Home » Inspirasi » Makanan dan Minuman Yang Menyebabkan Kadar Asam Urat Tinggi
Makanan dan Minuman Yang Menyebabkan Kadar Asam Urat Tinggi

Makanan dan Minuman Yang Menyebabkan Kadar Asam Urat Tinggi

Asam urat (gout) adalah bentuk artritis (peradangan pada satu atau lebih persendian) yang dapat terjadi ketika kadar asam urat yang tinggi dalam darah menyebabkan terjadinya pembentukan kristal yang menumpuk di dalam ataupun sekitar sendi. Asam urat diproduksi saat tubuh memecah bahan kimia yang dikenal sebagai purin. Secara alami, purin terdapat di dalam tubuh, namun bahan kimia tesebut juga ditemukan dalam beberapa makanan. Biasanya asam urat larut dalam darah dan dapat dikeluarkan melalui urine, tapi terkadang tubuh menghasilkan terlalu banyak asam urat atau ginjal mengeluarkan asam urat dalam jumlah yang rendah. Jika hal tersebut terjadi, asam urat dapat menumpuk dan membentuk kristal pada sendi atau jaringan di sekitarnya yang mana dapat menyebabkan beberapa gejala, seperti nyeri, pembengkakan, dan peradangan.

Makanan pemicu atau penyebab asam urat biasanya memiliki kandungan purin yang tinggi. Ketika kita mencerna purin, tubuh akan memproduksi asam urat sebagai produk limbah. Bagi seseorang yang tidak menderita kondisi ini, tubuh dapat menghilangkan kelebihan asam urat secara efisien. Sebaliknya, bagi penderita asam urat tubuh tidak dapat menghilangkan kelebihan asam urat secara efisien. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan dengan kandungan purin yang tinggi dapat menyebabkan penumpukan asam urat sehingga menimbulkan serangan asam urat. Perlu kamu tahu bahwa terdapat beberapa makanan penyebab asam urat yang sebaiknya dibatasi atau dihindari konsumsinya, seperti berikut:

1. Daging merah

Makanan penyebab asam urat pertama yang sebaiknya dihindari adalah daging merah, karena daging merah memiliki kandungan purin yang tinggi, sehingga konsumsi makanan ini secara berlebihan dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah dan risiko serangan asam urat. Kamu harus membatasi asupan daging merah, di sisi lain daging ayam memiliki kandungan purin dalam jumlah sedang, makanya konsumsi daging ayam juga tidak boleh berlebihan.

2. Jeroan

Sama halnya seperti daging merah, jeroan juga memiliki kandungan purin yang tinggi, yang mana dapat menyebabkan kadar asam urat dalam darah tinggi.

3. Beberapa ikan dan makanan laut

Beberapa jenis makanan laut tertentu juga tinggi akan kandungan purin, maka dari itu konsumsinya harus dihindari. Sementara, sebagian lainnya memiliki kandungan purin dalam jumlah sedang dan konsumsinya harus dibatasi.

Beberapa jenis makanan laut yang sebaiknya dihindari yaitu:

  • Sarden
  • Teri
  • Makarel
  • Herring
  • Kerang
  • Kod
  • Trout

Sedangkan, jenis makanan laut yang sebaiknya dibatasi konsumsinya di antaranya adalah:

  • Lobster
  • Kepiting
  • Udang
  • Tiram
  • Salmon

4. Makanan dan karbohidrat olahan

Untuk mencegah gejala asam urat sebaiknya batasi makanan olahan atau makanan tinggi akan karbohidrat olahan, seperti permen, kue kering, biskuit, kerupuk, roti putih, serta beberapa frozen meals. Membatasi konsumsi makanan dan karbohirat olahan tidak hanya dapat mengurangi risiko asam urat saja, tetapi juga dapat membantu kesehatan secara keseluruhan.

Selain makanan penyebab asam urat, sebaiknya hindari juga minuman yang dapat memicu asam urat, di antaranya adalah:

1. Alkohol

Semua jenis alkohol dapat meningkatkan risiko asam urat dan memperburuk gejala yang ditimbulkan, karena ketika mengonsumsi alkohol ginjal harus bekerja lebih keras untuk membuang alkohol dibandingkan dengan asam urat. Hal tersebut dapat menyebabkan asam urat menumpuk di dalam tubuh, yang mana dapat memicu terjadinya asam urat.

2. Minuman manis dan soda

Tidak hanya minuman beralkohol, minuman manis juga dapat memicu serangan asam urat. Minuman manis misalnya seperti produk jus buah mengandung gula yang dikenal sebagai fruktosa dalam jumlah tinggi. Gula darah tinggi dikaitkan dengan jumlah penumpukan asam urat yang lebih tinggi di dalam tubuh.

Setelah mengetahui makanan dan minuman seperti apa yang dapat mengakibatkan tingginya asam urat, tentu kamu juga bisa mengkonsumsi Herba Kencana Samprohit. Herba Kencana Samprohit terdiri dari 100% bahan alami pilihan dengan manfaat masing-masing yaitu:

  • Kunyit

Kunyit memiliki kandungan senyawa kurkuminoid pada ekstrak rimpang kunyit dapat mengurangi rasa nyeri sendi yang terserang osteoarthritis dengan kemampuan yang tidak berbeda dibandingkan dengan obat yang mengandung natrium diklofenak. Aktivitas anti-inflamasi kurkumin, dilakukan melalui tiga jalur, yakni menekan aktivitas enzim siklosigenase, enzim lipoksigenase dan sebagai penangkal radikal bebas. Kemampuan kurkumin ini sangat penting karena dua jalur yang paling berperan dalam proses inflamasi sendi adalah jalur siklosigenase dan aktivitas radikal bebas.

  • Temulawak

Temulawak sangat bermanfaat bagi pengidap osteoarthritis karena kemampuannya untuk mengurangi peradangan. Tanaman berwarna kuning muda ini sudah digunakan sejak ribuan tahun yang lalu di India untuk mengobati dan mencegah peradangan, seperti artritis. Menurut studi dalam Journal of Alternative and Complimentary Medicine tahun 2009, pengidap radang sendi lutut yang mengonsumsi ekstrak temulawak selama 6 minggu, ditemukan memiliki kondisi sendi yang lebih baik. Hal ini berkat kandungan senyawa dalam temulawak yang bisa membantu meredakan rasa sakit, tanpa menimbulkan efek samping yang merugikan.

  • Sambiloto

Tanaman sambiloto merupakan salah satu tanaman yang mengandung flavonoid yang digunakan masyarakat untuk pengobatan tradisional. Dari penelitian terdahulu dilaporkan bahwa senyawa flavonoid dapat berpotensi menurunkan kadar asam urat darah dengan cara menghambat aktivitas xanthine oxidase. Tanaman ini mengandung banyak konstituen kimia aktif yang menunjukkan efek farmakologis yang pasti. Berdasarkan hasil dari beberapa penelitian, sambiloto memiliki antiinflamasi, antidiabetes, antikanker, antimalarial, antiangiogenic dan aktivitas antimikroba. Jadi tanaman ini memiliki nilai obat yang penting dalam terapi tradisional.

  • Serai

Hasil penelitian menunjukkan bahwa serai dengan nama ilmiahnya Cymbopogon Ciratus mengandung alkaloid, flavonoid, tannin dan terpenoid. Dimana senyawa-senyawa ini berpotensi sebagai inhibitor enzim xanthine oksidasi. Xanthine oksidase merupakan enzim yang berperan dalam mengkatalisis oksidasi hipoxantin menjadi xantin dan menjadi asam urat. Penghambatan xanthine okisdase dapat menghalangi biosintesis asam urat yang menjadi salah penyebab asam urat berlebih.

Konsumsi Samprohit 2 kapsul 3 x sehari 30 menit sesudah atau sebelum makan dan berikan jarak 2 jam apabila juga mengkonsumsi obat medis. Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa mengkombinasikannya dengan Probiohit.

Untuk layanan konsultasi dan penjualan, silakan hubungi 0822-7383-1818.

Facebook : https://www.facebook.com/amanahberkah1919

Instagram Haseda : https://www.instagram.com/hasedaindonesiaofficial/

Instagram Herba Kencana : https://www.instagram.com/herbakencanaofficial/

Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCMYd4NTlS0wzwgNaPTRtKZw

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *