bermanfaat untuk meluruskan dan membuka bahu dan punggung yang membungkuk.

4. Chair Raised Hands Pose

Melakukan peregangan tidak melulu harus berdiri, sambil duduk di kursi pun bisa kamu lakukan. Duduk di kursi dengan memanjangkan tulang belakang dan posisi kedua kaki mantap menjejak lantai. Pada tarikan napas, angkat kedua tangan lurus menghadap langit-langit atap. Lemaskan tulang belikat kamu masuk ke dalam punggung sambil kamu meraih ke atas dengan ujung-ujung jari. Fokuskan berat badan di tulang duduk dan buat gerakan tangan meraih ke atas. Tahan gerakan selama tiga kali hitungan napas, dan ulangi beberapa kali. Peregangan ini membantu memperbaiki postur tubuh secara keseluruhan dan meregangkan punggung.

5. Hip Release

Terlalu lama duduk tanpa melakukan gerakan pada saat bekerja, bisa menyebabkan kekakuan pada otot-otot pinggul. Dan ini menjadi keluhan yang umum terjadi. Kamu bisa melakukan gerakan ini dengan berlutut di lantai dan langkahkan satu kaki ke depan hingga membentuk sudut 90 derajat. Dorong pinggul ke depan sampai pinggul tertarik. Untuk mendapatkan efek yang lebih maksimal, angkat tangan hingga di atas kepala, tahan gerakan ini 10-15 detik.

6. Shoulder Roll

Gerakan ini merupakan gerakan yang sangat mudah dan memberikan efek peregangan ketika sudah lama dengan posisi duduk. Caranya, putar bahu ke depan dan ke belakang beberapa kali agar tubuh bagian atas merasa rileks. Lakukan sebanyak 2-3 kali, dengan masing-masing 10 pengulangan.

7. Seated Twist

Duduk di kursi dengan memanjangkan tulang belakang dan posisi kedua kaki mantap menjejak lantai. Ambil tarikan napas dan pada hembusan napas, putar tubuh bagian atas kamu ke sisi berlawanan (misal, putar tubuh bagian kiri mengarah ke kanan) dari ujung tulang belakang kamu, sambil menggenggam sandaran lengan kursi. Buat beberapa kali hitungan napas selama beberapa saat, kemudian putar balik ke sisi satunya. Gerakan ini membantu meringankan ketegangan pada punggung akibat membungkuk dan duduk terlalu lama, serta membantu memperlancar sistem pencernaan tubuh.

Selain itu, jaga kesehatan tulang dan sendi kamu dengan mengonsumsi Herba Kencana Samprohit. Samprohit merupakan herbal yang terbuat dari 100% bahan alami dengan komposisi kunyit, temulawak, sambiloto, dan sereh. Samprohit bermanfaat untuk membantu meredakan pegal linu, menjaga kesehatan tulang dan sendi, meredakan nyeri pada persendian, serta membantu penyembuhan asam urat dan rematik.

Konsumsi Samprohit 1 kapsul 3x sehari.

Untuk layanan konsultasi dan penjualan, silakan hubungi 0822-7383-1818.

Facebook : https://www.facebook.com/amanahberkah1919

Instagram Haseda : https://www.instagram.com/hasedaindonesiaofficial/

Instagram Herba Kencana : https://www.instagram.com/herbakencanaofficial/

Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCMYd4NTlS0wzwgNaPTRtKZw

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *